Topik Terkait: Makruh Salat

  • Hindari Hal-hal  yang Makruh Dalam Berpuasa
    Tips
    Sabtu, 24 April 2021 - 15:01 WIB
    Hal-hal yang bersifat makruh sebaiknya dihindari agar suatu ibadah yang kita jalani dapat lebih sempurna. Lantas bagaimana dengan ibadah puasa, adakah hal-hal yang dianggap makruh? Apa saja itu?
  • Inilah Hal-hal Makruh saat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 10:44 WIB
    Saat menjalani puasa Ramadan, hendaknya kita hati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang ternyata hukumnya makruh dalam ibadah Ramadan.
  • Niat Salat Tahajud Namun Terlanjur Salat Witir Setelah Tarawih
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 15:29 WIB
    Ada niat salat tahajud namun terlanjur melaksanakan salat witir setelah tarawih, bolehkah dilakukan? Bagaimana tata cara melakukan dan hukumnya?
  • 6 Perkara yang Hukumnya Makruh Saat berpuasa
    Muslimah
    Kamis, 21 April 2022 - 13:22 WIB
    Dalam kegiatan sehari-hari ada perkara-perkara yang dihukumi makruh, termasuk dalam kegiatan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Apa saja perbuatan makruh tersebut?
  • Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Zikirnya
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 21:27 WIB
    Salat Hajat adalah salat sunnah yang dikerjakan agar hajat (keinginan/kebutuhan) dikabulkan Allah Taala. Hajat yang dimaksud di sini adalah hajat yang dibenarkan oleh syariat.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Wabah Corona, Bolehkah Salat Memakai Masker?
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 17:18 WIB
    Sudah menjadi pemandangan biasa di berbagai masjid dan mushalla, kaum muslimin salat memakai masker. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Apakah dibolehkan?
  • 4 Hal yang Harus Dilakukan Imam Salat Berjamaah
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 22:15 WIB
    Berikut ini panduan bagi mereka yang ingin menjadi imam salat berjamaah sebagaimana disampaikan Ustaz Asep Sholahuddin dalam Pengajian Tarjih PP Muhammadiyah yang diselenggarakan pada Rabu (31/01)
  • Salat Istikharah dan Bacaan Doa Sesuai Sunnah Nabi
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 10:50 WIB
    Karena keterbatasannya, seringkali manusia kebingungan untuk menentukan pilihan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Islam memberi solusi melalui salat istikharah.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat karena Wabah Corona
    Tausiyah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 21:11 WIB
    Salat Jumat merupakan salat wajib bagi muslim yang baligh, berakal, laki-laki, sehat, dan menetap. Berikut pendapat ulama tentang salat Jumat ketika terjadi wabah.
  • Begini Pendapat Muhammadiyah Soal Salat Id di Saat Wabah Corona
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 15:21 WIB
    Kaitannya dengan salat Id pada saat pandemi Covid-19, Muhammadiyah cenderung kepada pendapat fukaha Hanafiyyah, yang kemudian diikuti oleh Ibnu Taimiyah.
  • 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 22:36 WIB
    Tahajud berasal dari kata Tahajjada yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut 9 keutamaannya.
  • Berikut Bacaan Surat Tiap Rakaat Pada Salat Witir
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 16:22 WIB
    Ulama Syafiiyyah dan Hanabilah sepakat bahwa yang disunnahkan dibaca pada dua rakaat awal salat witir adalah Surat al-Ala (rakaat pertama) dan al-Kafirun (rakaat kedua).
  • Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
    Mungkin banyak di antara kita yang pernah bersin lalu mengucap Alhamdulillah ketika salat. Bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa itu tidak diajarkan Rasulullah?
  • Begini Susunan Wirid Berikut Doa Setelah Salat Witir
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 03:10 WIB
    Salat witir dikerjakan pada bulan Ramadhan usai sebagai penutup salat tarawih. berikut susunan wirid usai salat witir yang diajarkan Syekh M Nawawi Banten .
  • Salat Dhuha, Bukan Sekadar Membuka Pintu Rezeki
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 05:00 WIB
    Al-Munawi dalam Faidh Al-Qadir (4: 615) menjelaskan maksud kalimat, akan dicukupi di akhirnya adalah akan diselamatkan dari cobaan dan musibah di akhir siang.
  • Besok Gerhana Matahari Cincin, Begini Tata Cara Salat Gerhana Pendek
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:47 WIB
    Masyarakat Indonesia akan kembali menyaksikan fenomena langit yang menakjubkan, yakni Gerhana Matahari Cincin. Peristiwa ini akan terjadi pada Ahad besok.
  • Masya Allah! Gerakan Salat Tarawih Bisa Sehatkan Jantung
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Maret 2024 - 11:04 WIB
    Bulan Ramadan menjadi kesempatan muslim dan muslimah untuk meningkatkan ibadah wajib dan sunah. Salah satunya shalat sunah yang dianjurkan yaitu tarawih dan witir.
  • Perbedaan Salat Fajar dan Qobliyah Subuh
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 17:00 WIB
    Apa perbedaan salat fajar dan qobliyah subuh? Salat qabliyah subuh adalah salat fajar yang dikerjakan sebelum salat subuh. Hal ini terkait dengan hadis yang menyebut keutamaan melaksanakan salat fajar.
  • Salat Idul Fitri dan Jumlah Jamaah yang Dipersyaratkan
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 09:50 WIB
    Pelaksanaan Salat Id tahun ini akan berbeda dari biasanya karena situasi pandemik wabah saat ini. Bagaimana cara mengerjakannya dan berapa jumlah jamaah yang dipersyaratkan? Berikut penjelasannya.
  • Salat Id di Rumah, Buya Yahya: Lakukan Seperti Salat Subuh
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 21:34 WIB
    Hukum salat id adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Bisa dilakukan di mana saja. Di saat tidak bisa di masjid, disunahkan melaksanakan di rumah masing-masing.