4 Bukit Bersejarah dalam Islam dan Layak untuk Dikunjungi

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:34 WIB
4. Jabal Tsur



Jabal Tsur atau dikenal dengan Gunung Banteng menyimpan sejarah yang sarat hikmah. Di bukit ini terdapat sebuah gua benama Gua Tsur, tempat Rasulullah berlindung dari kejaran kaum kafir Quraisy saat hendak berhijrah ke Madinah. Saat itu Rasulullah ditemani oleh sahabat mulia Abu Bakar Ash-Shidiq.

Jabal Tsur memiliki ketinggian 1400 meter terletak di sebelah selatan Kota Makkah, sekitar 6 Km arah Selatan Masjidil Haram. Bagi umat Islam, gua ini memiliki makna religius, dan sering dikunjungi para jamaah dari berbagai belahan dunia. Untuk mencapai puncak Jabal Tsur perlu kehati-hatian karena medannya yang cukup terjal.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya Islam muncul pertama kali dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing pula, maka beruntunglah orang-orang yang terasing.  Abdullah berkata, Dikatakan, Siapakah orang-orang yang terasing itu?  beliau menjawab: Orang-orang yang memisahkan diri dari kabilah-kabilah (yang sesat).

(HR. Ibnu Majah No. 3978)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More