Topik Terkait: Hukum Harta Temuan

  • Bagaimana Ketegasan...
    Tausyiah
    Minggu, 13 November 2022 - 13:28 WIB
    Hamba yang shalih jika menemukan barang temuan atau menemukan barang milik orang lain, maka dia akan berpegang pada hukum-hukum syariat yang berkaitan dengan masalah ini.
  • Hukum Membagi Warisan...
    Tausyiah
    Kamis, 02 November 2023 - 17:50 WIB
    Bagaimana hukum membagi warisan sebelum orang tua meninggal, apakah hal ini dibolehkan dalam syariat? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
  • Manfaat Harta untuk...
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 19:18 WIB
    Banyak manfaat dari harta yang kita miliki, baik dari aspek dunia atau pun aspek agama. Dari aspek dunia misalnya, harta yang kita miliki bisa untuk membeli makanan yang kita inginkan, memiliki kendaraan untuk kebutuhan,
  • 5 Cara Pandang Islam...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:15 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan kaidah pertama dalam membangun ekonomi Islam adalah menghargai nilai harta benda dan kedudukannya dalam kehidupan.
  • 5 Sifat Manusia yang...
    Tausyiah
    Minggu, 25 Agustus 2024 - 13:15 WIB
    Harta merupakan bagian penting yang tidak dipisahkan dan selalu diupayakan oleh manusia dalam kehidupannya. Namun ada sifat manusia yang membuat harta menjadi tercela. Sifat seperti itu?
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Hukum Bersedekah Menggunakan...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Ayat-Ayat Waris: Hukum...
    Tips
    Senin, 21 November 2022 - 12:58 WIB
    Hukum hak waris saudara laki-laki atau saudara perempuan seibu lain ayah diatur dalam Surat An-Nisa ayat 12. Ini tidak mencakup saudara kandung dan tidak pula saudara seayah lain ibu.
  • Dahsyatnya Berjihad...
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 10:47 WIB
    Berjihad dengan harta di jalan Allah adalah menyumbangkan harta dalam segala bidang kebaikan yang mengantarkan setiap muslim pada keridhaan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Perdebatan Soal Cadar,...
    Muslimah
    Senin, 13 Maret 2023 - 09:17 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Barang Temuan di Makkah...
    Hikmah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 08:53 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan barang temuan di Makkah secara khusus tidak halal diambil kecuali oleh orang yang akan mengumumkannya atau menyerahkan kepada pihak berwenang.
  • Cara Qarun Memperoleh...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Cara Qarun memperoleh harta berlimpah perlu diketahui agar menjadi pelajaran berharga buat kita. Qarun adalah seorang saudagar kaya raya pada zaman Nabi Musa alaihissalam.
  • Hukum Membunuh Pelaku...
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 23:43 WIB
    Hukum membunuh pelaku begal menarik untuk dikaji berdasarkan perspektif Islam. Apalagi belakangan ramai berita seorang korban begal jadi tersangka karena membunuh pelakunya.
  • Banyak Keutamaan Bersedekah,...
    Muslimah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Salah satu ibadah yang diperintahkan Allah Taala dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, adalah sedekah. Ada banyak pahala dan keutamaan dari sedekah tersebut.
  • Mengapa Ada Perintah...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 09:33 WIB
    Berjihad dengan harta di jalan Allah adalah menyumbangkan harta dalam segala bidang kebaikan yang mengantarkan setiap muslim pada keridhaan Allah Subhanahu wa Taala
  • Hukum Al Quran bagi...
    Tausyiah
    Senin, 20 Mei 2024 - 11:39 WIB
    Merusak hubungan rumah tangga orang lain sangat dilarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah SAW menegaskan dengan sangat keras bahwa perusak rumah tangga bukan bagian dari umatnya.
  • Sejarah Harta Karun,...
    Hikmah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 23:06 WIB
    Penemuan harta karun memang selalu menjadi fenomena dan menarik perhatian banyak orang. Berikut sejarah dan asal usulnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Hukum Menggabungkan...
    Muslimah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Bagaimana hukumnya menjalankan puasa Ramadan dengan niat sambil berdiet? Pasalnya, di kalangan muslimah ada anggapan bahwa puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan.
  • 5 Sifat Manusia yang...
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:23 WIB
    Al-Quran memandang harta sebagai sarana bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Khaliq-Nya, bukan tujuan utama yang dicari dalam kehidupan. Namun, ada sifat manusia yang justru menjadi celaan terhadap harta itu sendiri.
  • Dahsyatnya Fitnah Harta,...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 17:31 WIB
    Tiap ummat ada fitnah (ujiannya) sendiri dan ujian ummatku adalah harta kekayaan. Demikian sabda Rasulullah SAW yang bersumber dari Ibnu Abbas RA.