Kumpulan Artikel: Pembatal Puasa

  • 3 Cara Cebok yang Membatalkan Puasa, Umat Muslim Wajib Tahu
    Hikmah
    Rabu, 03 April 2024 - 04:02 WIB
    Terdapat tiga cara cebok yang dapat membatalkan puasa. Mungkin hal ini merupakan hal yang jarang diketahui oleh setiap muslim, padahal bersuci yang dikenal dengan istilah istinja ini adalah hal penting.
  • Tindakan-tindakan yang Mengurangi Pahala Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 04:10 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, ternyata ada tindakan-tindakan yang kita lakukan bisa mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa. Tindakan apa saja itu?
  • Perbuatan Sehari-hari yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 09:14 WIB
    Menunaikan puasa Ramadan, selain sebagai kewajiban umat Islam salah satu fungsinya adalah menahan hawa nafsu. Namun dalam praktiknya, ternyata ada perbuatan-perbuatan yang tanpa sadar dilakukan justru bisa membatalkan puasa
  • Pembatal Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:52 WIB
    Ketika menjalankan puasa Ramadan, ada beberapa hal yang wajib diketahui terutama dalam perkara pembatal puasa wajib tersebut. Mengapa demikian?
  • Mimpi Basah saat Puasa Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Lengkapnya
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 03:05 WIB
    Mimpi basah saat puasa apakah membatalkan puasa? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh setiap muslim, mengingat mengeluarkan air mani secara sengaja memang akan membuat puasa batal.
  • 8 Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Dalilnya
    Tips
    Sabtu, 30 September 2023 - 08:21 WIB
    Ada hal-hal yang dapat membatalkan puasa beserta dalilnya yang penting diketahui, karena terkait pelaksanaaan ibadah puasa baik puasa wajib mauapun puasa sunah yang dilakukan kaum muslim.
  • 5 Perkara yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 10:00 WIB
    Selain menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat Islam juga semestinya mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasanya.
  • Kisah Sahabat Nabi yang Batal Puasa karena Lihat Istri
    Hikmah
    Selasa, 04 April 2023 - 02:10 WIB
    Ada riwayat yang mengkisahkan sikap Rasulullah shallalalhu alaihi wa sallam terhadap seorang sahabat yang membatalkan puasa Ramadannya karena tidak kuat melihat istrinya.
  • Ingin Puasanya Selamat? Jauhi Perkara yang Satu Ini
    Tausyiah
    Senin, 03 April 2023 - 03:05 WIB
    Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus saja. Pahala puasanya hangus dan berakhir sia-sia. Ini salah satu penyebabnya.
  • 10 Larangan Saat Puasa Ramadan, Nomor Terakhir Sering Diperdebatkan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 03:02 WIB
    Puasa Ramadan tidak hanya sebatas menahan makan dan minum saja. Ada banyak larangan yang harus dijauhi agar puasa kita bernilai di sisi Allah. Berikut 10 larangan saat puasa Ramadan.
  • Catat ! Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadan dan Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 08:43 WIB
    Ada hal-hal yang dapat membatalkan puasa yang penting diketahui, karena terkait pelaksanaaan ibadah puasa Ramadan yang akan dijalani kaum muslim. Hal apa saja yang bisa membatalkannya?
  • Kisah Hikmah : Batal Puasa karena Lihat Istri
    Hikmah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:32 WIB
    Syariat yang Allah Subhanahu wa taala turunkan kepada umat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tidak untuk menyulitkan. Justru sebaliknya. Allah Taala menjadikan ketetapan-Nya agar sesuai dengan kemampuan setiap orang.
  • Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:36 WIB
    Apakah menangis membatalkan puasa Ramadhan? Karena bukan tidak mungkin, kondisi emosional seseorang bisa membuat dirinya menangis, padahal ia tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan.
  • Berniat Batalkan Puasa, Sahkah Ibadah Puasanya?
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 15:30 WIB
    Setiap muslim perlu mengetahui ilmu fiqih termasuk perkara yang membatalkan puasa Ramadhan. Pertanyaannya, sahkah ibadah puasanya jika berniat membatalkan puasa?
  • Begini Beban Berat Puasa Sebelum Turun Surat Al-Baqarah Ayat 187
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:10 WIB
    Sebelum turun surat Al-Baqarah ayat 187, ketentuan puasa tidaklah seperti sekarang ini. Puasa nyaris sehari semalam. Buka puasa dalam rentang waktu Maghrib sampai Isya.
  • Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 15:51 WIB
    Bila seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Membersihkan Telinga Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?
    Tips
    Jum'at, 23 April 2021 - 08:05 WIB
    Membersihkan telinga adalah aktivitas yang lazim dilakukan setelah mandi. Apakah membersihkan telinga ketika puasa Ramadhan membatalkan puasa?