Kumpulan Artikel: Minuman

  • Hati-hati! Banyaknya Peminum Khamr Tanda Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Minggu, 10 Desember 2023 - 21:31 WIB
    Nabi Muhammad SAW mengabarkan dalam Hadis Nubuwah bahwa di antara tanda-tanda Kiamat adalah diminumnya khamr, minuman memabukkan yang merusak akal.
  • Pakaian dan Minuman yang Bersih Penghuni Surga Menurut Surat Al-Ihsan Ayat 21
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 18:40 WIB
    Mereka berpakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan memakai gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih (dan suci).
  • Mengapa Tape Halal Sedangkan Bir Haram? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 20:50 WIB
    Mengapa tape halal sedangkan Bir diharamkan? Berikut ini penjelasan syariat sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Farid Numan Hasan.
  • 5 Ayat yang Menggambarkan Neraka dan Berbagai Jenis Siksaannya
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 16:41 WIB
    Berikut ini adalah 5 ayat dalam al-Quran yang menggambarkan neraka dan berbagai jenis siksaannya. Ayat-ayat itu antara lain surat az-Zukhruf ayat 74-77, dan al-Isra ayat 97.
  • Ayat-Ayat Al-Qur’an yang Menggambarkan Makanan dan Minuman di Neraka
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 16:15 WIB
    Berikut ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang menggambarkan makanan dan minuman serta siksa di neraka. Salah satu makanan itu adalah zaqqum. Berikut ini firman Allah SWT.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • 2 Minuman Kesukaan Nabi Muhammad SAW Ampuh Obati Berbagai Penyakit
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 20:01 WIB
    Ada dua jenis minuman kesukaan Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam yang ampuh obati berbagai penyakit. Berikut keterangannya dalam Hadis sahih Al-Bukhari.
  • Ciri-ciri Makanan Halal dan Thoyyib yang Wajib Diketahui
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 12:50 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambaNya untuk memilih makanan halal dan thayyib (baik dikonsumsi), dan mengharuskan menjauhi makanan haram.
  • Ngerinya Makanan, Minuman, dan Pakaian Penghuni Neraka
    Hikmah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 14:25 WIB
    Ngerinya makanan, minuman serta pakaian penghuni neraka tidak terbayang. Makanan para pendosa ini berupa zaqqum dan dhari. Minumannya, hamim, ghislin, dan ghassaq. Di sisi lain pakaian mereka terbuat dari api.
  • Makanan dan Minuman Setan dalam Penjelasan Hadis serta Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 01 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Makanan dan minuman setan atau jin ternyata banyak dijelaskan dalam hadis dan Al-Quran. Apakah setan dan jin memerlukan makanan dan minuman itu atau hanya kiasan penggambarannya?
  • Mata Air Salsabil: Sebuah Metafor, Alegori, Kiasan yang Sungguh Indah
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 16:04 WIB
    Al-Quran melukiskan bahwa dalam surga, para penghuninya akan diberi minum yang sejuk dan amat menyegarkan yang airnya diambil dari mata air yang bernama salsabil-an atau sal sabil-an.
  • 4 Minuman yang Ada di Surga, Salah Satunya Air Jahe dari Mata Air Salsabil
    Muslimah
    Minggu, 18 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Penghuni surga akan dimanjakan dengan kenikmatan-kenikmatan yang tiada tara, salah satunya adalah minuman dan makanan yang tidak pernah habis.
  • Catatan Seorang Mualaf Jerman: Masyarakat Alkohol, Nikotin, dan Daging Babi
    Dunia Islam
    Rabu, 02 November 2022 - 12:08 WIB
    Berikut ini adalah salah satu catatan harian Murad Wilfred Hoffman, seorang mualaf asal Jerman, yang dimuat dalam buku Pergolakan Pemikiran: Catatan Harian Muslim Jerman
  • Makanan yang Diharamkan Cuma 4, Kenapa Berkembang Jadi Banyak?
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 12:52 WIB
    Al-Quran tidak jelas menentukan yang haram, melainkan babi, darah, bangkai, dan yang disembelih bukan karena Allah. Selanjutnya ada juga rincian yang empat macam itu menjadi 10 macam
  • Belajar dari Proses Pengharaman Khamar
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 22:32 WIB
    Rasanya mustahil memisahkan bangsa Arab dari khamar. Karena khamar bukan sekadar budaya, tapi juga merupakan sumber ekonomi mereka.
  • Mengenal Makanan dan Minuman yang Ada di Surga
    Tips
    Rabu, 01 Desember 2021 - 17:46 WIB
    Salah satu kenikmatan yang menanti bagi penghuni surga adalah makanan dan minuman yang tidak pernah habis. Begitu pula naungannya tidak fana dan tidak dihapus.
  • Tips Herbal Ustaz Dokter Zaidul Akbar Bentengi Diri dari Covid-19
    Tips
    Selasa, 29 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Dai Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JRS) Ustaz Dokter Zaidul Akbar memberi tips untuk membentengi diri dari virus Covid-19. Berikut lima herbal yang dapat meningkatkan imun tubuh.
  • Satu Tetes Ghislin Jatuh Ke Bumi, Hancurlah Kehidupan Dunia
    Muslimah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 17:15 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Jika satu tetes (ghislin) jatuh ke bumi maka hancurlah kehidupan manusia,. Betapa mengerikan. Apa sebenarnya ghislin?
  • Inilah Minuman Favorit Rasulullah, Cocok Dikonsumsi di Bulan Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:11 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam patut dicontoh dalam urusan makan dan minum. Sebab apa yang dikonsumsi beliau adalah hidangan paling berkah dan sehat.
  • Bagikan 55.555 Paket Nutrisi Buka Puasa,  Alfamart dan Bebelac Pecahkan Rekor Muri
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 23:29 WIB
    Alfamart dan Bebelac, membagikan 55.555 paket nutrisi untuk berbuka puasa di seluruh wilayah Indonesia. Program berbagi ini mulai digelar sejak hari pertama Ramadhan, 12 April 2021, hingga akhir bulan puasa nanti.
  • Semua Makanan Pada Asalnya Halal, Makanan Haram Hanya 4?
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:04 WIB
    Al-Imam asy-Syafii berkata: Asal hukum makanan dan minuman adalah halal kecuali apa yang diharamkan oleh Allah dalam Quran-Nya atau melalui lisan Rasulullah SAW.