Kumpulan Artikel: Ayat Al Quran (halaman 3)

  • Islam sangat Memuliakan Wanita, Ini Dalil-dalil Al Quran yang Menjelaskannya
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 10:10 WIB
    Dalam Islam, kaum wanita sangat dimuliakan bahkan Allah Subhanahu wa taala memerintahkan langsung dalam Al-Quran untuk menghargai dan menghormati wanita.
  • Tadabbur Al-Anam Ayat 8: Jawaban Allah Atas Pertanyaan Kaum Musyrik Makkah
    Hikmah
    Sabtu, 30 September 2023 - 22:13 WIB
    Tadabbur ayat kali ini membahas tentang jawaban Allah atas pertanyaan kaum musyrik Makkah mengenai kerasulan. Berikut firman Allah dalam Surat Al-Anam ayat 8.
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 2: Keistimewaan Al-Quran Tidak Ada Keraguan Padanya
    Hikmah
    Rabu, 27 September 2023 - 21:31 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang kebenaran Kitab Al-Quran dalam Surat Al-Baqarah ayat 2. Allah menegaskan bahwa Al-Quran merupakan kitab sempurna dan tidak ada keraguan padanya.
  • Keutamaan Surat Al Anfal : Rutin Membacanya akan Dicintai Semua Orang
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:41 WIB
    Keutamaan surat Al Anfal penting untuk diketahui umat muslim, karena khasiat dan keutamaan surat Al-Anfal ini dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang.
  • Bacaan Ayat Kursi serta Manfaatnya Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 12:50 WIB
    Ayat Kursi adalah salah satu ayat yang sangat penting dalam Al-Quran. Ayat ini terdapat dalam Surah Al-Baqarah, yaitu surah kedua dalam Al-Quran.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Tadabbur Al-Hasyr Ayat 1: Semua yang di Langit dan Bumi Bertasbih kepada Allah
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 20:38 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang keagungan Allah dimana semua makhluk yang ada di langit maupun di bumi bertasbih kepada Allah. Berikut penjelasannya.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 13: Menuduh Tanpa Saksi Atau Bukti Dicap Pendusta Oleh Allah
    Hikmah
    Senin, 11 September 2023 - 17:11 WIB
    Surat An-Nur Ayat 13 ini merupakan pelajaran berharga sekaligus peringatan kepada manusia agar tidak sekali-kali menuduh orang lain tanpa saksi atau bukti konkret.
  • Berikut Ini 4 Ayat dalam Al-Quran tentang Tanggung Jawab Kemanusiaan Seorang Wanita
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 08:30 WIB
    Ayat-ayat dalam al-Quran tentang tanggung jawab kemanusiaan seorang wanita antara lain dimaktub dalam Surat Ali Imran ayat 190-195, Surat an-Nisa ayat 124, dan Surat an-Nahl ayat 97.
  • Ayat-Ayat Pembebasan Perempuan dari Kezaliman Jahiliah
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 08:06 WIB
    Kezaliman-kezaliman ala jahiliah yang kerap menimpa perempuan, di antaranya, adalah orang tua merasa susah dan senantiasa murung jika yang dilahirkan adalah bayi perempuan,
  • 5 Amalan sebagai Pencegahan Preventif terhadap Godaan Setan
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 10:42 WIB
    Kerasnya permusuhan setan terhadap manusia sangat jelas, bahkan Allah subhanahu wa taala telah memberikan peringatan yang sangat tegas untuk diperhatikan oleh seluruh manusia.
  • Tadabbur Al-Quran: Larangan Memanggil Orang Lain dengan Julukan Buruk Seperti Cebong Atau Kampret
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 12:35 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang hukum memanggil orang lain dengan panggilan buruk dalam Surat Al-Hujurat Ayat 11. Islam sangat melarang umatnya untuk saling mencela satu sama lain.
  • Membaca Al-Quran Tapi Tidak Tahu Artinya, Bolehkah dan Apa Dalilnya?
    Tausyiah
    Selasa, 05 September 2023 - 17:05 WIB
    Dalam Islam, memahami ayat-ayat Al-Quran dan mentadabburinya adalah sebuah keniscayaan bagi seorang muslim, karena Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 11: Pelajaran dari Kasus Hoax yang Menimpa Istri Rasulullah
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 16:37 WIB
    Tadabbur ayat kali ini menceritakan kasus hoax atau berita bohong yang menimpa istri Rasulullah ?, Sayyidah Aisyah tadhiyallahu anhu. Berikut hikmah dan pelajarannya.
  • Nama-nama Hewan yang Diabadikan dalam Surat-surat Al-Quran
    Dunia Islam
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 08:39 WIB
    Ada beberapa nama hewan yang ternyata dijadikan nama surat dalam Al-Quran. Mengapa nama hewan dan apa hikmah penamaan surat tersebut?
  • Tadabbur Al-Maidah Ayat 4: Makanan yang Dihalalkan dalam Islam
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 07:01 WIB
    Tadabbur ayat kali membahas tentang makanan yang dihalalkan Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 4. Makanan yang halal ini adalah makanan yang baik-baik berdasarkan syariat.
  • Begini Contoh Sikap yang Baik bagi Perempuan dalam Ayat-Ayat Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:39 WIB
    Ayat-ayat tentang teladan perempuan di dalam Al-Quran antara lain sikap Ibu Musa dan kepatuhannya terhadap perintah Allah Taala. Juga saudara perempuan Nabi Musa dan kehebatan siasatnya.
  • Ayat-Ayat Al-Quran tentang Etika Perempuan Bertemu dengan Kaum Laki-Laki
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Ayat-ayat al-Quran tentang etika perempuan ketika bertemu laki-laki, salah satunya menahan pandangan. Hal ini termaktub dalam firman Allah SWT dalam QS An-Nur ayat 30-31.
  • Tadabbur An-Nisa Ayat 48 tentang Dahsyatnya Dosa Syirik
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 21:09 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang dahsyatnya dosa Syirik dalam Surat An-Nisa Ayat 48. Syirik merupakan dosa paling besar yang pelakunya diancam dengan azab keras.
  • Tadabbur Adh-Dhuha Ayat 4: Kehidupan Akhirat Itu Lebih Baik daripada Dunia
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 07:05 WIB
    Dalam Surat Adh-Dhuha ayat 4 Allah menyampaikan kabar kepada baginda Nabi Muhammad SAW bahwa hari kemudian itu lebih baik dari permulaan. Berikut penjelasannya.
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 10: Karunia Allah dalam Kasus Perzinaan Suami Istri
    Tausyiah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:36 WIB
    Pada ayat ini Allah menjelaskan penyelesaian kemelut rumah tangga dengan membolehkan mulaanah (sumpah saling melaknat antara suami istri).