Topik Terkait: Syarat Amal Yang Diterima

  • Tanda Amal Ibadah Diterima Allah Menurut Syekh Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 07:30 WIB
    Penerimaan atau penolakan amal ibadah memang sulit diukur. Kita hanya dapat melihat tanda-tanda penerimaan Allah atas amal kita. Berikut tanda amal ibadah diterima Allah.
  • Doa Agar Amal Ibadah Diterima Allah SWT
    Muslimah
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 05:53 WIB
    Sebagai muslim, kita diberi kewajiban untuk senantiasa beribadah kepada Allah Subhanahu wa taala. Selain dengan niat yang ikhlas, kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa atas setiap amal ibadah.
  • Manfaat Menyembunyikan Amal dan Contoh Amalan yang Bisa Dirahasiakan
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 13:22 WIB
    Menyembunyikan amal kebaikan adalah salah satu cara untuk menghindari riya dan mendekatkan pada keikhlasan . Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa saat amal kebaikan disembunyikan, ada orang lain yang mengetahuinya.
  • Tanda Ibadah Puasa Ramadan Diterima Allah SWT
    Hikmah
    Jum'at, 05 April 2024 - 04:05 WIB
    Tanda-tanda ibadah puasa Ramadan yang kita jalankan diterima Allah Subhanahuwa taala, penting diketahui dan dipahami umat Muslim. Apa saja tanda-tandanya dan bagaimana dalilnya?
  • Hukum Beramal Shaleh untuk Tujuan Dunia, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 17:22 WIB
    Ada amal shaleh yang dengan sadar kita lakukan untuk kepentingan dunia. Bolehkan hal tersebut dilakukan? Bagaimana pula hukumnya dalam syariat?
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hati-hati, 2 Perkara Ini Bisa Menghancurkan Amal
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 10:28 WIB
    Amalan yang telah dilakukan bernilai pahala tetapi ternyata pahala yang didapat menjadi hilang dan lenyap karena kesalahan si pelakunya. Lantas, perilaku apa saja yang membuat amal kebaikan menjadi sia-sia ini?
  • Inilah 2 Perkara yang Dapat Menghancurkan Amal
    Tips
    Minggu, 12 Desember 2021 - 08:39 WIB
    Banyak umat muslim yang saling berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan agar memiliki pahala yang banyak. Tetapi masalahnya adalah setiap amal kebaikan yang kita lakukan belum tentu bernilai pahala bagi yang melakukannya
  • Urgensi Niat (3): Tiga Macam Amal yang Wajib Kita Jaga
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 14:17 WIB
    Amal kita terbagi kepada tiga macam, yaitu (1) amal hati (2) amal anggota tubuh dan (3) amal lisan. Adapun niat merupakan bagian dari amal hati, karenanya dia disebut sepertiga amal.
  • Perkara Amal Shaleh  yang Tidak Boleh Ditunda-tunda
    Muslimah
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 07:47 WIB
    Ada banyak amal shaleh yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. Namun tahukah muslimah, ternyata ada perkara-perkara dalam beramal shaleh ini tidak boleh ditunda-tunda.
  • Inilah Syarat-syarat Terbaik Bertaubat Menurut Syaikh Al Utsaimin
    Muslimah
    Jum'at, 23 April 2021 - 18:24 WIB
    Hakikat taubat adalah kembali kepada Allah dengan mengerjakan apa-apa yang dicintai-Nya dan meninggalkan apa-apa yang dibenci-Nya, atau kembali dari sesuatu yang dibenci kepada sesuatu yang dicintai.
  • 2 Doa Memohon Amal Ibadah Diterima
    Tips
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 08:51 WIB
    Kewajiban seorang muslim adalah untuk senantiasa beribadah kepada Allah Subhanahu wa taala. Melaksanakan sholat fardu lima waktu, ditambah puasa Ramadhan dan ibadah-ibadah lainnya yang dicontohkan Rasulullah
  • 2 Syarat yang Harus Terpenuhi jika Ibadah Ingin Diterima
    Tips
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 09:45 WIB
    Ulama merumuskan bahwa ibadah tidak akan diterima kecuali apabila memenuhi 2 syarat, yakni memurnikan ibadah kepada Allah dan mengikuti tuntunan Rasulullah SAW.
  • Dahsyatnya Doa Nabi Ibrahim, Semua Amal Ibadah akan Diterima Allah Taala
    Tips
    Senin, 30 Mei 2022 - 18:01 WIB
    Doa Nabi Ibrahim alaihisallam ini, hendaknya rutin diamalkan oleh umat Islam. Doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim ini, memohon agar segala amal ibadah yang kita lakukan tidak sia-sia
  • 3 Balasan Amal Shaleh di Dunia, Nomor 3 Terbebas dari Kesusahan
    Tips
    Kamis, 17 Februari 2022 - 19:17 WIB
    Balasan amal shaleh seorang mukmin, akan diberikan Allah Subhanahu wa Taala baik di dunia maupun di akherat kelak. Khusus di dunia, ada beberapa balasan yang Allah janjikan langsung atas perbuatan amal shaleh ini.
  • Harus Ada 2 Syarat Ini Jika Ibadah Ingin Diterima
    Tips
    Minggu, 10 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Ulama merumuskan bahwa ibadah tidak akan diterima kecuali apabila memenuhi 2 syarat: Pertama, memurnikan ibadah kepada Allah semata (tauhid) dan tidak melakukan kesyirikan. Kedua, mengikuti tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Begini Doa agar Ilmu Bermanfaat, Amal dan Zikir Diterima serta Hati Menjadi Khusyuk
    Tips
    Selasa, 08 November 2022 - 13:41 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan doa agar ilmu menjadi bermanfaat, hati menjadi khusuk, amal kita diangkat, dan ucapan kita didengar. Berikut doa tersebut:
  • Doa Memohon agar Amal Perbuatan Tidak Sia-Sia
    Tips
    Rabu, 03 Januari 2024 - 15:00 WIB
    Doa memohon supaya segala perbuatan amal yang kita lakukan tidak sia-sia, bisa mencontoh doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim alaihissalam ini.
  • Kenikmatan Sesaat Yang Menyebabkan Allah Murka
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 08:00 WIB
    Harus diketahui betapa kenikmatan maksiat itu hanya sesaat, kemudian setelah itu dia merasakan akibat kemaksiatannya. Salah satu bentuk kemaksiatan adalah enggan menutup aurat
  • Syarat Doa yang Dikabulkan Allah Taala, Waktu Juga Menentukan
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:40 WIB
    Perlu juga diperhatikan waktu-waktu utama untuk berdoa, dan keadaan-keadaan yang biasanya akan mendapatkan ijabah. Seperti sepertiga malam terakhir, antara azan dan iqamah, ketika sujud dalam salat.
  • 6 Perkara yang Dapat Menggerogoti Amal-amal Baik
    Tausiyah
    Selasa, 17 Desember 2019 - 15:31 WIB
    Al-Habib Quraisy Baharun (Pimpinan Ponpes As-Shidqu Kuningan) menjelaskan setidaknya ada 6 perkara yang harus dijauhi demi menjaga kemurnian amalan.