Topik Terkait: Berlomba Dalam Kemegahan Dunia

  • Peringatan Al-Quran Agar Tidak Bermegah-megahan
    Tausyiah
    Senin, 27 Juni 2022 - 23:58 WIB
    Gaya hidup mewah dan glamor pada zaman sekarang sudah dianggap biasa oleh sebagian orang. Inilah yang dikhawatirkan oleh Nabi Muhammad menimpa umatnya
  • Berlomba-lomba dalam Kesalehan sebagai Bekal Akhirat, Yuk Amalkan!
    Tips
    Rabu, 16 November 2022 - 11:01 WIB
    Kompetisi atau lomba yang sering dilakukan manusia biasanya hanya berorientasi dunia. Mereka berlomba-lomba dalam menggapai dunia, jabatan, harta dan kepentingan dunia lainnya. Sebaliknya, sangat jarang bahkan hampir tidak ditemukan, orang-orang yng mau berlomba-lomba dalam hal akhirat.
  • Tafsir At-Takatsur Ayat 1: Bermegah-megahan Telah Melalaikan Kamu
    Hikmah
    Rabu, 08 Desember 2021 - 17:36 WIB
    Setiap momen sholat berjamaah, surat ini sering dibaca para imam masjid. Inilah surat yang mengingatkan kita untuk tidak bermegah-megahan. Berikut tafsirnya.
  • Berlomba-lomba untuk Kompetisi Akhirat, Ini Strategi yang Bisa Diamalkan
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 10:07 WIB
    Berlomba untuk tujuan dunia sudah umum dilakukan, namun sangat jarang bahkan hampir tidak ditemukan, orang-orang yng mau berlomba-lomba dalam hal akhirat.
  • Dunia Ini Penjara Bagi Kaum Mukmin, Begini Maksudnya
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:10 WIB
    Dunia adalah penjara bagi kaum mukmin dan surga bagi orang-orang kafir. Demikian pesan Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam yang patut kita imani.
  • 2 Kiat Penting Berlomba dalam Meningkatkan Keshalihan
    Tips
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:01 WIB
    Berlomba-lomba dalam hal dunia paling banyak dilakukan manusia, seperti berkompetisi meraih jabatan, harta dan kepentingan dunia lainnya. Sebaliknya, sangat jarang yang mau berlomba-lomba dalam hal akhirat.
  • Panglima-panglima Perang Terbaik Islam dalam Sejarah Dunia
    Dunia Islam
    Kamis, 09 November 2023 - 10:12 WIB
    Panglima-panglima perang Islam dikenal sebagai yang tertangguh sepanjang masa karena mempunyai pencapaian luar biasa. Bahkan beberapa diantara mereka dikenal belum pernah kalah dalam pertempuran.
  • 8 Keutamaan Bersahabat dengan Orang Saleh, Paling Utama Selalu Berlomba dalam Kebaikan
    Tausyiah
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 11:40 WIB
    Bersahabat atau anjuran memiliki teman yang saleh tercantum dalam Al-Quran dan hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Bersahabat dengan orang-orang saleh pun memiliki banyak keutamaan.
  • Batasan Bercanda dalam Islam, Simak Baik-baik!
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:29 WIB
    Batasan bercanda dalam Islam sangat diperhatikan dengan seksama. Ada adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Bolehkah Niat Beramal untuk Tujuan Dunia?
    Muslimah
    Jum'at, 11 November 2022 - 09:14 WIB
    Dalam syariat, setiap amal perbuatan yang kita lakukan semata-mata untuk Allah, maka amal perbuatan itu untuk Allah. Sedangkan amal perbuatan yang dilakukan untuk kepentingan dunia, maka amal perbuatan tersebut semata-mata untuk dunia
  • Selain Makkah dan Madinah, 8 Kota Ini Tercantum dalam Al Quran
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 14:50 WIB
    Ada kisah-kisah dalam Al Quran yang berlatar di kota-kota yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.
  • Anjuran Berhati-hati dalam Memilih Teman, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Senin, 22 November 2021 - 08:44 WIB
    Dalam pandangan Islam, seorang teman itu layaknya cermin. Jika seorang muslimah ingin mengetahui dirinya sendiri, maka lihatlah dengan siapa muslimah berteman.
  • Hadis-hadis tentang Memuliakan Wanita dalam Islam
    Muslimah
    Senin, 15 Januari 2024 - 11:36 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita sangat dimuliakan, bahkan mulai dari ia dilahirkan hingga posisinya menjadi seorang ibu yang melahirkan. Banyak hadis yang menceritakan kedudukan dan kemuliaan seorang wanita ini.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Karomah Seorang Ibu yang Digambarkan dalam Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 09:28 WIB
    Islam sangat memuliakan sosok seorang ibu. Seorang ibu sejati hanya punya satu niat yang tulus, yaitu ingin membahagiakan anak-anaknya. Karena itu Allah memberikan karomah secara khusus kepara para ibu.
  • Bila Tak Mampu Menyeru Kebaikan, Imam Al Ghazali Menyarankan Lakukan 2 Hal Ini
    Tausyiah
    Minggu, 12 November 2023 - 08:28 WIB
    Di tengah kecamuk perang Palestina dan Israel, masyarakat dunia terbagi dua kubu, ada membela atau sebaliknya menghujat. Bagaimana sebenarnya sikap terbaik setiap muslim menghadapi kondisi seperti itu?
  • Kiat Meluruskan Niat Dalam Setiap Amalan Ibadah
    Muslimah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas hanya untuk Allah semata.
  • Rekontekstualisasi Semangat Hijrah Milenial dengan Islam Moderat
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Juli 2023 - 19:05 WIB
    Dosen UIN Alauddin Makassar, Abdul Rauf Muhammad Amin menjelaskan bahwa hijrah yang dilakukan seseorang harus memiliki pemaknaan yang kontekstual.
  • Hukum Menikah dengan Sepupu Dalam Islam
    Muslimah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 07:43 WIB
    Hukum menikah dengan sepupu di dalam Islam diperbolehkan, karena tidak terdapat larangan di Al-Quran maupun As-sunnah al-Maqbullah.
  • Menjadi Istiqamah dalam Ketaatan Setelah Ramadhan Berlalu
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:00 WIB
    Ramadhan akan segera berlalu, dan merupakan karunia besar bagi hamba-hamba yang beriman adalah bisa bertemu dengan Ramadhan serta dapat menyempurnakan ibadah di dalamnya hingga akhir bulan Ramadhan