Kumpulan Artikel: Ali Bin Abi Thalib (halaman 4)

  • Benarkah Ali bin Abi Thalib Bilang Perempuan Itu Jahat dalam Segalanya?
    Tausyiah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Diwajibkan juga bagi kaum wanita, agar waspada dan berhati-hati dalam menghadapi tipu muslihat yang diupayakan oleh musuh-musuh Islam untuk menjadikan kaum wanita sebagai perusak budi pekerti,.
  • Kisah Keluarga Rasulullah Makan Gandum Basi di Hari Idul Fitri
    Hikmah
    Kamis, 13 Mei 2021 - 05:01 WIB
    Di saat semua orang berbahagia, di saat semua orang makan yang enak-enak. Keluarga Rasulullah justru bahagia dengan hanya makan gandum yang baunya tercium tak sedap.
  • Ali bin Abu Thalib, Ahli Fiqih Kebanggaan Rasulullah yang Tak Tertandingi
    Hikmah
    Jum'at, 23 April 2021 - 05:00 WIB
    Penguasaan, penafsiran dan penerapan hukum Islam oleh Ali dilakukan secara tepat dan diakui Rasulullah SAW. Hal itu dibuktikan dengan diangkatnya Ali bin Abu Thalib sebagai qadhi di Yaman.
  • Kisah Detail Ashabul Kahfi Berdasar Penuturan Ali bin Abu Thalib (3)
    Hikmah
    Kamis, 22 April 2021 - 03:47 WIB
    Dalam gua tertutup rapat itu, mereka tinggal selama 309 tahun. Setelah masa yang amat panjang itu lampau, Allah SWT mengembalikan lagi nyawa mereka
  • Kisah Detail Ashabul Kahfi Berdasar Penuturan Ali bin Abu Thalib (2)
    Hikmah
    Rabu, 21 April 2021 - 13:40 WIB
    Kisah ini termaktub dalam kitab Qishashul Anbiya. Ali bin Abu Thalib berkisah setelah ditanya seorang pendeta Yahudi yang ingin menguji kebenaran Islam.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Detail Ashhabul Kahfi Berdasar Cerita Ali bin Abu Thalib
    Tausyiah
    Rabu, 21 April 2021 - 03:35 WIB
    Pendeta yang bertanya itu berdiri lagi. Lalu berkata: Hai Ali, jika yang kau katakan itu benar, coba sebutkan nama enam orang yang menjadi pembantu-pembantu raja itu!
  • Ujian Buat Umar bin Khattab, Ali bin Abu Thalib yang Menjawab
    Hikmah
    Selasa, 20 April 2021 - 04:24 WIB
    Kami hendak menanyakan beberapa masalah penting kepada anda. Jika anda dapat memberi jawaban kepada kami, barulah kami mau mengerti bahwa Islam merupakan agama yang benar
  • Renungan: Menghabiskan Umur untuk Perut, Sesekali Lapar Itu Baik
    Hikmah
    Sabtu, 17 April 2021 - 04:57 WIB
    Imam Al Ghazali memberi wejangan bahwa untuk menjadi manusia yang unggul dan dekat dengan Tuhan adalah dengan lapar. Dengan lapar, maka mata hati akan terbuka menerima kehadirat Tuhan.
  • Ini Pesan Khusus  Ali bin Abu Thalib  Kepada Petugas Pemungut Pajak dan Zakat
    Hikmah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 18:40 WIB
    Jika orang itu memberi izin kepada kalian untuk memeriksanya, janganlah kalian masuk dengan lagak seperti orang yang berkuasa. Jangan berlaku kasar, jangan menakut-nakuti.
  • Kisah Selimut Kumal dan Kesederhaaan Ali Bin Abu Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 19:32 WIB
    Harun bin Antarah menceritakan penyaksian ayahnya, pada suatu hari aku datang ke rumah Ali bin Abu Thalib. Ia sedang duduk di balai-balai berselimut kain kumal. Waktu itu musim dingin.
  • Begini Jawaban Ibnu Abbas Ketika Ditanya Muawiyah tentang Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 18:47 WIB
    Muawiyah berkata kepada Said: Demi Allah, aku akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Ibnu Abbas yang kira-kira ia tidak akan mampu menjawabnya.
  • Gara-gara Madu, Ali bin Abu Thalib Nyaris Menghajar Husein
    Hikmah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Waktu Husein tiba di depannya, Ali bin Abu Thalib r.a. segera mengambil cambuk, tetapi Al Husein cepat-cepat berkata: Demi hak pamanku, Jafar!
  • Akhir Indah Kisah Sengketa Baju Perang Antara Ali bin Abu Thalib dengan Seorang Nasrani
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 17:13 WIB
    Sejarah kemudian mencatat, bahwa bekas Nasrani itu ternyata seorang muslim yang sangat gigih membela Ali bin Abu Thalib r.a. dalam perjuangan menegakkan kebenaran Islam.
  • Sering Sujud, Kulit Kening Ali bin Abu Thaib Menebal dan Keras Kehitam-hitaman
    Hikmah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Ali bin Abu Thalib r.a. merupakan orang yang paling tekun dan banyak beribadah. Ia pun paling sering berpuasa. Kepadanya banyak orang yang minta petunjuk.
  • Ali bin Abi Thalib Khawatir Tak Dapat Berjumpa Rasulullah di Hari Kiamat
    Hikmah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 12:13 WIB
    Prinsip kesederhanaan Ali yang tidak dibuat-buat itulah yang melahirkan sikap polos, jujur dan terus terang, baik dalam ucapan maupun perbuatan, dalam keadaan sulit atau pun tidak.
  • Ini yang Dilakukan Ali bin Abu Thalib Saat Berdiri di Depan Dua Onggok Emas dan Perak
    Hikmah
    Senin, 22 Februari 2021 - 17:13 WIB
    Tanpa banyak bicara lagi Ali bin Abu Thalib segera menghunus pedang lalu dihantamkan kuat-kuat ke kantong yang berisi piala-piala penuh emas dan perak. Piala-piala itu hancur berkeping-keping.
  • Muawiyah Tinggal di Istana Megah, Ali bin Abu Thalib: Itu Istana Celaka!
    Hikmah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 16:11 WIB
    Ali bin Abu Thalib r.a. memakai baju seharga tiga dirham, menelan makanan serba kasar dan kering. Kekayaan kaum muslimin dibagi di antara mereka semua berdasarkan keadilan tanpa pilih kasih.
  • Ini Mengapa Ali Bin Abu Thalib Ditinggalkan Banyak Pengikutnya
    Hikmah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 21:33 WIB
    Ali bin Abu Thalib yang takwanya kepada Allah sedemikian tinggi, dan sedemikian patuhnya berteladan serta melaksanakan ajaran Rasulullah SAW, tidak mencari teman dengan mengobral harta dan kedudukan.
  • Selain Amirul Mukminin, Ini Penyebab Ali Bin Abu Thalib Bergelar Imam
    Hikmah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 15:11 WIB
    Banyak sekali hal-hal yang memberikan keistimewaan kepadanya. Antara lain sebagian umat Islam di dunia sampai sekarang ini mengidentifikasikan diri sebagai pengikut Ali bin Abu Thalib r.a.
  • Wasiat  Ali  bin Abi Thalib kepada Putra-Putranya Jelang Sakaratul Maut
    Hikmah
    Senin, 15 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Kepada putranya Hasan, Ali bin Abu Thalib berkata: Perhatikanlah orang yang memukulku. Berilah ia makan seperti makananku dan minuman seperti minumanku!