Topik Terkait: Risiko Utang

  • Ayat Tentang Utang Piutang di Surat Al-Baqarah
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:23 WIB
    Ayat tentang utang piutang di Surat Al-Baqarah, tepatnya pada ayat 282-283, menjadi pedoman bagi kita untuk urusan tersebut. Apa saja yang diatur soal utang piutang dalam Islam?
  • Penjelasan Gus Baha Tentang Utang di Bank Syariah
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 05:07 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang utang di Bank Syariah menarik untuk disimak. Banyak yang beranggapan bank Syariah itu riba, namun Gus Baha punya pandangan lain.
  • Gus Baha: Memberi Utang Tapi Tidak Dikembalikan, Ini Jawabannya
    Tausyiah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Gus Baha memberi jawaban terkait orang yang memberi utang namun tidak dikembalikan. Berikut ganjaran orang yang membebaskan utang orang lain terutama utang orang saleh.
  • Bolehkah Puasa Syawal Jika Masih Utang Puasa Ramadan?
    Tausyiah
    Kamis, 25 April 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah puasa Syawal jika masih utang puasa Ramadan? Pertanyaan ini kerap mengemuka setelah hari Raya Idulfitri atau saat memasuki bulan Syawal.
  • Lafaz Istighfar Agar Tidak Terjerat Utang, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 16:36 WIB
    Selain untuk memohon ampunan dari dosa kepada Allah Taala, bacaan istighfar juga berfungsi untuk memperlancar rezeki, menolak bala dan bencana, dan juga berfungsi agar terbebas dari utang.
  • Hukum Utang Tidak Dibayar Padahal Mampu
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:59 WIB
    Hukum utang tidak dibayar padahal dalam kondisi mampu melunasinya tidak dibenarkan dalam Islam. Utang wajib dibayar. Konsekuensi tidak membayar utang dalam Islam amat berat.
  • Gus Baha Jelaskan Hukum Utang di Bank, Haram Atau Halal?
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 22:45 WIB
    Ulama ahli Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) menjelaskan hukum utang di bank yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • 5 Doa Minta Kaya dan Terbebas dari Utang
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 23:56 WIB
    Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan umat muslim agar diberi kekayaan dan terlepas dari utang. Doa ini bersumber dari beberapa riwayat Hadis Nabi.
  • Amalan Agar Bisa Melunasi Utang
    Tausyiah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 15:17 WIB
    Syekh Ahmad Al-Mishri, Dai lulusan Mesir berbagi amalan agar bisa melunasi utang. Hal ini disampaikannya saat mengisi kajian di Masjid Jami Nurul Amal, Kompleks Migas 41 Srengseng, Jakarta Barat.
  • Amalan Pelunas Utang dan Pelancar Rezeki dari Habib Ali bin Husein Al-Attas
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 22:09 WIB
    Habib Ali bin Husein al-Attas atau dikenal dengan Habib Ali Bungur mengajarkan satu amalan yang dapat melunaskan utang dan melancarakan rezeki.
  • Keutamaan Membayar Utang Tepat Waktu Dalam Islam
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 08:03 WIB
    Dalam konteks agama Islam, ada beberapa keutamaan membayar utang tepat waktu yang besar pahalanya. Berikut adalah beberapa poin terkait pahala membayar utang tepat waktu.
  • Doa Berlindung dari Utang dan Memohon Segera Lunas
    Tips
    Senin, 07 Maret 2022 - 14:54 WIB
    Doa berlindung dari utang dan memohon pertolongan Allah agar segera dapat melunasi utang tersebut, diajarkan Rasulullah kepada sahabatnya.
  • Doa Rasulullah agar Dapat Melunasi Utang
    Tips
    Sabtu, 13 November 2021 - 10:32 WIB
    sebagai insan yang beriman, kita diharuskan tetap ikhtiar untuk melunasi utang. Selain itu, juga dianjurkan berdoa agar ujian hidup seperti utang ini segera bisa diselesaikan.
  • 9 Hadis Ancaman Bagi Orang yang Enggan Membayar Utang
    Tausyiah
    Kamis, 27 April 2023 - 20:55 WIB
    Orang yang memiliki utang hendaknya segera melunasinya supaya tidak menjadi beban di dunia maupun di akhirat kelak. Berikut beberapa Hadis ancaman bagi yang enggan membayar utang.
  • Wajibkah Membayar Zakat untuk Orang yang Terlilit Utang?
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 11:04 WIB
    Utang memang sangat membebani kehidupan manusia, apalagi jika sampai terlilit. Biasanya jika sudah terlilit, kita akan sulit untuk melunasi dan sulit keluar dari jeratannya.
  • Ditahan di Dalam Kubur Gara-gara Masih Punya Utang Ketika Hidup
    Tausyiah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 15:34 WIB
    Persoalan utang bukan masalah sepele. Itu pula yang membuat Rasulullah SAW juga senantiasa berdoa kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan agar tidak terlilit hutang.
  • Zina adalah Utang, Benarkah Demikian?
    Tips
    Selasa, 23 November 2021 - 15:44 WIB
    Imam Asy Syafii rahimahullah pernah ditanya mengapa hukum bagi pezina sedemikian beratnya? Beliau menjawab, Karena, zina adalah dosa yang bala akibatnya mengenai semesta keluarganya, tetangganya, keturunannya hingga tikus di rumahnya dan semut di liangnya.
  • Kisah Sahabat Nabi yang Suka Menawarkan Pinjaman Lalu Memutihkannya
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:16 WIB
    Kisah sahabat yang memutihkan utang orang-orang pada masanya patut jadi teladan. Sahabat yang gemar menawarkan pinjaman kepada umat muslim, justru memutihkannya saat ia sedang sakit.
  • Murtad, Lalu Kembali Islam, Begini Status Utang Puasanya
    Tausyiah
    Senin, 13 April 2020 - 12:16 WIB
    Orang yang sejak kecil terlahir sebagai orang yang bukan muslim, ketika ia masuk Islam, semua dosa-dosanya semasa kafir langsung dihapus Allah SWT.
  • Melindungi  Keistimewaan Tubuh Perempuan dari Risiko Penyakit
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Dari sisi ilmu pengetahuan telah banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya jilbab bagi perempuan, karena beberapa hal yang menyangkut kondisi fisik perempuan itu sendiri.