Topik Terkait: Kisah Sahabat Rasulullah

  • Abdullah Bin Salam, Sosok Sahabat Rasulullah yang Berasal dari Pemuka Yahudi di Madinah
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 17:04 WIB
    Abdullah Bin Salam merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang berasal dari kalangan Yahudi. Awalnya nama sahabat Nabi itu adalah Al-Husain bin Salam, hingga akhirnya nama tersebut diganti oleh Rasulullah SAW.
  • Kisah Sahabat yang Disuruh Rasulullah Menikah
    Muslimah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 17:01 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dikenal sebagai sosok yang sangat penyayang dan penuh perhatian. Tak terkecuali kepada para shahabat yang juga menjadi asistennya
  • Kisah Sahabat Nabi Disandera Jin Saat Hendak Salat Isya
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 08:49 WIB
    Kisah sahabat Nabi disandera oleh Jin saat hendak pergi sholat Isya termasuk kisah unik yang sarat dengan hikmah. Kisah ini terjadi pada zaman Sayyidina Umar bin Khattab.
  • Kisah Sahabat yang Disebut Ahli Neraka Oleh Nabi, Ternyata Ini Sebabnya
    Hikmah
    Senin, 18 Juli 2022 - 23:00 WIB
    Para sahabat mengira orang ini adalah Syuhada dan pahlawan karena semangat dan keberaniannya di medan perang. Tiba-tiba Rasulullah SAW berkata: Orang ini ahli neraka!
  • Dipuji Rasulullah, Inilah Rahasia Amalan Sahabat Penghuni Surga
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 09:09 WIB
    Rasulullah kerap memuji sahabat yang satu ini dengan sebutan laki-laki penghuni surga. Pernyataan beliau pun mengejutkan sahabat lain yang mendengarnya.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Tsauban: Jangan Kabari Rasulullah
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 16:22 WIB
    Di bawah cahaya rembulan yang kian meredup, dua bayangan manusia berjalan menuju sebuah rumah batu yang berdiri dibawah rongga bukit bebatuan cadas.
  • Kisah Seorang Arab Badui Bertanya tentang Akhlak Rasulullah
    Hikmah
    Minggu, 12 Mei 2019 - 10:05 WIB
    Sudah 15 abad Rasulullah Al Musthafa Muhammad shallallahu &lsquoalaihi wa sallam (SAW) berpulang ke rahmat Allah, namun ajaran dan kemuliaan akhlaknya terus bersinar dan dikenang.
  • Kisah Abu Dzar Al-Ghifari, Rela Menempuh Perjalanan Jauh Demi Bertemu Rasulullah
    Hikmah
    Selasa, 15 September 2020 - 21:56 WIB
    Abu Dzar Al-Ghifari radhiallahu anhu bernama asli Jundub bin Janadah. Beliau adalah seorang yang tajam pengamatannya tentang kebenaran. Berikut kisah pertemuannya dengan Rasulullah.
  • Inilah Sosok Sahabat Paling Dicintai Rasulullah SAW, Berikut 12 Keutamaannya
    Hikmah
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sosok sahabat yang satu ini merupakan orang terbaik setelah baginda Nabi Muhammad ?. Beliau adalah sosok sahabat yang paling dicintai Rasulullah. Siapakah beliau?
  • Kisah Rasulullah Marah Saat Orang Yahudi Menanyakan Hal Ini
    Hikmah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 18:20 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah pribadi dengan kesabaran luar biasa. Ada satu peristiwa yang membuat Nabi marah, namun Allah menenangkannya dengan menurunkan wahyu.
  • Kisah Perbedaan Pendapat Sahabat Pada Masa Rasulullah SAW
    Hikmah
    Sabtu, 25 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ustaz Abdul Somad, dai yang juga alumnus S-3 Oumdurman Islamic University, Sudan, menceritakan kisah ikhtilaf (perbedaan pendapat) sahabat pada masa Rasulullah SAW dalam bukunya 37 Masalah Populer.
  • Belajar dari Para Sahabat Nabi dalam Mengamalkan Ilmu
    Tausyiah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 07:05 WIB
    Ketika menerima petuah dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, para sahabat menjadikannya sebagai amalan istimewa yang dikerjakan secara istiqamah.
  • 10 Sahabat Nabi Muhammad Berkulit Hitam Selain Bilal
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 06:40 WIB
    Sahabat Nabi berkulit hitam selain Bilal bin Robah radhiyallahu anhu terbilang cukup banyak. Inilah 10 sahabat Nabi berkulit hitam berikut sekelumit kisahnya.
  • 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?
    Hikmah
    Selasa, 22 September 2020 - 21:17 WIB
    Dari ratusan ribu jumlah sahabat Nabi, ada 10 sahabat yang dijamin masuk surga lewat lisan Nabi Muhammad. Siapa saja mereka? Berikut sabda Nabi yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi.
  • Mushab Bin Umair, Sahabat Nabi Paling Ganteng dan Duta Islam Pertama (3)
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 14:21 WIB
    Sahabat Mushab bin Umair dikaruniai wajah rupawan dan paling ganteng di antara remaja di Makkah kala itu. Akhir hayatnya, beliau wafat sahid pada perang Uhud.
  • Amr bin Al-Ash: Salah Seorang yang Pernah Didoakan Rasulullah SAW Agar Terkena Azab
    Hikmah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 19:24 WIB
    Rasulullah SAW berdoa dan memohon kepada Rabbnya agar menurunkan azab kepada tiga tokoh, salah satunya Amr bin al-Ash, karena selalu menunjukkan perlawanan keras terhadap dakwahnya.
  • Masya Allah! Tangan Kasar Sahabat Ini Pernah Dicium Rasulullah
    Hikmah
    Selasa, 17 Desember 2019 - 17:38 WIB
    Suatu hari, Rasulullah SAW berjumpa dengan salah seorang sahabat bernama Saad al-Khudri di salah satu sudut kota Madinah. Profesi sahabat ini berbeda dengan sahabat lainnya.
  • Orang Pertama Bergelar Amirul Mukminin Ini Kena Marah Rasulullah
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 17:04 WIB
    Abdullah bin Jahsy dipecat dan pasukan bentukan pertama itu dibubarkan. Mereka dianggap bersalah karena tidak disiplin, dan bertindak di luar perintah Rasulullah.
  • Kisah Nabi Muhammad (2): Ketika Abu Bakar Menaruh Cinta yang Tak Biasa
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 14:03 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok terpuji yang menempati posisi puncak dalam derajat sosial, keluhuran budi dan kebaikan. Begini kecintaan sahabat kepada beliau.
  • Beberapa Wasiat Rasulullah SAW Kepada Muadz bin Jabal
    Hikmah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 10:49 WIB
    Wasiat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam kepada Muadz bin Jabal menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad pada saat sekarang.