Topik Terkait: Kejahatan Perang

  • Quraish Shihab: Kebajikan Lebih Dahulu Menghiasi Diri Manusia Daripada  Kejahatan
    Tausyiah
    Senin, 16 November 2020 - 15:03 WIB
    Walaupun kedua potensi ini terdapat dalam diri manusia, namun ditemukan isyarat-isyarat dalam Al-Quran bahwa kebajikan lebih dahulu menghiasi diri manusia daripada kejahatan.
  • Perang Tabuk, Pertempuran Terakhir Rasulullah SAW yang Terjadi di Bulan Rajab
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 22:26 WIB
    Perang Tabuk merupakan salah satu pertempuran yang pernah diikuti Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi pasukan Romawi. Perang ini terjadi pada bulan Rajab Tahun 9 Hijriyah.
  • Turunnya Surah At-Taubah dan Meletusnya Perang Pasukan Islam Lawan Romawi
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 16:09 WIB
    Pada bulan Rajab tahun 9 Hijriah atau 630 Masehi meletus Perang Tabuk, yakni perang antara pasukan Islam melawan tentara Romawi di daerah Tabuk. Menjelang perang turunlah surat at-Taubah.
  • Jejak Israel di Madinah: Kisah Dendam Yahudi setelah Kalah dalam Perang Khaibar
    Hikmah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:25 WIB
    Ini adalah perang Muslim melawan Yahudi. Perang selama dua pekan pada tahun 628 M ini dimenangkan kaum muslimin sehingga mengakhiri kekuasaan kaum Yahudi di Jazirah Arab .
  • Arah Baru Umat Islam Sesudah Kemenangan dalam Perang Badar
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Perang Badar itu merupakan permulaan hidup baru buat kaum Muslimin. Kaum Muslimin mulai mengatur siasat dalam menghadapi Quraisy dan kabilah-kabilah sekitarnya yang melawan mereka.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Gambaran Mencekam Perang Hunain, Pasukan Muslim Nyaris Kalah
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 11:37 WIB
    Pertempuran antara kaum muslimin yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW melawan kaum musyrik dari suku Hawazin dan Tsaqif ini pasukan muslim nyaris kalah. Kondisi sangat mencekam.
  • Kisah Perempuan di Perang Uhud yang Mengkhawatirkan Rasulullah
    Muslimah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 16:53 WIB
    Dalam perang Uhud, kaum muslimin banyak mengalami penderitaan dan kesusahan. Bahkan banyak di antara mereka yang mati syahid. Kabar ini telah sampai ke Madinah, sehingga kaum perempuan juga mengetahui berita kekalahan ini.
  • Inilah Asal-usul Yahudi Madinah yang Terusir dalam Perang Khaibar
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 14:13 WIB
    Menurut sumber yang paling kuat, mereka datang dari Syam pada abad pertama dan kedua sebelum Masehi ketika pasukan Romawi berhasil menguasai Suriah dan Mesir.
  • Sejarah Perang Uhud dan Pelajaran Berharga untuk Umat Muslim
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang Uhud merupakan pertempuran menyakitkan bagi pasukan muslim dan membuat Nabi Muhammad SAW menangis. Berikut penyebab kekalahan dan pelajaran berharga bagi kaum muslim.
  • Perang Jelang Kiamat, Pasukan Berkuda Islam Terbaik Taklukkan Bangsa Romawi
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 November 2023 - 05:10 WIB
    Salah satu Nubuwah Nabi tentang peperangan di akhir zaman dikenal dengan istilah Al-Malhamah Al-Kubra. Sebuah pertempuran besar antara kaum muslim melawan bangsa Romawi (Bani Ashfar).
  • Inilah Hikmah Besar dari Perang Badar
    Tausiyah
    Kamis, 23 Mei 2019 - 17:21 WIB
    Al-Habib Ali Zainal Abidin bin Abu Bakar Al-Hamid menjelaskan hakikat Perang Badar dan hikmah yang terkandung di dalamnya.
  • Harta Rampasan Perang di Zaman Nabi, Begini Cara Membaginya
    Hikmah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Pada zaman Nabi shollallohu alaihi wasallam, harta rampasan perang ini sempat membuat gaduh dan mengundang perselisihan di kalangan sahabat. Begini cara membaginya.
  • Kisah Zatu Anwat dalam Perang Hunain, Ketika Umat Islam Meniru Umat Nabi Musa
    Hikmah
    Rabu, 15 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Di balik perang Hunain ada beberapa peristiwa yang menarik. Salah satunya, kisah tentang zatu anwat yang membuat umat Islam kelakuannya mirip kaum Nabi Musa as.
  • Kisah Sufi: Reputasi Kedermawanan Mengandung Tiga Kejahatan
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 06:40 WIB
    Bentuk kedermawanan paling tinggi yang dikenal orang awam sebanding dengan tingkat paling rendah kedermawanan sejati. Semula diadakan sebagai cara mengenalkan orang pada kebebasan. Kemudian menjadi berhala dan kutukan
  • Pekik Bilal Bin Rabah dalam Perang Badar, Ahad... Ahad... Ahad...
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 19:17 WIB
    Pekik Bilal bin Rabah tatkala ia disiksa kaum kafir Quraisy Makkah, Ahad... Ahad... Ahad... akhirnya menjadi semboyan resmi pasukan Muslim dalam perang Badar
  • 5 Fakta Usamah Bin Zaid, Jadi Pemimpin Perang di Usia 20 Tahun
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:30 WIB
    Usamah Bin Zaid merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang mendapat julukan Hibbu Rasulillah, yang berarti orang yang dicintai Rasulullah SAW.
  • Kejahatan Otak Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 11:35 WIB
    Kalangan awam menganggap bahwa ubun-ubun itu hanya satu, di tengah kepala. Padahal secara medis sesungguhnya berada di empat sisi bagian kepala manusia.
  • Perang Fahl: Kisah Tentara Romawi Menciptakan Banjir Lumpur untuk Menahan Pasukan Islam
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:16 WIB
    Dari 80.000 pasukan Romawi itu tak ada yang lolos kecuali sisa-sisa yang terpencar-pencar. Kemenangan yang diperoleh pasukan Muslimin sangat meyakinkan dan cukup memuaskan.
  • Hubungan Muslim-Kristen dan Perang Salib Menurut John L Esposito
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 11:03 WIB
    John L Esposito mengatakan beberapa peristiwa mempunyai pengaruh yang lebih menggetarkan dan tahan lama pada hubungan Muslim-Kristen daripada Perang Salib.
  • Kisah Perang Hunain : Sejarah, Strategi, dan Pelajaran untuk Kaum Muslimin
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 12:17 WIB
    Kisah perang Hunain : sejarah, strategi, dan pelajaran untuk kaum muslimin menjadi kisah sejarah perang yang sangat heroik yang kisahnya diabadikan dalam Al-Quran.