Topik Terkait: Ekonomi Islam

  • 5 Konsep Pemerataan dalam Ekonomi Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 03 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Sistem Islam tidak membiarkan umat menjadi miskin dan terlantar, tetapi berupaya mewujudkan bagi mereka kehidupan yang layak. Berikut konsep Islam dalam hal tersebut:
  • Mengenal Hukum Subsidi dalam Sistem Ekonomi Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 06 September 2022 - 14:59 WIB
    Istilah subsidi kini menjadi perbincangan hangat menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Berikut pengertian subsidi dalam sistem ekonomi Islam.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Kaidah Penting dalam Ekonomi Islam adalah Kemandirian
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Wajib bagi umat Islam mempelajari dan mengajarkannya serta memperdalam (mengambil spesialisasi), sehingga umat Islam tidak lagi bergantung kepada umat lainnya dan tidak dikuasai oleh umat lain.
  • Ini Perbedaan Paham Ekonomi Islam dengan Sosialisme Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan jika paham ekonomi materialis liberal mengkultuskan kebebasan individu maka paham ekonomi sosialis juga memiliki pandangan tersendiri.
  • Sejarah Masuknya Islam ke Inggris
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 September 2022 - 20:39 WIB
    Perkembangan Islam di berbagai belahan dunia memang memiliki sejarah tersendiri tak terkecuali Inggris. Berikut sejarah masuknya Islam di negara Inggris.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kuwait, Negeri Islam dengan 15 Persen Penduduk Jutawan
    Dunia Islam
    Senin, 17 Juli 2023 - 13:30 WIB
    Sekitar 15% penduduk Kuwait adalah jutawan, menempatkan negara itu di peringkat ketiga dunia. Kuwait adalah negara kaya raya karena melimpahnya minyak bumi.
  • Ekonomi Halal Global Akan Mencapai USD7,7 Triliun Pada 2025
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Ekonomi halal Islam global diperkirakan akan mencapai nilai pasar sebesar USD7,7 triliun pada tahun 2025, lebih dari dua kali lipat nilai pasar halal sebesar USD3,2 triliun pada tahun 2015.
  • Tujuan Ekonomi Islam dan Urgensinya Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 06:55 WIB
    Sesungguhnya manusia itu apabila terpenuhi kebutuhannya dan keamanannya maka mereka merasa tenteram dan berkonsentrasi untuk beribadah kepada Allah dengan khusyu.
  • Buya Yahya: Jangan Salah Kaprah, Inilah Musuh Islam yang Sebenarnya
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 10:15 WIB
    Umat Islam sering dibuat bingung dan banyak yang salah kaprah memaknai istilah Al-Wala Wal-Baro. Lalu, siapa musuh Islam yang sebenarnya? Simak penjelasan Buya Yahya berikut.
  • Kisah Bangsawan Lady Evelyn Zeinab Cobbold Memilih Islam
    Dunia Islam
    Senin, 09 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Lady Evelyn Zeinab Cobbold saat lahir bernama Lady Evelyn Murray. Dia menyatakan diri memeluk Islam pada tahun 1915 yakni pada era Victoria. Berikut penuturannya.
  • Begini Cara Pandang John Louis Esposito Mengenai Hukum Islam
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 10:20 WIB
    John Louis Esposito mengatakan kalau dogma atau doktrin merupakan ciri pernyataan penting agama Kristen, maka Islam seperti Yudaisme, menemukan pengekspresian utamanya dalam hukum.
  • Umat Islam Indonesia Harus Terus Gaungkan Sikap Ramah, Moderat, dan Toleran
    Dunia Islam
    Senin, 10 April 2023 - 08:17 WIB
    JMM bersama IAID Al Karimiyah menggelar dialog keagamaan Ramadan 1444 H bertemakan Membumikan Islam Ramah, Menangkal Ideologi Radikal di Bumi Pancasila, di Aula IAID, Depok.
  • Syaikh Muhammad Abduh: Dinamakan Islam, Sebenarnya Bukan Islam
    Dunia Islam
    Senin, 29 Agustus 2022 - 17:43 WIB
    Sebagian besar yang kita saksikan sekarang, yang dinamakan Islam, sebenarnya bukan Islam. Hanya bentuknya saja yang masih dipelihara sebagai amalan-amalan Islam.
  • Kemunduran Umat Islam karena Kurangnya Percaya Diri
    Tausyiah
    Rabu, 02 September 2020 - 15:12 WIB
    Sungguh Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum itu sendiri memulai perubahan itu dari diri mereka sendiri (Al-Quran).
  • Kisah Raja Charles III Bicara soal Keuangan Islam yang Anti-Riba
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:14 WIB
    Dalam pidato tahun 2013, misalnya, Charles III menunjukkan pengetahuan terperinci tentang keuangan Islam, dan manfaat yang dia yakini dapat dibawa ke pasar keuangan global.
  • Ini Mengapa Byzantium dan Persia Takluk dengan Kekhalifahan Islam
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:00 WIB
    John Louis Esposito mengatakan dalam waktu seratus tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, para penggantinya (khalifah-khalifah) mendirikan suatu kerajaan yang lebih besar daripada Roma.
  • Imam Chirri: Pemeluk Islam Baru Lebih Beruntung ketimbang Sejak Lahir
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri mengatakan seorang yang baru memeluk agama Islam lebih beruntung daripada seorang yang sejak lahir telah menjadi Islam.
  • Jurang Pemisah antara Islam dan Kristen Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:37 WIB
    Sebagian pengikut agama Kristen dan Islam berpikir bahwa agamanya sendirilah yang dianggap sebagai agama dalam arti yang sebenarnya, sementara semua agama yang lain itu tidak ada sama sekali
  • Hukum Gadai dalam Pandangan Islam, Bolehkah?
    Tips
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:15 WIB
    Gadai biasanya dilakukan bagi orang yang meninggalkan jaminan berupa barang untuk utang. Berikut hukum gadai dalam pandangan syariat Islam.
  • Kisah Penaklukan Islam ke Prancis, Andalusia, dan Spanyol Islam
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 08:09 WIB
    Penaklukan Islam atas semenanjung Iberia merupakan kelanjutan dari penaklukan Islam atas Afrika Utara. Penaklukan-penaklukan ini terjadi sebagai hasil dari ekspedisi-eksedisi militer.