Kumpulan Artikel: Perjalanan Haji

  • Syarat dan Hukum Badal Haji yang Perlu Dipahami Setiap Muslim
    Tausyiah
    Rabu, 15 Mei 2024 - 09:10 WIB
    Badal Haji adalah ibadah haji yang ditunaikan oleh seseorang atas nama orang lain yang berhalangan sehingga tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk datang ke Tanah Suci.
  • Bacaan Doa Walimatul Safar Haji Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Senin, 13 Mei 2024 - 13:14 WIB
    Bacaan doa walimatul safar haji ini, biasanya diamalkan ketika mengantar keluarga atau tetangga yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji. Seperti apa doanya?
  • Hukum Mengadakan Walimatul Safar Haji
    Tausyiah
    Senin, 13 Mei 2024 - 13:01 WIB
    Hukum mengadakan walimatul safar haji penting diketahui calon jemaah haji. Meski umum dan biasa dilaksanakan calon jemaah haji Indonesia, namun masih banyak yang belum memahami tentang hukum tentang syukuran tersebut.
  • Bolehkah Seorang Muslimah Berangkat Haji Tanpa Mahram? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 11 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Menunaikan ibadah haji tentu diinginkan hampir setiap umat muslim, tak terkecuali kaum muslimah. Namun terkadang kita dapati beberapa perempuan pergi haji meski tanpa disertai mahram. Bolehkah?
  • Mengenal Tiga Jenis Haji dan Tata Cara Pelaksanaannya
    Tips
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 15:35 WIB
    Mengenal tiga jenis haji dan tata cara pelaksanaannya ini penting diketahui umat Islam. Yang membedakan dari 3 jenis haji ini yakni tentang tata cara pelaksanaannya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Apa yang Dimaksud dengan Haji Ifrad? Simak Penjelasan dan Dalilnya
    Tausyiah
    Rabu, 08 Mei 2024 - 14:33 WIB
    Haji ifrad merupakan jenis ibadah haji di mana seseorang melakukan haji terlebih dahulu, kemudian melakukan umrah secara terpisah. Begini penjelasannya!
  • Tata Cara Manasik Haji beserta Urutan, Pelaksanaan dan Bacaan
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 07:45 WIB
    Tata cara manasik haji merupakan pedoman penting bagi umat Muslim yang hendak menunaikan ibadah haji, salah satu rukun Islam kelima.
  • Daftar Perlengkapan yang Wajib dibawa saat Ibadah Haji 2024
    Dunia Islam
    Selasa, 07 Mei 2024 - 18:51 WIB
    Ibadah haji, sebuah perjalanan spiritual yang sakral, membutuhkan persiapan yang matang untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan selama berada di Tanah Suci
  • Menyematkan Gelar Haji  Menurut Syariat, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 05 Juli 2023 - 18:50 WIB
    Para jemaah haji 2023 sudah banyak yang kembali ke Tanah Air. Mereka telah tuntas melaksanakan rangkaian ibadah haji dan umumnya masyarakat akan memberikan gelar atau predikat haji.
  • KKHI Makkah Evakuasi dan Pulangkan Jemaah Haji Sakit Lebih Awal
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Juli 2023 - 16:48 WIB
    Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah melakukan evakuasi dan tanazul atau pemulangan lebih awal bagi jemaah haji yang sakit. Pemulangan jemaah haji gelombang pertama ini dilaksanakan mulai 4 hingga 18 Juli 2023.
  • Haji itu Miniatur Perjalanan Hidup Manusia, Begini Gambarannya
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 21:40 WIB
    Tak tersangkal lagi bahwa selain sebagai representasi kesempurnaan Islam (kamaliat al-Islam), haji juga sekaligus menjadi gambaran kehidupan manusia secara totalitas.
  • Badal Haji : Pengertian, Syarat dan Hukum
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 16:24 WIB
    Pengertian tentang Badal Haji perlu dipahami oleh setiap umat muslim, supaya dalam prakteknya nanti sesuaai dengan hukum yang berlaku dan tidak salah kaprah.
  • Hikmah Ibadah Haji : Semua Sama Kedudukannya di Hadapan Allah
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 09:33 WIB
    Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang terpenting. Dalam ibadah haji inilah, Allah mengumpulkan semua umat Islam di seluruh dunia untuk mengagungkanNya. Umat Islam berkumpul di Padang Arafah, Tawaf, dan Sai dalam kedudukan yang sama di hadapan Allah Yang Maha Besar.
  • Melihat Perpustakaan Modern Masjid Nabawi, Simpan Buku Langka hingga Berbahasa Indonesia
    Dunia Islam
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:41 WIB
    Beribadah di Masjid Nabawi tidak lengkap rasanya bila tak mengunjungi perpustakaan yang ada di masjid tersebut. Selain bisa menimba ilmu agama, pengunjung juga bisa memperkaya pengetahuan.
  • Bolehkah Menyematkan Gelar Haji? Begini Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:22 WIB
    Penyematan gelar haji sepulang dari menunaikan ibadah haji, biasanya umum dilakukan masyarakat kita. Dan pada dasarnya hal itu tidak ada perintah dan tidak ada juga larangan. Kenapa demikian?
  • 426 Petugas Daker Mekkah Tiba, Siap Layani Jemaah Haji
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Mei 2023 - 11:51 WIB
    Sebanyak 210 petugas lainnya dijadwalkan mendarat hari ini pukul 17.30 waktu Arab Saudi.
  • Jemaah Diimbau Serahkan Paspor ke PPIH sebagai Syarat Masuk Mekkah
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Mei 2023 - 10:45 WIB
    Jemaah haji Indonesia diimbau menyerahkan paspor ke petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) setibanya di Arab Saudi. Hal itu sebagai syarat jemaah haji bisa masuk ke Mekkah.
  • Dalil Naqli tentang Haji Bagi Umat Islam
    Tausyiah
    Minggu, 28 Mei 2023 - 06:56 WIB
    Ibadah Haji hukumnya adalah wajib bagi umat Islam yang mampu melaksanakannya. Sebagai salah satu ibadah wajib yang termasuk ke dalam Rukun Islam, terdapat beberapa dalil yang mengharuskan umat Islam menjalankan ibadah Haji.
  • Tasrih untuk Masuk Raudhah Sudah Keluar, Jemaah Haji Tak Perlu Isi Aplikasi Nusuk
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:51 WIB
    Tasrih atau surat izin untuk masuk Raudhah di Masjid Nabawi bagi jemaah haji Indonesia telah keluar. Dengan begitu, jemaah tidak perlu lagi repot-repot mengisi identitas diri lewat aplikasi Nusuk.
  • Perbedaan Miqat Zamani dan Miqat Makani
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 18:22 WIB
    Salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan oleh para jamaah baik umroh maupun haji adalah tempat miqat. Miqat sendiri merupakan batas dimulainya pelaksanaan haji atau umrah.