Kisah Hikmah: Terjebak karena Mengikuti Omongan Orang Lain

Sabtu, 11 Desember 2021 - 13:20 WIB
Pernah suatu kali Nabi SAW ditegur Allah SWT karena mengharamkan madu hanya karena ingin meredam kecemburuan kedua istrinya, Siti Aisyah dan Siti Hafshah. Pasalnya, beliau meminum madu tersebut di rumah istrinya yang lain, Siti Zainab.

Ada juga riwayat yang mengatakan bahwa peristiwa tersebut seputar kasus Siti Maria Al-Qibthiyah, ummahat al-mu'minin, yang Nabi SAW berjanji tidak akan menggaulinya sedangkan Maria jelas-jelas seorang istri beliau.

Perilaku Nabi SAW ini kemudian mendapat teguran Allah SWT secara langsung melalui firman-Nya, "Wahai Nabi, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah halalkan kepadamu: kamu mencari kesenangan hati istri-istrimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS Al-Tahrim : 1).

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
وَجَاوَزۡنَا بِبَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ الۡبَحۡرَ فَاَتۡبـَعَهُمۡ فِرۡعَوۡنُ وَجُنُوۡدُهٗ بَغۡيًا وَّعَدۡوًا‌ ؕ حَتّٰۤى اِذَاۤ اَدۡرَكَهُ الۡغَرَقُ قَالَ اٰمَنۡتُ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا الَّذِىۡۤ اٰمَنَتۡ بِهٖ بَنُوۡۤا اِسۡرَآءِيۡلَ وَ اَنَا مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
Dan Kami selamatkan Bani Israil melintasi laut, kemudian Fir‘aun dan bala tentaranya mengikuti mereka, untuk menzhalimi dan menindas mereka. Sehingga ketika Fir‘aun hampir tenggelam dia berkata, Aku percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan aku termasuk orang-orang Muslim (berserah diri).

(QS. Yunus Ayat 90)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More