Topik Terkait: Hukum Memelihara Kucing

  • Bercermin dari Kisah Mueeza Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 16:12 WIB
    Kucing belakangan ini jadi pergunjingan. Lalu, bagaimana sejatinya Islam memandang si meong ini? Mari kita bercermin dari kisah Nabi SAW memuliakan Mueeza.
  • Hukum Memelihara Anjing Menurut Pandangan Islam
    Hikmah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 17:31 WIB
    Berita seorang perempuan bercadar memiliki selter anjing di daerah Kabupaten Bogor mendadak viral. Bagaimana hukum memelihara anjing menurut pandangan Islam?
  • Kisah Sufi Jalaluddin Rumi: Kucing dan Daging Kambing
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 16:14 WIB
    Kisah sufi Jalaluddin Rumi ini mengajukan pertanyaan penting:Jika kau memiliki raga, lalu di mana ruhnya? Jika kau memiliki ruh, lalu di mana raganya?
  • Tingkatan Hukum-Hukum Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.
  • Hukum Mendengarkan Musik dalam Islam, Benarkah Hukumnya Boleh?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:27 WIB
    Hukum mendengarkan musik dalam Islam sampai saat ini masih kerap menimbulkan kebingungan dalam diri umat Muslim. Karena sekelompok orang mengatakan boleh, namun sebagian lain tidak membenarkannya.
  • Hukum Pelakor dan Wanita yang Menawarkan Diri untuk Dinikahi Dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 12:44 WIB
    Istilah pelakor (peebut laki orang) adalah seorang wanita yang menggoda suami orang lain, lalu ada juga wanita yang menawarkan diri untuk dinikahi. Bagaimana hukum keduanya dalam Islam?
  • Hukum Menunda Kehamilan dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 15:13 WIB
    Dalam membaca Al-Quran penting untuk mengetahui hukum bacaan mad fari. Sebab dalam membaca Al-Quran tidak boleh sembarangan karena harus benar dan tartil.
  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Hukum Korupsi Waktu Dalam Pandangan Islam
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 07:40 WIB
    Hukum korupsi waktu dalam pandangan Islam yaitu menyia-nyiakan amanah dan kepercayaan. Waktu merupakan amanah dari Allah yang wajib dimanfaatkan dan tidak disia-siakan.
  • Apa Hukum Memelihara Jenggot? Ini Kata Ustaz Abdul Somad
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 13:03 WIB
    Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi penjelasan terkait jenggot seperti dikutip dari bukunya 30 Fatwa Seputar Ramadhan yang merujuk kepada fatwa tiga ulama besar Al-Azhar.
  • Hukum KB dalam Sudut Pandang Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:42 WIB
    Hukum KB (keluarga berencana) dalam sudut pandang Islam sangat perlu diketahui pasangan keluarga muslim. Apalagi, pasangan yang baru menikah dan memiliki rencana untuk mempunyai buah hati
  • Hukum Berutang untuk Menikah, Boleh atau Tidak?
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 11:14 WIB
    Dalam Islam menikah memang sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi wajib bagi orang yang dikhawatirkan berzina. Namun bukan berarti ini harus dilakukan dengan melegalkan segala macam cara.
  • Hukum Pinjol dan Dalilnya dalam Islam
    Hikmah
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 10:06 WIB
    Kasus pinjol ini sudah menjerat semua kalangan termasuk ke tingkat perguruan tinggi. Bagaimana sebenarnya hukum pinjol ini dalam Islam dan adakah dalilnya?
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • Cak Nur: Sistem Hukum Islam Memiliki Kesempatan Besar untuk Diterapkan
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Prasyaratnya ialah, kaum Muslim harus mampu terlebih dahulu menangkap pesan dasar agamanya, dan berdasarkan itu, mengembangkan pemikiran hukum yang akan menjawab tuntutan zaman dan tempat.
  • Hukum Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
    Muslimah
    Kamis, 24 Maret 2022 - 08:08 WIB
    Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban seluruh umat Islam yang sudah baligh dan mampu melaksanakannya, tak terkecuali kepada wanita hamil.
  • Hukum Cadar Menurut Jumhur Ulama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 01 November 2022 - 08:11 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.