Kumpulan Artikel: Quraish Shihab (halaman 8)
Tausyiah
Kamis, 14 Maret 2024 - 14:34 WIB
Ulama-ulama Zhahiriyah dan Syiah mewajibkan berbuka bila dalam perjalanan, antara lain berdasar firman-Nya: Awala safarin Fa iddatun min ayyamin ukhar.
Tausyiah
Rabu, 13 Maret 2024 - 05:15 WIB
Menurut Quraish, ulama-ulama berbeda pendapat tentang bolehnya berbuka puasa bagi orang yang sedang musafir. Perbedaan tersebut berkaitan dengan jarak perjalanan
Tausyiah
Rabu, 13 Maret 2024 - 04:00 WIB
Quraish menjelaskan sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka.
Tausyiah
Rabu, 13 Maret 2024 - 03:00 WIB
Ini berarti bahwa puasa Ramadan baru diwajibkan setelah Nabi SAW tiba di Madinah, karena ulama Al-Quran sepakat bahwa surat Al-Baqarah turun di Madinah.
Hikmah
Selasa, 12 Maret 2024 - 02:00 WIB
Quraish Shihab mengatakan puasa dipersamakan dengan sikap sabar, baik dari segi pengertian bahasa (keduanya berarti menahan diri) maupun esensi kesabaran dan puasa.
Tausyiah
Senin, 11 Maret 2024 - 16:28 WIB
Walaupun keduanya berarti selamat datang tetapi penggunaannya berbeda. Para ulama tidak menggunakan ahlan wa sahlan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, melainkan marhaban ya Ramadhan.
Tausyiah
Selasa, 16 Januari 2024 - 10:42 WIB
Kesejahteraan sosial dimulai dari perjuangan mewujudkan dan menumbuhsuburkan aspek-aspek akidah dan etika pada diri pribadi, karena dari diri pribadi yang seimbang akan lahir masyarakat seimbang.
Tausyiah
Selasa, 16 Januari 2024 - 10:27 WIB
Sebagian pakar berpendapat bahwa kesejahteraan sosial yang didambakan Al-Quran tecermin dari surga yang dihuni oleh Adam dan istrinya, sesaat sebelum turunnya mereka melaksanakan tugas kekhalifahan di bumi.
Tausyiah
Selasa, 16 Januari 2024 - 05:15 WIB
Quraish Shihab mengatakan keadilan sosial bukan mempersamakan semua anggota masyarakat, melainkan mempersamakan mereka dalam kesempatan mengukir prestasi.
Tausyiah
Senin, 15 Januari 2024 - 15:18 WIB
Al-Quran menetapkan salah satu sendi kehidupan bermasyarakat adalah keadilan. Berbuat baik melebihi keadilan akan dapat menggoyahkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.
Tausyiah
Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:32 WIB
Apakah nalar manusia menginginkan agar Tuhan tidak menciptakan manusia sama sekali? Jangan berkeinginan seperti itu, karena ini bertentangan dengan makna kekuasaan-Nya.
Tausyiah
Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:11 WIB
Berlaku adil adalah wajib terhadap orang-orang kafir (baik yang memerangi maupun yang tidak). Kata taqsithu di sini menurutnya adalah memberi bagian dari harta guna menjalin hubungan baik.
Tausyiah
Jum'at, 12 Januari 2024 - 09:01 WIB
Allah menciptakan dan mengelola alam raya ini dengan keadilan, dan menuntut agar keadilan mencakup semua aspek kehidupan. Akidah, syariat atau hukum, akhlak, bahkan cinta dan benci.
Tausyiah
Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:52 WIB
Quraish Shihab mengatakan kata qisth, adl, dan mizan pada berbagai bentuknya digunakan oleh Al-Quran dalam konteks perintah kepada manusia untuk berlaku adil.
Tausyiah
Kamis, 11 Januari 2024 - 11:55 WIB
Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri.
Tausyiah
Kamis, 11 Januari 2024 - 10:56 WIB
Terjadi silang pendapat mengenai apa yang harus didahulukan, apakah kesejahteraan atau keadilan? Muhammad Quraish Shihab menjelaskan dari sekian ayat ditemukan isyarat perlunya mendahulukan keadilan.
Tausyiah
Rabu, 10 Januari 2024 - 21:40 WIB
Muhammad Quraish Shihab mengatakan mereka yang mendapat anugerah menguasai wilayah diberi berbagai tugas, yang antara lain diuraikan oleh surat Al-Hajj (22): 41:
Tausyiah
Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
Tausyiah
Selasa, 09 Januari 2024 - 08:24 WIB
Sedangkan surat Al-Rum (30): 9 yang mengulangi dua kali kata kerja masa lampau amaru berbicara tentang bumi, diartikan sebagai membangun bangunan, serta mengelolanya untuk memperoleh manfaatnya.
Tausyiah
Selasa, 09 Januari 2024 - 08:16 WIB
Paling tidak, dari dua istilah Al-Quran kita dapat menjumpai uraian tentang kekuasaan politik, serta tugas yang dibebankan Allah kepada manusia. Kedua istilah tersebut adalah istikhlaf dan istimar.