Topik Terkait: Dosa Ghibah

  • Cara Menghapus Dosa Ghibah Tanpa Harus Meminta Maaf
    Muslimah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 13:38 WIB
    Cara menghapus dosa ghibah tanpa harus meminta maaf, memang ada dan dibenarkan dalam Islam. Pendapat ini dikemukakan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
  • Masih Suka Ghibah? Selain Dosa, Bahayanya sangat Mengerikan
    Muslimah
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 11:15 WIB
    Masih banyak kaum wanita yang menyepelekan dosa ghibah. Dan tahukah Anda, bahwa selain dosa, ada dampak atau bahaya besar dari perbuatan tercela tersebut?
  • Inilah 10 Bahaya Ghibah yang Mengerikan yang Sering Diremehkan Wanita
    Muslimah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Ghibah atau bergunjing nampaknya sudah dianggap biasa dalam kehidupan masyarakat saat ini. Lihat saja ketika ibu-ibu berbelanja sayur di tukang sayur keliling, bertemu saat arisan, dan kegiatan lainnya, bergosip sepertinya sudah menjadi rutinitas.
  • Jauhi Jenis Ghibah Ini, Dosanya Sangat Mengerikan!
    Tausyiah
    Jum'at, 25 November 2022 - 13:08 WIB
    Dari Kitab Tazkiyatun Nafs, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat, termasuk yang wajib dihindari dan ditinggalkan sejauh-jauhnya adalah ghibah (menggunjing, mencela, menghina).
  • Ngeri, Pelaku Ghibah Diazab di Alam Kubur
    Muslimah
    Senin, 13 September 2021 - 07:49 WIB
    Ghibah atau bergunjing merupakan dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah Taala. Bahkan, ada ancaman azab kubur bagi pelaku ghibah ini. Sayangnya, banyak kaum wanita yang meremehkannya.
  • Awas Ghibah saat Puasa! Begini Konsekuensi Mengerikan yang Diperoleh
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 04:00 WIB
    Orang yang melakukan ghibah diibaratkan seperti orang yang sedang memakan bangkai saudaranya. Lalu, berkaitan ghibah pada saat menjalankan ibadah puasa?
  • 2 Jenis Ghibah yang Dampaknya Mengerikan dan Melampaui Batas
    Muslimah
    Senin, 01 November 2021 - 16:31 WIB
    Dari Kitab Tazkiyatun Nafs, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat, termasuk yang wajib dihindari dan ditinggalkan sejauh-jauhnya adalah ghibah (menggunjing, mencela, menghina).
  • Keutamaan Menjauhi Dosa-dosa Besar
    Muslimah
    Rabu, 29 September 2021 - 07:25 WIB
    Ada keutamaan ketika kita menjauhi dosa-dosa besar. Apa itu dosa-dosa besar dan apa saja keutamaannya? Apalagi dosa-dosa besar ini tanpa kita sadari sering terjadi dalam aktivitas sehari-hari.
  • Dosa Jariyah, Dosa yang Mengerikan. Siapa Saja Pemiliknya?
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 19:49 WIB
    Jika ada pahala jariyah, maka ternyata ada pula dosa jariyah. Dosa yang sangat menakutkan. Sebab dosa ini akan tetap ditimpakan kepada pelakunya, sekalipun dia tidak lagi mengerjakan perbuatan maksiat itu
  • Cara Bertaubat dari Dosa Ghibah, Insya Allah Diampuni
    Tausyiah
    Senin, 12 Juni 2023 - 21:31 WIB
    Cara bertaubat dari perbuatan dan dosa ghibah penting diketahui setiap muslim. Ghibah merupakan perbuatan tercela yang sangat dibenci Allah dan dapat menghapus amalan seseorang.
  • Dosa-dosa Orang Bertaubat Masih Tercatat di Lembaran Amal 
    Tausyiah
    Rabu, 23 November 2022 - 16:53 WIB
    Seorang pendosa yang bertaubat akan diampuni oleh Allah, akan tetapi dosanya masih tercatat di lembaran amal. Berikut penjelasan Ustaz Amru Hamdany.
  • Hati-hati Dosa Ghibah, Ini Kisah Seorang yang Pernah Berprasangka Buruk
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 15:29 WIB
    Hati-hati dengan ghibah. Selain dibenci Allah dan Rasul-Nya, ghibah termasuk perbuatan yang dapat menghapus pahala amal saleh. Berikut kisah seorang pernah berprasangka buruk.
  • Akibat Sering Disepelekan, Ini 10 Dampak Berghibah yang Mengerikan
    Muslimah
    Kamis, 26 Mei 2022 - 12:36 WIB
    Banyak hadis yang menjelaskan tentang bahayanya bergosip atau berghibah ini. Ironisnya, kaum wanitalah yang sering melakukan perbuatan tercela tersebut. Ada dampak mengerikan dari perbuatan tercela itu.
  • Dosa Jariyah Wanita yang Sering Dilalaikan dan Dalilnya
    Muslimah
    Senin, 31 Juli 2023 - 08:16 WIB
    Masih banyak kaum wanita yang menyepelekan soal dosa jariyah, padahal dosa ini nyata dan akan terus mengalir meskipun pemiliknya sudah meninggal.
  • Waspada Dosa Jariyah, Dosa Yang Terus Mengalir
    Muslimah
    Minggu, 14 Juni 2020 - 06:37 WIB
    Muslimah harus disadarkan betapa pentingnya membangun pahala jariyah dan menghindari dosa jariyah. Dosa jariyah sangat menakutkan dan mulai saat ini, harus diwaspadai.
  • Benarkah kufur Nikmat Termasuk Dosa Besar? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 10:44 WIB
    Dalam Islam, kufur nikmat dikategorikan sebagai tindakan pengingkaran terhadap nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah kepada manusia, karenanya itu termasuk dosa besar.
  • Berikut Amalan Penghapus Dosa Zina
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 11:54 WIB
    Amalan penghapus dosa zina adalah tobat yang sebenar-benarnya tobat atau taubatan nasuha. Dalam Islam, zina adalah dosa yang sangat besar dan sangat keji.
  • Waspada, Inilah Dosa-dosa Wanita karena Lisannya
    Muslimah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 15:04 WIB
    Dalam Islam, Allah subhanahu wa taala dan Rasul-Nya telah memberikan arahan agar lisan tidak tergelincir pada dosa. Apalagi untuk kaum wanita, sering diingatkan harus menjaga lisannya.
  • Begini Cara Tobat Setelah Menuduh Orang Zina dan Ghibah
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Juni 2021 - 10:35 WIB
    Dalam mazhab Syafii, Abi Hanifah dan Malik, disyaratkan untuk memberitahukan detail kezalimannya dan meminta maaf atas perbuatannya itu. Seperti disebutkan oleh sahabat-shahabat mereka.
  • Tabarruj,  Dosa Yang Sering Diremehkan Wanita
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 10:27 WIB
    Wanita mukminah adalah mutiara tersimpan dan terjaga dengan baik. Tangan orang yang usil tidak mungkin mampu menjamahnya dan mata orang yang berbuat kerusakan tidak mungkin mampu menggapai keelokannya.