Topik Terkait: Niat Zakat Fitrah

  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 15:39 WIB
    Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga perlu diamalkan umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya. Berikut bacaannya lengkap terjemahan,
  • Ketentuan Zakat Fitrah: Lebih Utama Beras atau Uang?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • Doa dan Niat Menyerahkan Zakat Fitrah Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Sabtu, 16 April 2022 - 00:05 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim adalah menunaikan zakat fitrahnya. Karena sesungguhnya puasa Ramadhan tergantung di antara langit dan bumi, dan tidak akan terangkat melainkan dengan zakat fitrah.
  • Inilah Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 08:03 WIB
    Zakat fitrah diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan di bulan Ramadan menjelang Idul Fitri. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat fitrah ini?
  • Hindari Waktu Ini Ketika Menyerahkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 03:05 WIB
    Menunaikan zakat fitrah pada bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim. Berikut ini waktu yang harus dihindari ketika menyerahkan zakat fitrah.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Hukum Zakat Fitrah Bagi Bayi dan Janin dalam Kandungan
    Tips
    Jum'at, 29 April 2022 - 22:27 WIB
    Membayar zakat fitrah hukumnya wajib bagi semua umat Islam. Lalu bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 23:48 WIB
    Niat zakat fitrah perlu diketahui umat muslim yang akan menunaikan kewajibannya. Untuk diketahui, puasa Ramadhan tidak akan terangkat kecuali dengan menunaikan zakat fitrah.
  • 5 Golongan yang Tidak Boleh Menerima Zakat Fitrah
    Tips
    Jum'at, 29 April 2022 - 11:08 WIB
    Dalam aturan syariat, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, sedangkan yang tidak boleh atau tidak berhak ada lima golongan. Siapa saja mereka?
  • Saatnya Membayar Zakat Fitrah dan Golongan yang Berhak Menerimanya
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 10:25 WIB
    Bulan Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir. Bagi setiap muslim, setelah melaksanakan puasa, ada lagi kewajiban yang harus ditunaikan dalam bulan Ramadan ini, yakni membayar zakat fitrah
  • BAZNAS Alokasikan Rp9,5 Miliar untuk Pendistribusian Zakat Fitrah
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 11:12 WIB
    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp9,5 miliar untuk pendistribusian zakat fitrah di seluruh Indonesia.
  • Zakat Fitrah Mengajarkan untuk Berbagi dan Menyucikan Diri
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 15:28 WIB
    Salah satu ibadah penting dan spesial di bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat tersebut sangat istimewa karena diwajibkan bagi seluruh umat Islam tanpa kecuali untuk menyucikan dirinya.
  • 3 Syarat Menunaikan Zakat Fitrah dan Orang yang Wajib Dinafkahi
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 23:17 WIB
    Menunaikan zakat merupakan satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Ada tiga syarat wajib menununaikan Zakat Fitrah yang perlu kita ketahui.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat Fitrah Sekeluarga Kepada Satu Orang?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Banyak cara dilakukan masyarakat dalam menunaikan zakat fitrah. Ada yang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri.
  • Tuntutan Zakat Fitrah Berdasar Hadis Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 16:44 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • Panitia Zakat Dadakan Apakah Termasuk Amil Zakat?
    Tips
    Senin, 10 Mei 2021 - 18:17 WIB
    Apakah panitia Zakat Fitrah yang dibentuk oleh takmir masjid berhak mendapat hasil dari Zakat Fitrah? Pertanyaan ini sering muncul di pengujung Ramadhan.
  • Zakat Fitrah Menurut Mazhab Syafii Tidak Dianjurkan Pakai Uang
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • Orang-orang yang Tidak Berhak Menerima Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 04 April 2024 - 10:22 WIB
    Selain ada yang berhak menerima zakat fitrah, ada juga golongan orang-orang yang tidak berhak bahkan dilarang menerimanya. Kenapa demikian?
  • Zakat Fitri Wajib Bagi Setiap Muslim, Bagaimana dengan Janin?
    Tausyiah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:39 WIB
    Disukai mengeluarkan zakat fitri bagi janin, maka zakat itu hanyalah dikeluarkan bagi janin yang telah ditiupkan ruh padanya. Sedangkan ruh, belum ditiupkan kecuali setelah empat bulan.
  • Dompet Dhuafa Distribusikan Zakat Fitrah Kepada Masyarakat Kronjo di Pertengahan Ramadhan
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 12:52 WIB
    Dompet Dhuafa mulai mendistribusikan zakat fitrah di pertengahan Ramadhan ini. Lokasi pertama yang dituju adalah masyarakat pesisir di Kampung Kronjo Pamong, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten
  • Waktu Terbaik dan Paling Afdal Mengeluarkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 03:01 WIB
    Mayoritas ulama mengatakan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap jiwa kaum muslimin. Kapan waktu terbaik mengeluarkan zakat fitrah? Simak ulasan berikut ini.