Topik Terkait: Sumatera Barat

  • Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445 H Wilayah Padang Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 15:23 WIB
    Berikut ini jadwal imsakiyah hasil hisab Oman Fathrohman SW, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah untuk wilayah Padang, Sumatera Barat, dan sekitarnya.
  • Kloter 1 Calhaj Jawa Barat asal Garut Tiba di Asrama Haji Bekasi
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 15:47 WIB
    Kloter pertama calon jemaah haji (calhaj) Jawa Barat yang berasal dari Kabupaten Garut tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Kota Bekasi, Selasa (23/5/2023) siang. Ratusan calhaj ini selanjutnya melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan dokumentasi terakhir sebelum berangkat ke Mekkah, Arab Saudi.
  • Peringatan Wafatnya Jalaluddin Rumi: Dikenal sebagai Penyair Sekuler di Barat
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 15:18 WIB
    umi menulis karya besarnya, Masnavi, sebuah puisi sepanjang 50.000 baris, yang ditulis dalam bait dan kuatrain berima tentang kerinduan seumur hidup untuk mencari Tuhan.
  • Abbas Bin Firnas, Inspirator Ilmuwan Barat untuk Kembangkan Pesawat
    Dunia Islam
    Minggu, 14 November 2021 - 18:47 WIB
    Keberhasilan Abbas bin Firnas (Ibnu Firnas) menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 telah memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat.
  • Program Kemaslahatan BPKH RI untuk 11 Penerima Manfaat di Jawa Barat dan Banten
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 14:18 WIB
    Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia atau BPKH RI meresmikan dua Program Kemaslahatan yaitu pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di Jawa Barat.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Prof Agus Purwanto Ungkap Ini Mengapa Negara Islam Kalah dengan Barat
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 20:48 WIB
    Maka ke depan, umat Islam harus melakukan kajian intensif terhadap Al Quran yang menyebutkan tentang alam, dan umat Islam juga harus melakukan pengkajian terhadap alam itu sendiri.
  • 92,8 Persen Jemaah Haji Jawa Barat Pilih Nafar Awal, Maktab Mina Jadid Sepi
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 04:29 WIB
    Sebagian besar jemaah haji asal Jawa Barat yang menempati sejumlah maktab di Mina Jadid memutuskan mengambil Nafar Awal.
  • Arah Baru Memandang Al Masih Sebabkan Krisis Keimanan di Barat
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Januari 2023 - 12:11 WIB
    Murad Wilfred Hoffman menyebut arah baru memandang Al Masih (peran dan tabiatnya) dalam agama Kristen menyebabkan krisis keimanan di Barat. Bagaimana dengan Umat Islam?
  • Politisi Anti-Islam yang Mualaf Ini Bilang Kompas Moral Barat Telah Hilang
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 05:59 WIB
    Kompas moral dan agama Barat telah hilang, ujar Joram van Klaveren mengomentari insiden pembakaran Al-Quran di Swedia dan negara Eropa lainnya. Apa maksudnya?
  • Abu Rahyan alias Al-Biruni, Ilmuwan Jenius yang Dikagumi Dunia Barat
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:25 WIB
    Muhammad bin Ahmdan atau Abu Rahyan atau dikenal Al Biruni atau Al Bairuni (973-1048) adalah sosok ilmuwan muslim yang diakui kehebatan dan kejeniusannya oleh para ilmuwan barat modern.
  • Pandangan Ilmuwan Barat Tentang Sosok Nabi Muhammad
    Hikmah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Nabi Muhammad SAW tak hanya dikagumi umatnya sendiri, tetapi juga mendapat pujian dan pengakuan dari pemikir dan ilmuwan barat yang notabene non muslim.&nbsp
  • Israel Bertekad Penghapusan Total Orang-Orang Palestina dari Gaza dan Tepi Barat
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 08:47 WIB
    Satu dokumen mengungkap rencana Israel mengusir warga Arab dari Gaza dan Tepi Barat. Serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober, akan dimanfaatkan untuk kepentingan itu.
  • Karomah Abul Hasan Asy-Syadzili, Sang Sufi Dunia Timur dan Barat (2)
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:03 WIB
    Berikut lanjutan kisah ulama besar sufi yang masyhur di dunia Timur dan Barat sebagaimana disampaikan Dai asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.
  • Jamaah Tarekat Syattariyah Sumatera Barat Baru Memulai Puasa Ramadhan Besok
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 23:08 WIB
    Jamaah Tarekat Syattariyah Kabupaten Agam Sumatera Barat (Sumbar) baru memulai puasa Ramadhan besok, Kamis (15 April 2021). Kepastian ini setelah melakukan hisab takwin.
  • Abul Hasan Asy-Syadzili, Sang Sufi Dunia Timur dan Barat (1)
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:44 WIB
    Dai asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri menceritakan kisah ulama besar sufi yang masyhur di dunia Timur dan Barat saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.
  • Raja Charles III Pernah Bilang Barat Perlu Lebih Memahami Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Juni 2023 - 18:05 WIB
    Raja Charles III jauh-jauh hari telah berbicara tentang perlunya orang-orang di Barat untuk lebih memahami Islam. Menurutnya, ada banyak kesalahpahaman di Barat tentang sifat Islam.
  • Begini Profil Satelit Iran Soraya yang Dikhawatirkan Barat
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Peluncuran satelit itu merupakan langkah teranyar Iran dalam program yang dikhawatirkan Barat bakal meningkatkan akurasi dan kemampuan rudal balistik Teheran.
  • Kebiadaban Israel, Prof Takahashi: Barat Hanya Bisa Menyalahkan Kesombongan Mereka Sendiri
    Dunia Islam
    Jum'at, 19 Januari 2024 - 13:48 WIB
    Karena kemunafikan pemerintah negara-negara Barat (dan elit politik Barat secara keseluruhan) akhirnya membawa apa yang disebut sebagai tatanan dunia berbasis aturan yang mereka anggap tidak bisa kembali lagi
  • Menag Yaqut Ingin Jamaah Haji Jateng Barat-Selatan Berangkat lewat Kertajati
    Dunia Islam
    Senin, 29 Mei 2023 - 11:46 WIB
    Tahun depan Menag Yaqut Cholil Qoumas menginginkan agar Bandara Kertajati tak hanya menampung jamaah asal Jawa Barat bagian utara saja tapi juga dari Jateng.
  • Matahari Terbit dari Barat Saat Tobat Tertolak,  Tanda Pertama Kiamat
    Tausyiah
    Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan sejumlah hadits yang menjelaskan tentang 10 tanda-tanda menjelang kiamat. Menurutnya, tanda-tanda kiamat pertama adalah matahari terbit dari barat