Topik Terkait: Uang Imbalan Rp100 Juta

  • Hati-hati Jebakan Riba dalam Tradisi Tukar Uang Jelang Lebaran
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 09:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran, kaum muslimin disibukkan dengan menukar uang pecahan baru guna memenuhi kebutuhan Hari Raya. Bagaimana hukumnya?
  • Sejarah Dinar dan Dirham, Jadi Tolok Ukur dalam Menentukan Nisab Zakat
    Dunia Islam
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:39 WIB
    Sejarah dinar dan dirham amatlah panjang dan bukan dimulai dari Islam. Meski begitu, dunia Islam menganggap dinar dan dirham sebagai mata uang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Zakat Fitrah, Bolehkah Ditunaikan dalam Bentuk Uang?
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Kita sering menemukan orang-orang membayar Zakat Fitrah dengan uang yang nilainya seharga dengan makanan pokok seharihari. Apakah hal itu dibolehkan?
  • Bayazid Al-Bisthami, Uwais al-Qarni, Berhala, dan Uang
    Hikmah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 14:42 WIB
    Bayazid berseru: Aduh! Aku tidak layak hidup dengan suatu makhluk yang dianggap oleh seluruh dunia sebagai makhluk yang rendah bagaimana aku dapat mendekati Kebenaran...
  • Lebih Afdhal Mana Mengeluarkan Zakat Fitrah, Beras atau Uang?
    Tausiyah
    Sabtu, 09 Juni 2018 - 03:35 WIB
    Seiring kemajuan zaman dan kemudahan teknologi saat ini mengharuskan para ulama mujtahid kontemporer melihat lebih banyak lagi hukum syariat yang relevan dengan persoalan kekinian.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Zakat Fitrah dengan Uang, Ini Penjelasan Ustaz Somad
    Tausiyah
    Minggu, 10 Juni 2018 - 17:09 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah dalam bentuk uang? Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad dalam Buku &lsquo30 Fatwa Seputar Ramadhan&rsquo.
  • 3,7 Juta Penduduk Amerika Serikat Adalah Orang Arab
    Dunia Islam
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 09:41 WIB
    The Arab American Institute (AAI) memperkirakan 3,7 juta orang Amerika memiliki akar Arab. Nenek moyang mereka dari 22 negara di Timur Tengah dan Afrika Utara.
  • Awas Riba dalam Tradisi Tukar Uang Baru Menjelang Lebaran
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 08:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran Idulfitri umat Islam di Indonesia selalu disibukkan dengan aktivitas tukar uang baru. Bagaimana hukum menukar uang baru dalam Islam?
  • MUI: Manfaatkan Wakaf untuk Penguatan UMKM
    Dunia Islam
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:11 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam Indonesia menggunakan dana wakaf dan ZIS untuk penguatan UMKM.
  • Masjidil Haram Dikunjungi 1,5 Juta Jamaah sejak Awal Ramadhan
    Dunia Islam
    Senin, 26 April 2021 - 12:34 WIB
    Pengunjung sebanyak itu termasuk jamaah umrah.
  • Hukum Pinjam Uang di Bank Syariah: Hati-Hati Terjebak Riba
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 16:55 WIB
    Hukum pinjam uang di bank syariah masih menjadi perdebatan di antara para ulama karena ada beberapa sistem dalam bank konvensional yang diterapkan pada bank syariah.
  • Arab Saudi Terbitkan 23 Juta Izin Umrah di Bulan Ramadhan
    Dunia Islam
    Minggu, 03 April 2022 - 19:05 WIB
    Juru bicara Dinas Haji dan Umrah, Eng. kata Hisyam Al-Saeed mengatakan, warga Saudi, penduduk, dan pengunjung yang datang dari luar Kerajaan telah mendapat manfaat dari layanan penerbitan izin umrah selama bulan suci Ramadhan.
  • Baca Doa Ketika Masuk Pasar Dapat 1 Juta Kebaikan
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 10:05 WIB
    Bagaimana caranya agar dapat berkah di pasar atau di mal. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika masuk pasar.
  • Ramadhan, Puncak ISYEF Salurkan Puluhan Juta untuk Gemakan Spirit UMKM Berbasis Masjid
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Mei 2021 - 14:10 WIB
    Kelompok anak muda penggerak ekonomi Islam, ISYEF (Indonesian Islamic Youth Economic Forum) menjadikan bulan Ramadhan 1442 Hijriah sebagai milestone untuk semakin mempertajam beragam inisiatif pemberdayaan UMKM yang berbasis di masjid atau digerakkan oleh pemuda dan remaja masjid.
  • Selama Ramadhan, Masjid Al Aqsha Delatinos Bagikan Bingkisan Senilai Rp500 Juta
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 16:48 WIB
    Masjid Al Aqsha Delatinos BSD sepanjang Ramadhan 1442 Hijriah membagikan sebanyak 3.438 bingkisan senilai total Rp515.700.000. Bingkisan berisi bahan pokok ini dibagikan kepada kepada kaum dhuafa, yayasan yatim piatu, pesantren serta mereka yang menjadi subsistem pendukung kehidupan di lingkungan Delatinos BSD (mulai dari asisten rumah tangga, penyapu jalan, sekurity sampai ojek).
  • Mimpi Naik Babi, Maknanya Akan Mendapatkan Uang Banyak
    Hikmah
    Selasa, 28 September 2021 - 15:19 WIB
    Mimpi melihat babi juga menunjukkan arti keburukan, gangguan, kesombongan, atau uang haram. Namun, jika orang bermimpi menaiki babi, maka berarti ia akan mendapatkan uang banyak.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Mengajak Pemilik Harta untuk Berinvestasi
    Tausyiah
    Senin, 19 Juni 2023 - 15:16 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam mengajak kepada para pemilik harta untuk mengembangkan harta mereka dan menginvestasikannya, sebaliknya melarang mereka tidak memfungsikannya.
  • Zakat Fitrah Menurut Mazhab Syafii Tidak Dianjurkan Pakai Uang
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • Penjelasan Gus Baha tentang Uang Hasil Copet dan Judi
    Tausyiah
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 05:10 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang uang hasil copet dan judi menarik untuk disimak. Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang ini mengulasnya dari perspektif ilmu fiqih.
  • Dahsyatnya Kedermawanan Imam Syafii, Uang Rp39 Miliar Dibagi-bagikan kepada Warga
    Hikmah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 21:56 WIB
    Imam Syafii (150-204 H) tak hanya dikenal sebagai Ulama dengan level mujtahid, Imam bernama Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii ini juga dikenal sebagai sosok yang dermawan.