Topik Terkait: Keluarga Adalah Ujian

  • Hakikat Pujian adalah Ujian, Hati-hati Saat Menerimanya
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:53 WIB
    Fitrah manusia pasti senang dipuji, namun Islam mengingatkan bahwa pujian pada hakikatnya adalah ujian. Kenapa demikian? Karena ujian itu bisa berupa ujian kebaikan maupun keburukan.
  • Ketika Ujian Mendapatkan Suami yang Tidak Saleh
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Suami yang saleh dan taat beribadah, tentu menjadi dambaan setiap muslimah yang sudah menikah. Ketaatan pada Allah Taala yang diwujudkan pada rajin beribadahnya seorang suami tentu akan menjadi penyejuk dalam rumah tangga.
  • Mengapa Manusia Diberi Ujian Hidup? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:29 WIB
    Setiap manusia akan diberi ujian masing-masing dalam menjalani kehidupan dunia sesuai ketetapan Allah Subhanahu wa taala. Ujian manusia ini diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar dan tidak.
  • Keutamaan Memikirkan Keluarga Jadi Pelindung dari Api Neraka
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 05:10 WIB
    Indahnya Islam tidak hanya menekankan ibadah ritual semata, tetapi juga mengajarkan kepedulian kepada sesama termasuk memperhatikan keluarga.
  • Berikut Dalil Hukum Kurban Adalah Sunnah Muakkad bagi yang Mampu
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 04:33 WIB
    Salah satu pendapat yang menonjol adalah sunnah atau sunnah muakkad bagi yang mampu. Maknanya bukan wajib bagi yang mampu. Mereka yang berpendapat demikian berpijak pada beberapa hadis.
  • Bukan Sekadar Ujian, Ada 3 Hikmah di Balik Musibah
    Tausyiah
    Senin, 04 Desember 2023 - 17:07 WIB
    Musibah sering diartikan sebagai cobaan dan ujian. Tidak hanya sekadar ujian, ada tiga hikmah di balik mubibah yang perlu diketahui umat Islam.
  • Benarkan Orang Kafir Bebas Ujian di Dalam Kubur?
    Tausyiah
    Senin, 22 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Imam Tirmidzi, Ibn Abdil Barr, dan Imam Suyuthi berpendapat hanya orang beriman saja yang diuji di dalam kubur, sedangkan orang kafir lepas dari ujian.
  • Ciri Ujian Disayang Allah, Inilah Tanda-tandanya
    Muslimah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 19:13 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memberikan ujian kepada manusia untuk melihat seberapa besar kemampuan manusia dalam menjalani dan melewati permalahan hidup tersebut
  • 7 Kriteria  Keluarga Samawa, Ada Pembagian Tugas Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 16:30 WIB
    Mendambakan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah (samawa) yang penuh ketentraman, berkasih sayang dan dirahmati Allah Taala, pasti keinginan semua orang.
  • Sejatinya, Anak Adalah Tabungan di Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 18:31 WIB
    Anak itu sejatinya adalah tabungan akhirat bagi orang tuanya. Sebab, anak adalah tanggungjawab orang tua yang langsung diamanahkan oleh Sang Pemberi amanah, yakni Allah Subhanahu wa Taala.
  • Ujian Kekayaan: Dari Tiga Orang, Hanya Lulus Satu Orang
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 19:38 WIB
    Allah menguji tiga orang dengan penyakit dan kemiskinan. Tiga orang ini kemudian diberi kesembuhan dan kekayaan. Dari dua orang tersebut, hanya satu yang lulus ujian.
  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • Puasa Adalah Perisai dari 3 Perkara Ini!
    Tips
    Senin, 03 Mei 2021 - 09:52 WIB
    Seorang muslim memerlukan perisai untuk berlindung dari sebuah bahaya. Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak.
  • Doa untuk Keharmonisan Keluarga yang Tercantum Dalam Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 13 Maret 2021 - 07:57 WIB
    Setiap pasangan rumah tangga muslim, pasti menginginkan membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan rahmah (samawa). Sehingga rumah tangganya harmonis dan mendapat keridhaan Allah Subhanahu wa taala.
  • Ketika Ditimpa Musibah, Ujian atau Hukuman?
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Begini Doa Sebelum dan Selama Ujian Sekolah Agar Tidak Grogi dan Gelisah
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 18:44 WIB
    Doa mestinya dilakukan setiap saat. Bagi siswa hendaknya berdoa sebelum, selama, dan setelah ujian. Melalui doa, siswa akan lebih tenang, rileks, dan lebih fokus dalam menghadapi ujian.
  • Zina adalah Utang, Benarkah Demikian?
    Tips
    Selasa, 23 November 2021 - 15:44 WIB
    Imam Asy Syafii rahimahullah pernah ditanya mengapa hukum bagi pezina sedemikian beratnya? Beliau menjawab, Karena, zina adalah dosa yang bala akibatnya mengenai semesta keluarganya, tetangganya, keturunannya hingga tikus di rumahnya dan semut di liangnya.
  • Dapat Hidayah! Eks Pemain Sepak Bola Jota Masuk Islam, Terinspirasi Keluarga Muslim
    Dunia Islam
    Senin, 26 Februari 2024 - 08:39 WIB
    Mantan pemain sepak bola Jose Ignacio Peleteiro, yang dikenal sebagai Jota, mendapat hidayah. Ia memutuskan memeluk agama Islam setelah seorang teman dekatnya menginspirasi dirinya.
  • Hukum Zakat kepada Keluarga yang Wajib Dinafkahi
    Tips
    Kamis, 13 April 2023 - 13:00 WIB
    Bagaimana hukum zakat kepada keluarga sendiri? Di antaranya pada saat keluarga yang diberi adalah anak atau orangtua yang wajib dinafkahi oleh orang si pemberi zakat.
  • Dalil soal Dosa Suami yang Malas Tidak Memberi Nafkah Kepada Keluarga
    Muslimah
    Selasa, 20 September 2022 - 10:26 WIB
    Dalam Islam ditegaskan bahwa suami memiliki tanggung jawab utama dalam keluarga Yakni menanggung nafkah istri dan anak-anaknya. Suami harus bekerja keras dalam pekekrjaannya karena mempunyai tanggungan keluarga.