Topik Terkait: Hakikat Mimpi

  • Tiga Kategori Mimpi Menurut Islam, Begini Penjelasannya.
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:30 WIB
    Seringkali kita ingin mengetahui arti mimpi yang dialami. Sebenarnya bagaimana tafsir mimpi tersebut dalam pandangan syariat?
  • Tafsir Mimpi Hamil dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 01 Desember 2022 - 12:59 WIB
    Dalam Islam, arti tentang bermimpin atau mimpi hamil, tidak ada penjelasan spesifiknya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Doa Ketika Mengalami Mimpi Baik dan Mimpi Buruk
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 18:23 WIB
    Ketika mengalami mimpi baik itu mimpi buruk atau mimpi baik, kita dianjurkan untuk berdoa. Bahkan, sebelumnya ketika hendak tidur, kita pun diperintahkan berdoa
  • Bacaan Doa Setelah Mengalami Mimpi Baik atau Buruk
    Tips
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:04 WIB
    Ketika hendak tidur, kita diperintahkan berdoa, selain mohon perlindungan dari gangguan setan, doa ini untuk menghindarkan terutama mimpi buruk tersebut.
  • Inilah Adab Ketika Mengalami Mimpi Buruk
    Tips
    Kamis, 17 Maret 2022 - 18:47 WIB
    Ternyata ketika kita mengalami mimpi buruk, ada adab yang harus kita lakukan. Salah satu adabnya yakni tidak boleh meceritakan perihal mimpi buruknya tersebut kepada orang lain. Kenapa demikian?
  • Hukum Mimpi Basah dan Doa untuk Menghindarinya
    Hikmah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Mimpi basah biasanya terjadi sebagai salah satu tanda umur sudah baligh. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa salah satu tanda-tanda umur sudah mencapai masa baligh. Lantas bagaimana hukum mimpi basah ini dalam Islam?
  • Hukum Mimpi Basah dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:04 WIB
    Mimpi basah sering terjadi pada masa remaja dan awal masa dewasa muda, tetapi juga terjadi pada orang dewasa. Dalam perspektif Islam, mimpi basah disebut dengan istilah ihtilam.
  • Kisah-Kisah Ketika Roh Bekerja Melalui Mimpi
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Berikut adalah kisah-kisah mimpi yang ternyata bukan sekadar mimpi, melainkan kerja roh ketika raga sedang tertidur lelap. Kisah ini dinukil dari berbagai sumber oleh Ibnu Qayyim.
  • Ini Cara Mandi Junub Wanita yang Mengalami Mimpi Basah
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Ternyata wanita juga bisa mengalami mimpi basah, tak melulu hanya dialami kaum lelaki saja. Untuk itu, muslimah wajib tahu bagaimana hukumnya dan apa saja yang harus dilakukan ketika mengalami hal tersebut?
  • Mimpi Ketemu Nabi: Setan Tak Bisa Meniru Rupa Nabi, Tapi Bisa Ngaku-Ngaku Nabi
    Hikmah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 14:27 WIB
    Dalam literatur tasawuf, bermimpi atau bahkan berkomunikasi interaktif dengan orang-orang yang sudah wafat sesuatu yang biasa terjadi di kalangan para arifin.
  • Mimpi Istri Meninggal, Ibnu Sirin: Bakal Diberi Kecukupan Rezeki
    Tips
    Rabu, 01 Juni 2022 - 16:43 WIB
    Ibnu Sirin menjelaskan bila seorang suami bermimpi istrinya meninggal dunia, maka ditafsirkan bahwa akan diberi kecukupan rezeki dengan tanamannya.
  • Konsep Puasa Syari’ah, Thariqah, dan Hakikat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 22 Februari 2021 - 15:53 WIB
    Puasa menurut Syaikh Abdul Qdir al-Jln ada tiga macam yaitu puasa syariah, puasa thariqah, dan puasa hakikat. Masing-masing puasa ini memiliki derajat atau tingkatan tersendiri.
  • Amalan Sholawat Agar Mimpi Bertemu Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:39 WIB
    Mimpi bertemu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah karunia besar sebagaimana dijelaskan dalam shahih Al-Bukhari Muslim. Berikut amalan sholawat agar mimpi ketemu Nabi.
  • Karomah Kiai: Ketika Mimpi Menjadi Petunjuk
    Dunia Islam
    Senin, 12 September 2022 - 18:45 WIB
    Seorang kiai bertemu dengan seorang ulama yang sudah meninggal dunia dalam mimpinya. Sang ulama memberi tahu bahwa cucunya akan nyantri di pondok pesantren yang dipimpin kiai tersebut.
  • Begini Amalan Agar Dalam Tidur Bisa Mimpi Bertemu Rasulullah
    Hikmah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 18:41 WIB
    Barangsiapa telah melihat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam tidurnya maka ia akan mati dalam keadaan husnul khatimah, mendapatkan syafaat Nabi Muhammad dan akan masuk surga.
  • Doa Ketika Bermimpi, Lengkap dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 18:13 WIB
    Ketika mengalami mimpi baik itu mimpi buruk atau mimpi baik, kita dianjurkan untuk berdoa. Bahkan, sebelumnya ketika hendak tidur, kita diperintahkan berdoa.
  • Mimpi Hujan dan Banjir, Isyarat Bakal Terjadi Peristiwa tidak Menyenangkan
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 10:12 WIB
    Mimpi tentang hujan dan banjir adalah firasat yang tidak menyenangkan. Ini masuk klasifikasi mimpi buruk, kendati tidak mutlak. Ulama Muabbirn menafsirkan mimpi tersebut dengan berbagai arti.
  • Kisah Bathil? Ketika Mimpi Dijadikan Landasan Hukum Syar’i
    Hikmah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 07:49 WIB
    Kisah ini adalah munkar dan bathil karena menyelisihi Al-Quran dan hadits. Kendati demikian sering dinukil sejumlah pihak untuk membolehkan meminta syafaat kepada Nabi SAW.
  • Mimpi Basah Saat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 10:33 WIB
    Salah satu hal yang harus diperhatikan seorang Muslim ketika menjalani ibadah Ramadan adalah berbagai hal yang dapat membatalkan puasa.
  • Imperium Dunia dalam Mimpi Nebukadnezar Berdasar Takwil Nabi Daniel
    Hikmah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 09:44 WIB
    Nebukadnezar mengalami rangkaian mimpi yang membuatnya gelisah. Ia minta seluruh cendekiawan menakwilkan mimpi itu namun menolak menceritakan apa yang ia lihat dalam mimpinya.