Topik Terkait: Anak Remaja

  • Mengenal Anak-anak Pemberani di Masa Rasulullah (1)
    Hikmah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:45 WIB
    Kisah kepahlawanan Rangga, bocah asal Aceh yang terbunuh membela kehormatan ibunya mengingatkan kita kepada sosok anak-anak pahlawan pemberani di masa Rasulullah.
  • Keistimewaan Mendidik Anak-anak Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 09:28 WIB
    Ada keistimewaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menekankan dan mengingatkan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan.
  • 5 Faktor Penting dalam Membangun Karakter Anak Saleh
    Muslimah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Ada 5 faktor penting yang harus diperhatikan setiap orang tua dalam membangun karakter anak saleh. Perkara dan faktor apa saja?
  • Mengawal Perkembangan Remaja Sesuai Tuntunan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:22 WIB
    Setiap nanusia akan melewati fase-fase kehidupan, artinya ada perkembangan yang terjadi. Demikian juga, dengan anak-anak kita mengalami fase-fase perkembangan tersebut.
  • Mengapa Mendidik Anak Perempuan Diganjar Pahala Besar? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 05 November 2022 - 05:15 WIB
    Islam memberikan keistimewaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menekankan dan mengingatkan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan.
  • Fadhilah Doa Terkait dengan Kelahiran Anak
    Muslimah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 06:02 WIB
    Dalam islam, saat bayi lahir tentu membutuhkan penanganan secara tepat karena bisa saja hal itu mempengaruhi kelak besarnya si bayi. Di antara yang menjadi syariat dalam Islam adalah mendoakan bayi bahkan sebelum masa kelahirannya tiba.
  • Inilah Pandangan Al-Quran Tentang Posisi dan  Kedudukan Anak
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 20:23 WIB
    Islam memiliki pandangan yang berbeda terhadap anak jika dilihat dari perspektif Al-Quran, dan Al-Quran menempatkan beberapa posisi anak di dalam kehidupan ini
  • Dimuliakan Allah dan Rasulullah Setelah Memuliakan Anak Yatim
    Muslimah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 09:23 WIB
    Muslimah, tahukah kunci termudah agar dimuliakan Allah Subhanahu wa taala dan Rasul-nya dan akan dengan mudah disediakan tempat di surga oleh Allah? Jawabnya adalah muliakan anak yatim
  • Sejatinya, Anak Adalah Tabungan di Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 18:31 WIB
    Anak itu sejatinya adalah tabungan akhirat bagi orang tuanya. Sebab, anak adalah tanggungjawab orang tua yang langsung diamanahkan oleh Sang Pemberi amanah, yakni Allah Subhanahu wa Taala.
  • Perintah Rasulullah SAW : Bersikap Adil dan Menjaga Perasaan Anak
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa mereka.
  • Doa-doa untuk Meredakan Anak yang Tantrum
    Tips
    Kamis, 23 November 2023 - 12:30 WIB
    Anak atau bayi Anda tiba-tiba tantrum, adalah fase yang biasa dialami seorang ibu yang memiliki anak balita atau anak belum baligh. Berikut doa yang bisa diamalkan agar anak tidak tantrum ini.
  • Anak pun Harus Dijaga Perasaannya!
    Muslimah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 15:05 WIB
    Menegakkan keadilan di antara anak-anak itu perintah Nabi, bahkan perintah itu diawali perintah untuk bertaqwa. Menunjukkan bahwa itu adalah bentuk takwa kita kepada Allah, yaitu berlaku adil kepada anak-anak kita.
  • Mulai Kapan Anak-anak Perempuan Wajib Berhijab?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 16:07 WIB
    Banyak anak usia balita sudah mengenakan jilbab dengan aneka hijab yang lucu dan menggemaskan. Sebenarnya, sejak usia berapakah kewajiban berhijab ini diberlakukan?
  • Mengapa Doa Anak Yatim Sangat Mustajab?
    Hikmah
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 09:42 WIB
    Anak yatim sangat dimuliakan dalam Islam, dan ini adalah perintah Allah Subhanahu wa Taala dan Rasul-NYA. Dalam Al Quran Allah menjelaskan tentang anak yatim sampai berpuluh kali.
  • Tadabbur Surat An-Nisa Ayat 9 : Anak Yatim Dilindungi dalam Islam
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 14:22 WIB
    Tadabbur Al-Quran surat An-Nisa ayat 9 penting dipahami karena menjelaskan tentang perintah untuk melindungi dan memperhatikan anak yatim yang lemah dan belum mandiri.
  • Pendidikan Anak adalah Prioritas Utama Para Nabi
    Muslimah
    Senin, 26 September 2022 - 09:45 WIB
    Pendidikan anak adalah prioritas utama para nabi Allah. Selain sebagai penerus dalam berdakwah dan bermuamalah, anak juga bisa menjadi penyebab kebaikan orang tua ketika orangnya sudah meninggal.
  • Mengajarkan Pintu-pintu Kebaikan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:26 WIB
    Sangat banyak pintu-pintu kebaikan yang bisa kita buka untuk anak-anak. Kita buat mereka gemar melakukannya sedari kecil. Apa saja pintu-pintu kebaikan itu?
  • Bacakan Al-Mu’awwidzaat agar Anak Senantiasa Dilindungi Allah Taala
    Muslimah
    Selasa, 29 September 2020 - 18:57 WIB
    Setiap orang tua dianjurkan untuk sering mendoakan perlindungan untuk sang anak di waktu pagi dan sore, atau di waktu kapan pun, jika kita mampu. Hal ini dengan berbagai macam doa perlindungan.
  • Pentingnya Mengajak Anak Menghidupkan Lailatul Qadar
    Muslimah
    Senin, 25 April 2022 - 18:30 WIB
    Karena istimewanya, setiap orang tua hendaknya tidak melupakan untuk mengajak anak-anaknya menghidupkan Lailatul Qadar dengan beribadah, taqarrub ilallah.
  • Mengenalkan Ketauhidan Sejak Dini pada Anak
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 18:03 WIB
    Sebagai orang tua muslim, menanamkan nilai-nilai keislaman dan ketauhidan kepada anak sangat diharuskan. Sejak ia terlahir di dunia, hingga ia benar-benar memahami agama yang dianutnya itu seraya menjalankan aturan yang ada di dalamnya.