Topik Terkait: Politik Uang

  • Politik: Islam Telah...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:18 WIB
    Dalam urusan politik, Islam telah mensyariatkan aturan yang paling sempurna dan adil. Islam mengajari umatnya segala yang seharusnya dilakuan dalam berintraksi (muamalah) dengan sesama Muslim atau dengan yang lainnya.
  • Hak-Hak Perempuan dalam...
    Muslimah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:55 WIB
    Salah satu ayat yang seringkali dikemukakan oleh para pemikir Islam dalam kaitan dengan hak-hak politik kaum perempuan adalah yang tertera dalam surah Al-Taubah ayat 71
  • Wawasan Politik dalam...
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 14:17 WIB
    Pengamatan sepintas, boleh jadi mengantarkan orang yang berkata, bahwa ada ayat Al-Quran yang secara tegas mengkhususkannya hanya kepada dan bersumber dari Allah yakni QS AnAnam ayat 57.
  • Kisah Karier Politik...
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Agustus 2024 - 05:59 WIB
    Putri dari pendiri negara dan mantan Presiden Sheikh Mujibur Rahman ini adalah pemimpin pemberontakan pro-demokrasi yang menggulingkan penguasa militer dan Presiden Hossain Mohammad Irsyad .
  • Kisah Politik Islam...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:43 WIB
    Semangat persatuan tengah muncul dalam tubuh Kristen Eropa, menjelang Perang Salib I. Sebaliknya, umat Islam terjadi rivalitas. Hubungan antara pemerintahan Islam tengah renggang-renggangnya.
  • Politik dalam Islam:...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Penyair berkata: Kekuasaan yang bersanding dengan agama akan menjadi stabil, dan agama yang bersanding dengan kekuasaan akan menjadi kuat dan kokoh.
  • Prinsip-Prinsip Kekuasaan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
  • Khotbah Jumat: Bahaya...
    Tausyiah
    Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:52 WIB
    Khotbah Jumat tentang bahaya politik uang ini jadi informasi penting, terlebih sebentar lagi pesta demokrasi terbesar di Indonesia akan diselenggarakan.
  • Awas Riba dalam Tradisi...
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 08:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran Idulfitri umat Islam di Indonesia selalu disibukkan dengan aktivitas tukar uang baru. Bagaimana hukum menukar uang baru dalam Islam?
  • Ini Mengapa Islam Melarang...
    Tausyiah
    Senin, 05 Agustus 2024 - 13:36 WIB
    Islam memberikan kepada mereka suatu garis pemisah antara yang boleh dan yang tidak boleh dalam mencari perbekalan hidup, dengan menitikberatkan juga kepada masalah kemaslahatan umum.
  • Konsep Politik Hasan...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Hukum Bersedekah Menggunakan...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Ketentuan Zakat Fitrah:...
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • Politik Jihad Khalifah...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 November 2021 - 05:15 WIB
    Angkatan laut Islam sempat moncer di era Daulah Umayyah. Namun tatlala era Daulah Abbasiyah, jihad laut seakan tenggelam, kecuali pada era Khalifah Harun Ar-Rasyid armada laut mulai menggeliat kembali.
  • Apakah Boleh Zakat Fitrah...
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • Marwan bin Muhammad,...
    Dunia Islam
    Rabu, 16 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Hal pertama yang Marwan lakukan ketika menjabat khalifah adalah membongkar kuburan Yazid III dan menyalibnya. Hal ini ia lakukan karena Yazid III telah membunuh Walid II.
  • Kisah Muawiyah: Khalifah...
    Hikmah
    Kamis, 05 September 2024 - 16:15 WIB
    Muawiyah juga tercatat sebagai khalifah yang pertama kali dalam pemerintahan Islam mempergunakan tenaga Body-Guard (pengawal pribadi) untuk alasan keamanan.
  • Israel Eksploitasi Serangan...
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Di X, Physicians for Human Rights Israel menyebut penundaan itu kejam dan berbahaya dan mengatakan kematian 12 orang muda di Majdal Shams tidak boleh dieksploitasi untuk motif politik yang sinis.
  • Zakat Fitrah dengan...
    Tausiyah
    Minggu, 10 Juni 2018 - 17:09 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah dalam bentuk uang? Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad dalam Buku &lsquo30 Fatwa Seputar Ramadhan&rsquo.
  • Dinasti Ghaznawi, Kesultanan...
    Dunia Islam
    Kamis, 10 Maret 2022 - 09:01 WIB
    Dinasti Ghaznawi didirikan oleh Alptigin, seorang budak dari dinasti Samaniah, pada permulaan paruh kedua abad X Masehi. Mulanya ini hanyalah sebuah kerajaan kecil yang penuh intrik