Kumpulan Artikel: Ramadhan 1441 H (halaman 2)

  • Imam Ghazali: Lailatul Qadar Ramadhan Tahun Ini Turun 20 Mei
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 17:29 WIB
    Malam seribu bulan atau Lailatul Qadar insya Allah jatuh hari Rabu, 20 Mei 2020 atau malam ke-27 Ramadhan. Ini jika mengacu hitungan Imam Al-Ghazali.
  • Keutamaan Sahur, Salah Satunya Didoakan Para Malaikat
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Salah satu sunnah dan adab Ramadhan adalah bersahur sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Apa saja keutamaan bersahur ini hingga Nabi sangat menganjurkannya?
  • Hasil Tobat Diketahui dari Kerinduan yang Muncul
    Tausyiah
    Kamis, 30 April 2020 - 09:25 WIB
    Pandemi Covid-19 hendaknya membuat kita introspeksi diri. Namun, masing-masing orang punya cara berbeda dalam memahaminya. Ada yang menganggap ini sebagai musibah, cobaan, pelajaran, bahkan pencucian dunia.
  • Puasa Membentuk Kesalehan Individu dan Sosial
    Tausyiah
    Kamis, 30 April 2020 - 08:01 WIB
    Momentum Ramadhan di tengah situasi pandemi Covid-19 memberikan hikmah tersendiri bagi umat Islam. Anjuran untuk tinggal di rumah membuat setiap keluarga muslim memiliki kesempatan untuk lebih banyak mengerjakan ibadah secara berjamaah.
  • Meninggal Dunia, Apakah Masih Punya Kewajiban Puasa?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 17:15 WIB
    Apabila seseorang meninggal dunia di bulan Ramadhan, apakah masih punya kewajiban puasa? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan (dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) mengenai hal ini.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Ramadhan di Tengah Pandemi, Fokus Beribadah dan Bercermin Diri
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 11:07 WIB
    Bulan Ramadhan telah dimulai kemarin, tapi dengan banyaknya masjid yang ditutup akibat lockdown selama wabah virus corona Covid-19, Ramadhan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
  • Meraih Rahmat lewat Ramadhan Istimewa
    Tausyiah
    Rabu, 29 April 2020 - 08:02 WIB
    Menjalankan ibadah puasa Ramadhan di tengah situasi pandemi Covid-19 memberikan hikmah tersendiri bagi umat Islam.
  • Berpuasa Ketika Safar, Tetap Puasa Atau Berbuka?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 03:45 WIB
    Bagaimana hukum berpuasa ketika Safar (dalam perjalanan)? Apakah tetap berpuasa atau berbuka? Berikut penjelasan yang dinukil dari beberapa Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (5)
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 07:15 WIB
    Untuk menambah pengetahuan dan ilmu seputar puasa, berikut kumpulan hadis Nabi seputar Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.
  • Raih Kemuliaan dengan Berbagi kepada Sesama
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 07:15 WIB
    Ramadhan juga merupakan ajang bagi setiap pribadi muslim untuk meningkatkan kesalehan sosial dengan cara peduli kepada sesama yang membutuhkan.
  • Ramadhan Seru Bersama Askar Kauny
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 05:30 WIB
    Meski dalam suasana pandemik Covid-19, Yayasan Askar Kauny (YAK) menggelar berbagai agenda online untuk menghidupkan Ramadhan di Indonesia.
  • Sahkah Puasa Orang yang Berimsak dalam Kondisi Junub?
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 04:00 WIB
    Banyak pertanyaan yang muncul seputar fiqih puasa. Salah satunya tentang puasa orang yang berimsak dalam kondisi junub. Bagaimana hukumnya dalam pandangan syariat?
  • Ramadhan, Bulan Kebahagiaan Bagi para Perindu Ampunan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 23:17 WIB
    Tausiyah Ustaz Salim A Fillah (dai yang juga penulis buku-buku Islami) ini bisa jadi motivasi bagi mereka yang merindukan ampunan di bulan Ramadhan.
  • Bagaimana Hukum Orang yang Tidak Puasa Ramadhan Tanpa Uzur?
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 17:10 WIB
    Syariat Islam memberi perhatian besar terhadap kewajiban puasa Ramadhan karena termasuk rukun Islam. Bagaimana hukum orang yang tidak puasa Ramadhan tanpa uzur syari?
  • 11 Adab Membaca Al-Quran, Yuk Amalkan!
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 16:19 WIB
    Di bulan Ramadhan ini ada satu amalan yang dicintai Allah yaitu tadarus dan membaca Al-Quran. Sebelum membaca Al-Quran, ada baiknya kita mempelajari adab-adabnya.
  • Pandemi Corona dan Ujian Ketakwaan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 08:35 WIB
    Keterangannya menjelaskan bahwa pandemi virus corona yang tengah melanda dunia global saat ini adalah bagian dari ujian Allah SWT.
  • Sedekah Jangan Memicu Kerumunan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 08:14 WIB
    Umat Islam selalu menjadikan bulan Ramadhan sebagai ladang untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satunya melalui cara bersedekah kepada sesama yang membutuhkan.
  • Inilah 6 Pembatal Puasa Menurut Mazhab Syafii
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 04:00 WIB
    Setiap muslim diwajibkan mengetahui ilmu fiqih termasuk perkara-perkara yang membatalkan puasa. Dalam Mazhab Syafii, ada 6 perkara yang membatalkan puasa.
  • Doa Kamilin Usai Salat Tarawih
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 20:18 WIB
    Setiap malam-malam Ramadhan kita sering mendengar bacaan doa seusai Salat Tarawih di masjid dan mushalla. Doa ini dikenal dengan nama Doa Kamilin atau doa kesempurnaan iman.
  • Inilah Sahabat yang Khatam Al-Quran dalam Satu Rakaat Salat
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 19:00 WIB
    Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran dan mengkhatamkannya. Itulah sebabnya Ramadhan dijuluki sebagai Syahrul Quran (bulannya Al-Quran).