Topik Terkait: Hukum Pernikahan Syarifah

  • Bolehkah Pasangan Muslim Merahasiakan Pernikahan?
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 11:09 WIB
    Allah telah meletakkan kaidah-kaidah yang mengatur dan menjaga kehormatan setiap muslim. Salah satunya dengan pernikahan secara syari yang menjadikan hubungan antara laki-laki dan perempuan menjadi hubungan yang sakral yang melibatkan aturan ilahiah.
  • Hadis-hadis Pernikahan yang Penting Diketahui Pasangan yang Mau Menikah
    Muslimah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Pernikahan Anak-Anak di Bawah Umur Menurut Islam
    Tausyiah
    Minggu, 28 April 2024 - 08:32 WIB
    Kasus dugaan pertunangan anak di Sampang, Madura, sempat menjadi perbincangan warganet dan videonya ramai beredar di media sosial. Lalu, bagaimana sesungguhnya hukum pernikahan anak-anak menurut Islam?
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Menikahkan Anak Gadis Secara Paksa, Bagaimana Status Pernikahan Seperti itu?
    Tausyiah
    Selasa, 24 November 2020 - 05:00 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan menikahkan anak perempuan padahal dia tidak menyukai pernikahan itu, adalah tindakan yang bertentangan dengan prinsip agama dan logika sehat.
  • Hukum Menonton Konser dalam Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Masih Sering Diperdebatkan, Ini Hukum Cadar dalam 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 18:21 WIB
    Pembahasan hukum cadar tertera dengan jelas dalam kitab-kitab fikih empat mazhab. Hanya saja, ada perbedaan tentang kewajibannya. Apa dan bagaimana perbedaannya tersebut?
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih Baik jika Sama-Sama Mencintai
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Hukum Kurban: Syafiiyah Nyatakan Sunah ‘Ain bagi Tiap Pribadi dan Sunah Kifayah bagi Tiap Keluarga
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 08:47 WIB
    Para ahli fikh berbeda pendapat tentang hukum pelaksanaan ibadah kurban. Abu Hanifah dan para pengikutnya menyatakan ibadah kurban hukumnya wajib dilaksanakan setiap tahun bagi mereka yang mampu
  • Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Fikih, Berikut Pandangan Perindo
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Juli 2022 - 20:21 WIB
    Partai Persatuan Indonesia (Perindo) kembali menggelar Podcast Aksi Nyata, Kamis (21/7/2022). Tema podcast kali ini adalah Pernikahan Beda Agama, Bagaimana Menurut Agama Islam?.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Perkara-perkara yang Dapat Membatalkan Pernikahan
    Muslimah
    Rabu, 29 September 2021 - 13:23 WIB
    Kedudukan pernikahan sendiri dalam Islam sangat penting. Namun demikian, ternyata ada beberapa perkara dalam pernikahan yang dapat batal baik disengaja maupun tidak disengaja.
  • Hukum Infak, Sedekah dan Zakat, Berikut Perbedaannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Musim Dingin di Pakistan saatnya Menggelar Pesta Pernikahan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 08:38 WIB
    Selama cuaca dingin antara bulan November dan Februari, jutaan orang menghadiri pernikahan setiap pekannya. Mereka bahkan punya nama untuk itu: Desemberistan.
  • Pernikahan Adalah Tanda Kekuasaan Allah, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 24 September 2023 - 13:13 WIB
    Islam datang untuk mengumumkan batalnya kerahiban dan melarang hidup lajang. Islam mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah dalam kehidupan ini.
  • Hukum Islam bagi Pezina Kejam? Begini Tanggapan Abul Ala Maududi
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:43 WIB
    Al-Maududi menyebut bahwa sesungguhnya hati nurani orang Barat itu menjadi terkejut (ngeri) terhadap hukuman seratus cambukan. Hal ini tidak disebabkan mereka tidak suka untuk menyakiti fisik manusia.
  • Debat Capres Cawapres: Bagaimana Menurut Hukum Islam?
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 08:20 WIB
    Debat yang tercela dalam Islam adalah suatu perbedatan yang tidak memakai dasar ilmu, tanpa dalil, dan sepenuhnya subjektif. Debat yang tercela adalah debat yang lebih mengutamakan otot, bukannya argumen.
  • Hukum Perempuan Menawarkan Diri Agar Dinikahi Lelaki Pilihannya
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 23:56 WIB
    Seorang perempuan yang mengagumi laki-laki baik dan saleh kemudian menawarkan dirinya untuk dinikahi bukanlah hal yang tercela. Bagaimanakah Islam memandang hal ini?
  • Hukum Cadar Menurut Jumhur Ulama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 01 November 2022 - 08:11 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?