Topik Terkait: Burhan Tuhan

  • Saat Nabi Yusuf Terjepit, Beliau Selamat Berkat Burhan Tuhan
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 11:26 WIB
    Ketika Yusuf Alaihissalam menghadapi godaan dari oknum istri pejabat Mesir, kita bertanya apa yang menjadikan beliau mampu melepaskan diri dari situasi terjepit itu?
  • Prof Wilson: Bagaimana Nabi Berhubungan dengan Tuhan? Begini Jawaban Imam Chirri
    Tausyiah
    Senin, 01 Januari 2024 - 13:27 WIB
    Tuhan tidak berbentuk (God is not physical). Dia tidak berbicara dengan suara, juga Dia tidak menulis dengan tangan. Bagaimana seorang Nabi dapat berhubungan dengan Tuhan?
  • Konsep Ketuhanan Yahudi: Yahweh sebagai Tuhan Yang Esa
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:20 WIB
    Dia (Yahweh), mungkin saja tuhan umat yang lainnya sebelum ia menjadi Tuhan Israel. Pada masa Musa, Yahweh menuntut secara berulang dan beberapa lama bahwa ia adalah Tuhan dari Abraham, yang disebut El Shaddai.
  • Pengetahuan Tentang Tuhan (2-Habis): Enam Penyebab Kejahilan
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 11:47 WIB
    Meskipun pernyataan al-Quran ini telah jelas, masih ada juga orang-orang yang, karena kejahilannya tentang Allah, melanggar batas-batas tersebut.
  • Prof Wilson Meminta Bukti Yesus Bukan Tuhan, Begini Jawaban Imam Chirri
    Hikmah
    Minggu, 17 Desember 2023 - 15:20 WIB
    Orang-orang Islam tidak mempercayai ke-Tuhanan Yesus, apakah Anda mempunyai bukti yang jelas terhadap kesalahan ketuhanannya? Begini jawabab Imam Chirri.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Isra Mikraj: Benarkah Rasulullah Melihat Tuhan di Sidratul Muntaha?
    Hikmah
    Senin, 29 Januari 2024 - 13:43 WIB
    Kemudian Aisyah ra membaca firman Allah SWT: Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedangkan Dia dapat melihat segala penglihatan itu. (QS Al-Anam: 103)
  • Arab Pra-Islam: Hubal, Tuhan Impor yang Sangat Dipuja
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Desember 2021 - 14:26 WIB
    Para masa pra-Islam, orang Arab adalah memeluk agama Ibrahim, yakni agama tauhid. Belakangan mereka menyimpang dengan menyembah patung. Berhala paling top adalah Hubal.
  • Tuhan itu sama
    Tausiyah
    Sabtu, 13 Juli 2013 - 08:00 WIB
    Kita didorong untuk berhati-hati serta takut pada murka Tuhan atau berharap rahmat dari Tuhan hanya pada Ramadan. Sementara di luar Ramadan seakan-akan kita ditoleransi untuk berbuat apa saja. Haruslah disadari bahwa berbuat baik dan berbuat jelek itu tetap dinilai berpahala atau berdosa kapan pun dan di mana pun.
  • Kisah Seorang Pendosa Selamat Berkat Tauhidnya
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 21:42 WIB
    Sepintas kisah ini sulit diterima akal, namun begitulah Allah berkehendak dengan kekuasaan-Nya. Berkat tauhid yang dimilikinya, seorang pendosa selamat dari azab Allah.
  • Mengapa Ada Pemujaan kepada Makhluk? Begini Penjelasan Jafar Subhani
    Hikmah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:28 WIB
    Faktor-faktor yang menimbulkan penyembahan manusia kepada ciptaan adalah ketidaktahuannya dan tuntutan alami yang mutlak dalam dirinya yang pada umumnya mempercayai adanya suatu penyebab bagi setiap fenomena.
  • 3 Aspek Pokok Bukti Keesaan Tuhan Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:32 WIB
    Secara umum kita dapat membagi uraian Al-Quran tentang bukti Keesaan Tuhan dengan tiga bagian pokok, yaitu: Kenyataan wujud yang tampak, rasa yang terdapat dalam jiwa manusia, dan dalil-dalil logika.
  • Sang Murid Minta Abu Nawas Membagi Syair Pujian Kepada Tuhan
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 02:53 WIB
    Kini murid Abu Nawas mengerti mengapa pertanyaan yang sama bisa menghasilkan jawaban berbeda. la bertanya lagi: Wahai guru, mungkinkah manusia bisa menipu Tuhan?
  • Kisah di Zaman Nabi Syuaib: Tanda Hukuman Tuhan
    Hikmah
    Senin, 20 September 2021 - 16:05 WIB
    Pada zaman Nabi Syuaib, seorang pria datang ke hadapan Nabi, Tuhan telah menyaksikan semua dosa yang aku lakukan. Namun karena kemurahanNya, Ia masih juga belum menghukumku.
  • Nuri, Si Penggila Tuhan, dan Khizr
    Hikmah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:58 WIB
    Begitu menawan aku ini, hingga manusia keji yang berhati besi mengurungku dalam sangkar. Terikat dalam penjara ini, aku pun merindukan sumber air kebakaan yang dijaga oleh Khizr.
  • Kisah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Mimpi Sosok yang Mengaku Tuhan
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 11:07 WIB
    Ulama besar sufi yang punya kedalaman ilmu dan makrifat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani (470-561 H) pernah bermimpi mendengar suara yang mengaku dirinya Tuhan.
  • Apa Jawaban Jika Ada yang Bertanya, Apakah Engkau Mencintai Tuhan?
    Hikmah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 08:24 WIB
    Apabila seseorang memahami tentang cinta religius, ia tentu akan mengungkapkannya dengan cara sendiri, bukan menurut cara yang lazim bagi orang-orang yang tidak mengetahuinya.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (3-Habis)
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 04:40 WIB
    Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta.
  • Nabi Musa Bertanya Apakah Tuhan Pernah Tidur? Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 22:22 WIB
    Nabi Musa alaihissalam merupakan Nabi yang paling sering disebut dalam Al-Quran yaitu 136 kali. Dikisahkan bahwa Nabi Musa pernah bertanya: Apakah Allah pernah tidur?
  • Taurat Menyebut Tuhan Israel Memilih Bangsa, Begini Tanggapan Imam Chirri
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:58 WIB
    Taurat (Old Testament) berulang-ulang mengatakan Tuhannya Israelites memilih bangsa. Ini menunjukkan bahwa Israelites yang diutamakan dari berita-berita yang sangat baik itu.
  • Israel, Hamba Tuhan Keturunan Nabi Ibrahim yang Meresahkan Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 15:42 WIB
    Sejarah menunjukkan bahwa orang-orang Yahudi atau Bani Israil adalah sekelompok kecil manusia di jagad Allah, sejak abad sebelum masehi hingga dewasa ini, dengan mitos-mitosnya telah meresahkan dunia