Kumpulan Artikel: Tokoh (halaman 16)

  • Khadijah binti Khuwailid,  sang Cinta Abadi  Rasulullah
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 14:46 WIB
    Ada beberapa nama perempuan terpandang yang di antara mereka ada yang dimuliakan Allah Taala dengan surga. Bahkan sosok empat perempuan mulia ini, disebutkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW. Siapa saja perempuan mulia ini?
  • Inilah Inspirator Tenaga Medis di Zaman Rasullulah
    Muslimah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 18:15 WIB
    Penghormatan Islam terhadap perempuan terlihat jelas melalui surat An-Nisa. Perempuan bukan sekadar diselamatkan dari kezhaliman, tapi ia diberi hak ekonomi dan berperan di tengah masyarakat.
  • Inilah Sosok Bersahaja dan Ketaatan Istri Penguasa
    Muslimah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 18:51 WIB
    Impian menjadi istri penguasa, pejabat atau istri pengusaha tentu sangat didambakan oleh sebagian kaum perempuan saat ini. Selain karena status sosial, kehidupan mewah dan serba kecukupan adalah gambaran fasilitas yang akan didapatkannya.
  • Sang Penjelajah Dunia dan Ahli Hadis dari Kaum Hawa
    Muslimah
    Minggu, 12 Juli 2020 - 14:24 WIB
    Pada awal-awal sejarah peradaban Islam , banyak kaum wanita yang terlibat aktif dalam diskusi-diskusi intelektual bersama kaum laki-laki di masjid-masjid, pusat-pusat pendidikan dan kebudayaan yang menyebar di berbagai tempat.
  • Raziyya Al-Din, Sultan Wanita Pertama dalam Sejarah Islam
    Muslimah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 13:10 WIB
    Ia dikenal sebagai seorang pemimpin dalam sebuah kerajaan Islam yang diangkat menjadi seorang sultan. Dialah Raziyya Al-Din atau lebih dikenal dengan nama Razia Sultana.
  • Fatima al-Fihri,  Penggagas Pertama Terbentuknya Universitas
    Muslimah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 14:12 WIB
    Penggagas Universitas pertama di dunia adalah seorang perempuan Muslim, yakni Fatima al-Fihri. Tidak hanya sekedar pendiri, ide mengenai universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal darinya.
  • Rabiah Al-‘Adawiyah,  Sang Guru Tokoh -Tokoh Sufi Dunia
    Muslimah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 12:35 WIB
    Sosok perempuan muslimah ini cukup dikenal sekitar abad ke 8. Ia tercatat, sebagai guru yang melahirkan tokoh-tokoh sufi terkenal di dunia hingga saat ini
  • Belajar Patriotisme dan Hak Asasi Wanita dari Nusaibah binti Ka’ab Al-Ansariyah
    Muslimah
    Senin, 06 Juli 2020 - 13:05 WIB
    Nusaibah binti Kaab Al-Ansariyah, adalah salah satu pejuang muslimah pertama yang mempertaruhkan hidupnya demi melindungi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Inilah Mujahidah Cerdas dan Penghapal Hadis Rasulullah
    Muslimah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 12:27 WIB
    Ar-Rubayyi binti Muawwidz adalah shahabiyat yang hidup dalam naungan Islam. Ia tumbuh besar dari sebuah pohon yang buahnya mudah dipetik dan rasanya manis. Ia adalah anak dari Muawwidz bin Aftra, satu dari para pembesar pasukan Badar yang telah mendapat jaminan surga.
  • Cerdas dan Subur Ilmu, Asy-Syifa  Dinobatkan Sebagai Pendidik Muslimah Pertama
    Muslimah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 11:45 WIB
    Banyak kisah inspiratif dari perjalanan para shahabiyat yang mendapat kedudukan tersendiri di sisi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Salah satunya merupakan tokoh ilmuwan perempuan pertama dalam Islam.
  • Habib Ali Masyhur Wafat, Ulama di Yaman dan Indonesia Berduka
    Hikmah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 14:51 WIB
    Kabar duka dari negeri sejuta wali, telah berpulang kerahmatullah ulama kharismatik Yaman As-Sayyid Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafizh bin Syeikh Abu Bakar bin Salim.
  • Inilah Ulama-ulama Kharismatik yang Menginspirasi di Indonesia
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 06:32 WIB
    Peran ulama hampir tidak dapat dipisahkan dari perkembangan bangsa Indonesia. Mereka ikut mewarnai perkembangan sosial, politik, kebudayaan dan agama di Tanah Air.
  • Innalillah, Satu Lagi Ulama Indonesia Wafat Hari Ini
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:05 WIB
    Indonesia kembali kehilangan sosok ulama kharismatik asal Tegal Jawa Tengah, Al-Habib Abdullah bin Muhammad bin Hadun bin Umar Al-Athos pada Sabtu 2 Mei 2020 bertepatan 9 Ramadhan 1441 Hijriyah.
  • Innalillah, Ulama Kharismatik Tuan Guru Zuhdi Meninggal Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.