Topik Terkait: Adab Makan Sesuai Sunnah Rasul

  • Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasul
    Tips
    Kamis, 03 Februari 2022 - 16:55 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah, seperti puasa Rajab dan Senin Kamis ini
  • Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah
    Tips
    Selasa, 13 April 2021 - 13:31 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Untuk berbuka ini, ada cara berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah.
  • Inilah Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunah Rasul
    Tips
    Minggu, 19 Maret 2023 - 09:25 WIB
    Waktu yang paling ditunggu-tunggu pada saat bulan Ramadan adalah waktu berbuka puasa. Saking senangnya menyambut waktu berbuka ini, banyak cara dilakukan untuk menanti datangnya waktu berbuka ini.
  • Mengapa Dilarang Meniup Makanan atau Minuman Panas? Ini Rahasia Sunnahnya!
    Hikmah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:03 WIB
    Dalam Islam, kita dilarang meniup makanan atau minuman yang panas. Kenapa ada larangan seperti itu? Ternyata ada rahasia besar dibalik sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tersebut.
  • Meneladani Adab dan Gaya Hidup Rasulullah Soal Makanan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 07:45 WIB
    Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam adalah teladan bagi seluruh umat manusia. Kehidupan beliau adalah paket lengkap sebagai teladan , termasuk adab dan gaya hidup Rasulullah dalam soal makanan.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Melaksanakan Salat Sunnah Rawatib sesuai Petunjuk Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 10:06 WIB
    Salat rawatib adalah salat sunnah yang dikerjakan sebelum (qobliyah) dan sesudah (badiyah) salat fardhu (wajib). Ada perbedaan penafsiran dari ulama mengenai total jumlah rakaatnya.
  • Sunnah Rasul untuk Para Suami yang Bikin Romantis, Yuk Amalkan
    Muslimah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 16:52 WIB
    Dalam banyak riwayat Rasulullah Shallallahu allaihi wa sallam memberi tips romantis terhadap istri ketika menjalani rumah tangga. Banyak sunnah Rasul yang ringan dilakukan dan baik diamalkan oleh para suami.
  • Sunnah-sunnah Ketika Makan yang Sering Terlupakan
    Muslimah
    Jum'at, 20 November 2020 - 12:50 WIB
    Di era saat ini, banyak umat Islam yang melupakan atau meninggalkan sunnah-sunnah makan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad tersebut. Bahkan cenderung meremehkan dan menganggapnya bukanlah satu hal urgent dan mendasar.
  • Tuntunan Iktikaf Sesuai Al Quran dan Sunnah Rasul
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 08:56 WIB
    Tuntunan Iktikaf sesuai Al Quran dan sunnah penting diketahui umat Muslim. Terlebih, saat ini sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadan.
  • 10 Adab dan Tata Krama Buang Air Sesuai Sunah Rasulullah SAW
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 12:21 WIB
    Sebagai muslim, salah satu adab yang harus diperhatikan ialah adab ketika buang air, baik itu buang air kecil maupun buang air besar.
  • Tata Cara Bersiwak Sesuai Sunnah Rasulullah dan Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:30 WIB
    Memakai siwak (bersiwak) merupakan salah satu kesukaan Rasulullah shollallohu alaihi wasallam. Berikut tata cara bersiwak sesuai sunnah dan keutamaannya.
  • Asal Usul Sunnah Rasul di Hari Jumat dan Hari-Hari Ketika Jimak Menjadi Makruh
    Tips
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:34 WIB
    Hubungan intim suami istri di Kamis malam Jumat dan pada hari Jumat dipahami banyak umat Islam sebagai sunnah Rasul. Imam Ghazali bahkan membuat daftar hari-hari dimakruhkannya jimak
  • Sunnah Rasul Malam Jumat Salah Satunya Jima, Benarkah?
    Tausyiah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 18:20 WIB
    Kita patut bersyukur karena Allah memuliakan Jumat dengan banyak keberkahan di dalamnya. Benarkah Jima termasuk salah satu Sunnah Rasul malam Jumat?
  • Tidur Siang, Sunnah Rasul yang memiliki Banyak Manfaat
    Tips
    Selasa, 11 Januari 2022 - 09:48 WIB
    Tidur siang ternyata merupakan sunnah Rasul. Tidur ini disebut tidur qailulah atau di siang hari dan aktivitas tersebut selalu dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sudah pasti memiliki manfaat.
  • Istighfar dan Doa Sayidul Istighfar Sesuai Sunnah Rasul
    Tausyiah
    Senin, 18 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Dalam sebuah hadis, umat muslim dianjurkan untuk berdoa dengan sayyidul istighfar setiap selesai salat sebanyak tiga kali, sebagaimana Rasul mencontohkannya.
  • 3 Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 05 April 2021 - 13:44 WIB
    Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari. Doa berbuka puasa yang diamalkan oleh masyarakat Islam selama ini ada dua lafaz. Keduanya sama-sama baik dan dapat diamalkan.
  • 10 Adab Makan Rasulullah SAW yang Patut Diteladani
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:27 WIB
    Adab dan cara makan Rasulullah penting diteladani seluruh umat Islam di dunia. Selain terdapat keberkahan, mengikuti cara makan Rasulullah terbukti bermanfaat bagi kesehatan.
  • Begini Doa Saat Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 06:00 WIB
    Ada suatu keanehan sebagaimana dikemukakan dalam al-Fath (Fathul-Bari), yaitu adanya sebagian orang yang menganggap musykil mendoakan kesembuhan si sakit. Mengapa?
  • Pentingnya Mengajarkan Adab Makan Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 13:10 WIB
    Adab makan ini perlu diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Sebenarnya adab makan ini bukan hanya perlu bagi anak, kita orang dewasa juga perlu memperhatikan adab ini.
  • Benarkah Berpelukan Saat Bertemu Disunnahkan?
    Hikmah
    Minggu, 25 Februari 2024 - 13:01 WIB
    Sering kita melihat sesama muslim ketika dia bertemu berpelukan dan benarkah berpelukan ketika bertemu adalah sunnah? Bagaimana dalilnya?