Topik Terkait: Menyikapi Kehidupan

  • Menyikapi Hagia Sofia dengan Bijak (2)
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 19:30 WIB
    Selain isu syariah tentunya kita juga diingatkan kembali bahwa saat ini umat sedang dalam peperangan sengit (state of war). Peperangan itu bukan perang nuklir atau atom.
  • Musibah dalam Kehidupan dan Cara Meresponsnya
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 15:49 WIB
    Sebagaimana kehidupan, dunia ini sendiri identik dengan tempat di mana ujian itu pasti berlaku. Bahkan ujian itu bersifat natural (alami) dan pasti.
  • Menyikapi Doa Buruk dari Orangtua
    Muslimah
    Senin, 10 Mei 2021 - 17:32 WIB
    Di antara doa yang mustajab adalah doa yang diucapkan oleh orang tua untuk anaknya, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bila doa kebaikan, pasti anak akan bahagia. Bagaimana bila sebaliknya?
  • Inilah Perkara yang Menyelamatkan dan Merusak Kehidupan Manusia
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 14:53 WIB
    Setiap orang atau manusia pasti mendambakan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat . Namun, banyak yang belum memahami hakikat hidup yang sebenarnya.
  • Menyikapi Hagia Sofia dengan Bijak (1)
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 13:45 WIB
    Banyak di antara umat Islam begitu senang dan bahagia karena Hagia Sophia, sebuah gedung yang bersejarah dan telah bergonta ganti status, kembali akan mengalami perubahan status (konversi) baru di tahun ini.
  • Agar Anak Berbahagia, Berikan Bekal Hingga ke Kehidupan Abadinya
    Muslimah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 19:14 WIB
    Anak adalah nikmat besar yang dikaruniakan Allah Subhanahu wataala kepada setiap orang tua. Akan tetapi tidak semua dari orang tua mengerti bagaimana menjaga nikmat tersebut, menjaga akhlak dan keimanan mereka adalah yang harus diutamakan.
  • Begini Gambaran Kehidupan di Zaman Rasulullah yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 19:24 WIB
    Banyak sisi kehidupan Rasulullah yang asing dan aneh buat kita. Bukan apa-apa, perbedaan timeline antara masa beliau dengan masa kita ini terpaut 14 abad lebih.
  • Gus Baha Menyikapi Pedagang Warung dengan Aurat Terbuka
    Tausyiah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 17:29 WIB
    Cara Gus Baha menyikapi pedagang warung yang auratnya terbuka layak kita jadikan pelajaran agar tidak mudah menghukumi orang yang tampilan luarnya kelihatan buruk.
  • Cara Menyikapi Khilafiyah dalam Urusan Agama
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 19:45 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat bercerita tentang pengalamannya menjawab banyak pertanyaan fiqih, salah satunya adalah masalah Khilafiyah Abadi.
  • Menyikapi Doa Buruk Orang Tua, Lakukan 3 Hal Ini
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 09:14 WIB
    Doa orang tua merupakan salah satu doa yang sangat mustajab, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bagaimana kita menyikapi doa buruk dari orang tua ini?
  • Ketika Hidup Mengalami Takdir Buruk, Begini 6 Pandangan Imam Ibnul Qayyim
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 20:47 WIB
    Allah taala telah menetapkan takdir manusia di dunia, ada takdir yang baik dan takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Kandungan Surah Yunus Ayat 40-41, Menyikapi Perbedaan Tanpa Kekerasan
    Tausyiah
    Minggu, 14 November 2021 - 17:17 WIB
    Kandungan surat Yunus ayat 40-41 merupakan bukti keindahan Islam dalam menyikapi orang yang tak beriman. Di sisi lain, ada empat poin penting dalam ayat ini.
  • Pengertian Takdir Mubram dan Contohnya, Bisakah Diubah?
    Santri
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 13:57 WIB
    Pengertian takdir mubram secara bahasa adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan atau sudah pasti. Jadi, takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku.
  • Khutbah Jumat: Wabah Covid-19,  Terapi  Pencegahan Menurut Islam
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 20:42 WIB
    Teks khutbah jumat seputar wabah Covid-19 dan bagaimana sikap seorang muslim. Pengobatan penyakit dalam Islam mencakup terapi preventif dan terapi kuratif. Apa itu?
  • 3 Sikap dan Pandangan dalam Menyikapi Wabah Corona
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Maret 2020 - 10:07 WIB
    Ada tiga sikap dan pandangan kelompok aliran teologi dalam Islam ketika menyikapi wabah bala penyakit. Berikut penjelasan Ustaz Miftah el-Banjary.
  • Sikap Terbaik Menyikapi Khilafiyah, Mari Simak Kisah Sahabat Nabi Ini
    Tausyiah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:46 WIB
    Di kalangan orang awam masalah khilafiyah dapat menjadi pemicu perselisihan dan pemecah hubungan persaudaraan. Bagaimana cara menyikapi perbedaan terutama menyangkut masalah fiqih?
  • 5 Fase Kehidupan Manusia Sesuai Sabda Nabi
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:58 WIB
    Dalam satu riwayat, Nabi shallallahu alaihi wasallam menerangkan bahwa manusia akan mengalami lima fase sebelum datangnya hari Kiamat besar.
  • Hidup Mengalami Takdir Buruk, Bagaimana Menyikapinya?
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 06:19 WIB
    Ada dua ketentuan atau takdir yang diterima setiap mahkluk Allah ini, yakni takdir baik dan takdir buruk. Bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini?
  • Pesan Habib Ahmad bin Novel Menyikapi Musibah Corona
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 22:21 WIB
    Pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan menyampaikan nasihat terkait Corona saat pengajian di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang (2/4/2020).
  • Makna Tawaf, Sai dan Kehidupan Dunia
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 23:04 WIB
    Tawaf itu selalu diikuti dengan amalan ritual Sai. Sebuah kegiatan ritual Haji/Umrah dengan mengelilingi dua ujung bukit bernama Marwah dan Shofa sebanyak tujuh kali.