Topik Terkait: Saksi Pernikahan

  • Pernikahan-pernikahan yang Tidak Sah Menurut Fiqih
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:41 WIB
    Tidak semua pernikahan itu halal dalam Islam. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Perkara-perkara yang Dapat Membatalkan Pernikahan
    Muslimah
    Rabu, 29 September 2021 - 13:23 WIB
    Kedudukan pernikahan sendiri dalam Islam sangat penting. Namun demikian, ternyata ada beberapa perkara dalam pernikahan yang dapat batal baik disengaja maupun tidak disengaja.
  • Milik Siapakah Mahar Pernikahan?
    Muslimah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Mahar pernikahan selebriti jadi trending topik. Bagaimana sebenarnya mahar pernikahan itu dalam pandangan syariat? Lantas, siapakah pemilik mahar tersebut, istri atau mertuanya?
  • 7 Pernikahan yang Tidak Sah alias Harus Dibatalkan, Muslimah Wajib Tahu!
    Muslimah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:55 WIB
    Dalam Islam, ternyata ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Jenis pernikahan seperti apa yang tidak sah tersebut?
  • Islam Melarang Pernikahan Beda Agama, Ini Dalilnya
    Muslimah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 22:18 WIB
    Pernikahan beda agama saat ini cukup marak terjadi di Indonesia. Di antara kaum muslim bahkan ada yang melakukannya diam-diam. Padahal syariat melarang pernikahan beda agama
  • Menikahkan Anak Gadis Secara Paksa, Bagaimana Status Pernikahan Seperti itu?
    Tausyiah
    Selasa, 24 November 2020 - 05:00 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan menikahkan anak perempuan padahal dia tidak menyukai pernikahan itu, adalah tindakan yang bertentangan dengan prinsip agama dan logika sehat.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Mau Menikah? Ini Hadis-hadis Pernikahan yang Penting untuk Diketahui
    Tips
    Jum'at, 12 November 2021 - 18:12 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Hikmah Pernikahan Rasulullah yang Penting Diketahui Kaum Muslim
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 09:07 WIB
    Termasuk kesempurnaan mentadabburi Al-Quran dan hadis berkenaan dengan Sirah Nabawiyah adalah mengetahui hikmah pernikahan Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam.
  • Pernikahan Sang Pengantin Langit,  Hanzhalah dan Jamilah
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 13:51 WIB
    Pernikahan antara Hanzhalah dan Jamilah bertepatan dengan persiapan perang di Uhud. Sore hari menikah, maka pagi harinya, Hazhalah pergi ke medan perang. Hanya semalan berstatus suami istri, Jamillah pun mendapat gelar istri seorang syuhada.
  • Pernikahan Fitnah
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 19:18 WIB
    Ia adalah seorang tabiin yang menjadi panutan. Terkenal sebagai pakar hadits sehingga orang-orang berbondong-bondong ke majelisnya. Namun sayang, separuh hayatnya terjerat dalam cinta yang justru menjerumuskan hidup dan imannya.
  • 8 Adab Menghadiri Resepsi Pernikahan, Nomor Terakhir Sering Lupa Diamalkan
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 10:14 WIB
    Adab menghadiri pesta pernikahan wini penting, agar kedatangan kita ke acara walimatul urs tersebut berpahala dan juga memberikan pahala kepada orang yang menggelar syukuran tersebut.
  • 9 Hadis Pernikahan yang Penting Dipahami Pasangan yang akan Menikah
    Muslimah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:41 WIB
    Islam mengsyariatkan pernikahan untuk membentengi martabat manusia. Islam juga memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Musim Dingin di Pakistan saatnya Menggelar Pesta Pernikahan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 08:38 WIB
    Selama cuaca dingin antara bulan November dan Februari, jutaan orang menghadiri pernikahan setiap pekannya. Mereka bahkan punya nama untuk itu: Desemberistan.
  • Hapalan Al Quran Menjadi Mahar Pernikahan, Dari Mana Asal Muasalnya?
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:32 WIB
    Mahar diartikan sebagai harta yang diberikan suami kepada istri sebagai imbalan dan penghargaan atas kesediaanya dihalalkan untuk dinikahi. Bagaimana jika mahar itu diberikan dalam bentuk hapalan Al-Quran, boleh atau tidak?
  • Tunangan Mirip Resepsi Pernikahan, Bolehkah Hubungan Lebih Mesra?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 05:00 WIB
    Zawaj (perkawinan) merupakan aqad yang mengikat dan perjanjian yang kuat yang mempunyai batas-batas, syarat-syarat, hak-hak, dan akibat-akibat tertentu.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Idealnya Pernikahan Itu Melalui Persetujuan Ayah, Ibu dan Anaknya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 11:06 WIB
    Pernikahan yang paling baik itu harus melalui persetujuan ayah, ibu dan anaknya, sehingga tidak ada peluang untuk menjadi pembicaraan di sana sini atau menimbulkan permusuhan dan kebencian.
  • Mencari Warna Islami Pernikahan Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:51 WIB
    Sedikit kesan islami pada resepsi pernikahan Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi pada Kamis 1 Juni kemarin.
  • Pernikahan Adalah Tanda Kekuasaan Allah, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 24 September 2023 - 13:13 WIB
    Islam datang untuk mengumumkan batalnya kerahiban dan melarang hidup lajang. Islam mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah dalam kehidupan ini.
  • Sebaik-baiknya Pernikahan yang Paling Baik
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 13:43 WIB
    Sebuah pernikahan sudah pasti adalah idaman setiap muslimah. Momen yang tidak akan pernah dilupakan dan ingin dilakukan sekali seumur hidupnya. Karena ingin berkesan, maka biasanya sebuah pernikahan dilakukan dengan meriah dan serba wah.