Topik Terkait: Rumah Tangga Islami

  • 7 Ciri-ciri Rumah Tangga Islami
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 17:47 WIB
    Dalam Kitab Uqudulujain karya Syeikh Nawawi Al-Bantani, ulama besar asal Banten yang berdakwah di Makkah menjelaskan 7 ciri-ciri rumah tangga islami.
  • Ciri-ciri Rumah Tangga Diganggu Sihir dan Setan Dasim, Salah Satunya Tak Bisa Khusuk Ibadah
    Muslimah
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 09:50 WIB
    Eksistensi sihir dan setan yang mengganggu rumah tangga, dalam Islam telah diakui sebagaimana Allah firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 102 bahwa sihir dapat mencelakaan seseorang dan mendatangkan manfaat atas izin Allah
  • Doa Nabi Daud Agar Rumah Tangga Tenteram
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 16:45 WIB
    Doa agar rumah tangga tentram ini adalah doa Nabi Daud berdasarkan hadis riwayat Imam Thabrani dari Ibnu Abbas. Menurutnya, sebagian doa tersebut adalah sebagai berikut:
  • Kenali Ciri-ciri Rumah Tangga Diganggu Setan Dasim
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 15:32 WIB
    Iblis dan bala tentaranya tak pernah lelah untuk mengganggu manusia. Dari segala penjuru dan segala aspek kehidupan, mereka menyebarkan segala kemampuannya untuk menjerumuskan manusia. Salah satunya dalam kehidupan rumah tangga.
  • Pentingya Ilmu Manajemen Konflik dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:30 WIB
    Pernikahan adalah anjuran Allah Taala bagi manusia untuk mempertahankan keberadaannya. Pernikahan juga untuk mengendalikan perkembangbiakan dengan cara yang sesuai dan menurut kaidah norma agama.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Meniru Cara Rasulullah SAW dalam Mengamalkan Manajemen Konflik Rumah Tangga
    Muslimah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Islam telah mengajarkan tuntunannya dalam memanajemen konflik dalam rumah tangga. Bagaimana hendaknya sikap seorang suami, istri, bahkan mertua dalam menyikapi perselisihan yang ada di rumah tangga.
  • Maraknya Mengumbar Aib Rumah Tangga, Begini Ancamannya dalam Syariat
    Muslimah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 18:55 WIB
    Media sosial saat ini, menjadi sarana curhat (curahan hati) bahkan banyak menjadi media untuk mengumbar aib pribadi, termasuk aib dalam rumah tangga. Padahal ada ancaman serius di akherat kelak.
  • 7 Karakter Rumah Tangga Islami, Nomor Terakhir Berperan di Lingkungan Sekitar
    Muslimah
    Senin, 06 Juni 2022 - 09:44 WIB
    Setiap pasangan muslim harus berusaha menjadikan rumah tangga yang Islami sebagaimana dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat. Bagaimana potret rumah tangga islami itu?
  • Parenting Islami : Mengajarkan Sikap Optimisme pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 15:00 WIB
    Mengajarkan sikap optimisme kepada anak-anak sejak dini, penting dilakukan. Dalam Islam, optimisme tersebut dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Nama Islami dan Fenomena Corona
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 20:11 WIB
    Belakangan ini beredar foto bayi yang baru lahir pada&nbsp 28 Maret 2020 di media sosial atau medsos. Nama itu lucu: Vairus Abdul Corona. Bagaimana Islam mengatur pemberian nama?
  • Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Sikap jujur sangat penting, karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • Solusi Problem Rumah Tangga dengan Memperbanyak Istighfar, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Selasa, 05 September 2023 - 15:54 WIB
    Islam dan syariatnya adalah solusi bagi kehidupan rumah tangga. Bahkan, Allah Subhanahu wa taala sudah memberikan kunci penghapus dosa. Pembersih kotoran atau dosa itu adalah Istighfar .
  • Tanda Kebaikan dalam Rumah Tangga adalah Akhlak dan Kelembutan
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Akhlak dan kelembutan adalah modal utama keluarga bahagia. Karena itu, Suami dan Istri serta anak-anak harus senantiasa menjaga kebaikan akhlak dalam rumah tangga. Dan, ulama sudah memberi panduan dalam jalan kebaikan ini.
  • Inilah Jenis Setan Pengganggu Rumah Tangga, Kenali Ciri-cirinya
    Muslimah
    Kamis, 10 November 2022 - 12:58 WIB
    Setan dan balatentaranya selaku berusaha mengganggu dan menjerumuskan manusia, tak terkecuali dalam sebuah hubungan rumah tangga. Dan ternyata, ada jenis setan yang memiliki tugas secara khusus untuk merusak hubungan rumah tangga
  • Hati-hati! Dosa Besar Mengerikan bagi Perusak Rumah Tangga Orang Lain
    Muslimah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 09:45 WIB
    Seseorang yang suka menggangu atau menjadi perusak rumah tangga orang lain akan diancam dengan dosa besar yang mengerikan. Bahkan dalam Islam perusak rumah tangga orang ini dinamakan takhbib yang ada ancaman khusus untuknya.
  • Tak Puas pada Pasangan? Dengarlah Nasehat Umar bin Khattab Ini
    Muslimah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:27 WIB
    Ajaran Islam telah menetapkan syariat yang mengandung berbagai macam mutiara hikmah, pengarahan dan solusi bagi berbagai macam permasalahan dalam pernikahan dan rumah tangga.
  • Pesan Rasulullah SAW untuk Para Suami
    Hikmah
    Senin, 07 Oktober 2019 - 15:25 WIB
    Dalam satu hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda, Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik sikapnya terhadap keluarganya. Dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku.
  • 23 Tips Menjadi Suami Romantis Ala Rasulullah, Nomor 7 Paling Disukai Istri
    Tips
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 06:30 WIB
    Suami romantis yang menyayangi keluarganya adalah dambaan semua istri. Berikut ini tips menjadi suami romantis sebagaimana dicontohkan Rasulullah shollallohu alaihi wasallam.
  • Hukum Suami Memukul Istri Menurut Pandangan Syariat
    Tips
    Selasa, 04 Januari 2022 - 08:27 WIB
    Hukum seorang suami memukul istri dalam Islam tidak diperbolehkan, bahkan diancam dosa bila memukul istri tanpa ada sebab yang dibenarkan oleh syariat.
  • Wawasan Al-Qur’an: Haruskah Seni Suara Islami Itu Mesti Berbahasa Arab?
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Islam, melalui sumber utamanya Al-Quran, bahkan melukiskan dengan sangat indah, kelemahan-kelemahan manusia gejolak nafsu berahi pun ditampilkannya.