Topik Terkait: Alquran Kuno

  • Arab Saudi Temukan Sisa-Sisa Tempat Tinggal di Situs Kuno Asir
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 15:06 WIB
    Saudi Heritage Commission atau Komisi Warisan Saudi mengungkap temuan arkeologi terbaru di situs kuno Jerash di wilayah Asir, tenggara Khamis Mushayt.
  • IBBQ Gelar Kembali 2 Kelas Pembelajaran Alquran di Bandung
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 09:15 WIB
    Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) kembali menggelar pembelajaran Alquran sebanyak 2 kelas di Bandung pada Sabtu, 11 Juni 2022.
  • Melihat Al-Quran Tulisan Tangan yang Masih Terjaga Rapi di Museum Subkoss
    Dunia Islam
    Kamis, 22 April 2021 - 08:30 WIB
    Rasa kagum sekaligus takjub menyelimuti pengunjung yang melihat langsung Mushaf Al-Quran peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam di Museum Subkoss Sriwijaya di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.
  • Bersama DWP Kementerian Kesehatan, Eka Hospital Wakafkan Alquran
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 23:35 WIB
    Eka Hospital Group di bawah naungan Sinar Mas (APP Sinar Mas) mewakafkan ribuan kitab suci Alquran, bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Jumat (22/4/2022).
  • Shannah: Metode Kuno Menyimpan dan Mengawetkan Kurma di Jazirah Arab
    Dunia Islam
    Minggu, 03 Maret 2024 - 09:09 WIB
    Di Al-Ula dan Semenanjung Arab yang lebih luas, metode kuno dalam menyimpan dan mengawetkan kurma, dikenal sebagai shannah. Shannah dibuat dari kulit domba merupakan elemen penting dalam proses penyimpanan kurma.
  • Mengenal Pengatur Suhu Ruangan di Kota Kuno Yazd Iran
    Dunia Islam
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 18:12 WIB
    Penangkap angin, yang disebut badgir dalam bahasa Persia, hanyalah salah satu keajaiban teknik yang dikembangkan penduduk di kota kuno di Iran bagian tengah ini.
  • Sejarah Turunnya dan Tujuan Pokok Alquran
    Syiar
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 09:04 WIB
    Islam sebagai the way of life merupakan ajaran yang memberikan petunjuk, arah, dan aturan (syariat) pada semua aspek kehidupan manusia guna memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  • Isi Kegiatan Ramadhan, Puluhan Warga Binaan Rutan Salatiga Khatamkan Alquran
    Dunia Islam
    Selasa, 05 April 2022 - 14:53 WIB
    Warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga mengisi kegiatan Ramadhan dengan membaca Alquran. Bahkan puluhan warga binaan mengkhatamkan 30 juz pada Selasa (5/4/2022)
  • Kisah Perempuan yang Selalu Berbicara dengan Bahasa Alquran
    Hikmah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 21:27 WIB
    Dalam Kitab Syarah &lsquoUqudullijain karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan banyak kisah-kisah para Nabi, aulia dan perempuan salehah.
  • Warga GTP Depok Gelar Khataman Alquran di Tengah Suasana Pedesaan Leuwiliang Bogor
    Dunia Islam
    Senin, 20 Februari 2023 - 20:43 WIB
    Umat muslim menggelar beragam kegiatan atau acara demi menyambut bulan Ramadhan tahun 2023. Salah satunya warga Perumahan Griya Telaga Permai (GTP) Depok yang tergabung dalam majelis Ngaji Yuk menggelar program unik khataman Alquran di alam pedesaan pada akhir pekan.
  • Yayasan Muslim Sinarmas Bersinergi dengan ICMI Wakafkan 2.000 Mushaf Alquran
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:08 WIB
    Alquran merupakan kitab suci umat Islam dan sangat dibutuhkan, apalagi di bulan suci Ramadan. Bertadarus Alquran sambil memaknai arti dan makna dari isi itu.
  • Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (3)
    Tausiyah
    Senin, 16 Desember 2019 - 15:20 WIB
    Sebelumnya telah dipaparkan ulama yang menyatakan pahala bacaan Alquran sampai kepada mayit. Adapun ulama yang mengatakan pahala bacaan Alquran tidak sampai kepada mayit yaitu:
  • Doa Menghafal Alquran
    Tausiyah
    Selasa, 29 Juli 2014 - 20:30 WIB
    Menghafal Alquran berbeda dengan menghafal lainnya, karena dalam menghafal Alquran, tidak diperbolehkan berbeda secara redaksional dalam membacanya. Penghafal Alquran disebut hafiz. Hafiz yang secara kata kerjanya adalah kata hafaza (menjaga alquran).
  • Sejarah Singkat Perkembangan Ilmu Tafsir Al-Quran (1)
    Hikmah
    Minggu, 11 April 2021 - 09:02 WIB
    Perkembangan awal tafsir Al-Quran sejatinya telah diawali semenjak turunnya Al-Quran itu sendiri. Sejarah ini diawali dengan diutusnya Nabi Muhammad sebagai pengemban risalah.
  • 4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alquran
    Hikmah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Tilawah memiliki tiga arti yaitu membaca, memahami dan mengamalkan. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan ada empat keutamaan bagi mereka yang bisa dan suka tilawah Quran.
  • Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (2)
    Tausiyah
    Jum'at, 13 Desember 2019 - 19:22 WIB
    Salah satu khilafiyah yang sering dibicarakan masyarakat adalah masalah mengirim pahala bacaan Alquran untuk mayit. Berikut Ulama yang mengatakan pahala bacaan Alquran sampai kepada mayit.
  • Masjid Wotgaleh, bangunan kuno yang jadi favorit
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 09:09 WIB
    Bangunan dengan arsitektur khas Keraton Yogyakarta, sampai saat ini terlihat masih tetap terjaga di Masjid Wotgaleh. Bahkan, masyarakat sekitarnya tetap menjadikan masjid tersebut sebagai tempat favorit dalam melakukan kegiatan keagamaan.
  • Alasan Mengapa Al-Quran Dibaca dengan Suara Merdu dan Indah
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 17:36 WIB
    Membaca Al-Quran dengan irama dan lantunan indah merupakan perkara yang sangat dianjurkan. Berikut alasannya sebagaimana disebutkan dalam banyak riwayat Hadis.
  • Benarkan Membaca Kitab Suci Tanpa Tahu Artinya Bak Keledai?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 14:40 WIB
    Al-Quran dianjurkan untuk dibaca siapa saja di antara orang-orang beriman, meski tidak mengerti artinya. Membaca Al-Quran dinilai sebagai ibadah.
  • Quraish Shihab: Al-Quran Menganjurkan Pembaruan
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 15:40 WIB
    Masyarakat yang ideal akan terus-menerus berubah dan berkembang menuju kesempurnaannya. Al-Quran juga menganjurkan pembaruan atau tajdid, atau istilah lainnya modernisasi atau reaktualisasi.