Kumpulan Artikel: Puasa Ramadhan (halaman 3)

  • Ciri-ciri Puasa Ramadan Diterima Allah SWT
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 17:52 WIB
    Ciri-ciri puasa Ramadan yang kita jalankan diterima Allah Subhanahuwa taala, penting diketahui dan dipahami umat Muslim.Apa saja ciri dan tanda-tandanya? Bagaimana dalilnya?
  • Pahala Puasa Ramadan yang Sudah Dijanjikan Allah kepada Umat Muslim
    Hikmah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 09:38 WIB
    Puasa Ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan dan pahala yang luar biasa.
  • Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadan dengan Puasa Senin Kamis?
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 10:41 WIB
    Bolehkah berniat mengqadha (ganti) puasa Ramadan dengan puasa sunnah Senin-Kamis? Bagaimana hukumnya? Menurut para ulama, mengqadha (mengganti) puasa Ramadan dapat digabung dengan puasa sunnah.
  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Niat Puasa Ramadhan Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 22:59 WIB
    Niat puasa Ramadhan bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris menjadi informasi penting bagi umat Islam. Sekadar info, Puasa Ramadhan 1445 Hi akan jatuh antara tanggal 11 atau 12 Maret 2024.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Tata cara dan niat puasa qadha Ramadan di bulan Syawal penting diketahui setia muslim. Apalagi, bila mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan berarti berhutang kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Hukum Menggabung Puasa 6 Hari Syawal dan Qada Ramadan Berikut Niatnya
    Tips
    Sabtu, 22 April 2023 - 09:37 WIB
    Salah satu ibadah yang dianjurkan setelah puasa Ramadan adalah menunaikan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal. Puasa sunnah ini memiliki keutamaan dan pahala besar.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (13): Puasa Ajarkan Kejujuran pada Diri Sendiri
    Tausyiah
    Minggu, 16 April 2023 - 00:40 WIB
    Keberkahan puasa Ramadan sejatinya dapat mengajarkan kejujuran pada diri sendiri. Apa yang dinampakkan secara lahir harusnya selaras dengan kata batin.
  • Benarkah Olahraga Berenang Bisa Membatalkan Puasa?
    Muslimah
    Minggu, 09 April 2023 - 06:07 WIB
    Menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa sangat dianjurkan dengan tetap rajin berolahraga, salah satu olahraga yang favorit dilakukan adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Rasa Bahagia Saat Berpuasa yang Jarang Disadari
    Hikmah
    Minggu, 09 April 2023 - 03:04 WIB
    Ada kebahagiaan yang dimiliki orang yang tengah berpuasa apalagi di bulan Ramadan, sayangnya kebahagiaan tersebut seringkali diabaikan
  • Begini Aturan Pembayaran Fidyah bagi Perempuan Hamil dan Menyusui
    Tips
    Jum'at, 07 April 2023 - 09:11 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya saja, ia berkewajiban meng-qadha atau membayar fidyah.
  • 3 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa
    Tips
    Kamis, 06 April 2023 - 09:07 WIB
    Ramadan merupakan bulan mulia berlimpahnya pahala, karena itu umat Islam dari belahan dunia berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala.
  • Kisah Sahabat Nabi yang Batal Puasa karena Lihat Istri
    Hikmah
    Selasa, 04 April 2023 - 02:10 WIB
    Ada riwayat yang mengkisahkan sikap Rasulullah shallalalhu alaihi wa sallam terhadap seorang sahabat yang membatalkan puasa Ramadannya karena tidak kuat melihat istrinya.
  • Pengertian Fidyah, Kriteria dan Cara Membayarnya
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 08:05 WIB
    Fidyah adalah keringanan yang diberikan Allah kepada umat Islam yang tidak dapat menjalankan puasa Ramadan karena alasan syariat atau uzur syari.
  • Ingin Puasanya Selamat? Jauhi Perkara yang Satu Ini
    Tausyiah
    Senin, 03 April 2023 - 03:05 WIB
    Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus saja. Pahala puasanya hangus dan berakhir sia-sia. Ini salah satu penyebabnya.
  • Perkara-Perkara yang Harus Dihindari Muslimah agar Puasa Ramadan Tidak Sia-Sia
    Muslimah
    Sabtu, 01 April 2023 - 03:05 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, selain menunaikan kewajiban, kita juga berharap pahala dari Allah subhanahu wa taala. Namun, jika puasa tidak bernilai pahala, tentu akan sangat melelahkan dan sia-sia
  • Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Ramadan Sesuai Sunnah
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 15:53 WIB
    Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh memerlukan stamina dan kondisi tubuh yang prima. Nah, agar kita dapat menjaga tubuh tetap sehat, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (4): Bulan Menempa Karakter dan Akhlak Mulia
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 00:21 WIB
    Di antara keberkahan Ramadan yang tidak kalah pentingnya adalah dipersiapkan sebagai bulan untuk menempa karakter kemanusiaan kita. Karakter yang dimaksud adalah akhlak mulia.
  • Cara dan Niat Fidyah Ibu Menyusui
    Muslimah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 08:02 WIB
    Cara dan niat fidyah puasa ibu menyusui ini penting untuk diketahui kaum muslimah yang sudah menjadi seorang ibu. Fidyah sendiri adalah ibadah yang berkaitan dengan harta, sehingga disyaratkan niat dalam pelaksanaannya.
  • Umat Nasrani dan Yahudi Pada Awalnya Berpuasa di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Senin, 27 Maret 2023 - 17:27 WIB
    Puasa merupakan ritus kuno bagi beragam agama jauh sebelum Nabi Muhammad SAW menyebarkan Islam. Umat Nasrani dan Yahudi dulunya berpuasa di bulan Ramadan.