Ada Duka dan Ada Pesta Saat Sultan Muhammad Al-Fatih Wafat

Jum'at, 24 Juli 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A

Dia memiliki peninggalan di lipatan siang dan malam, yang akan senantiasa dicatat dalam perputaran waktu dan zaman. Dia telah melancarkan perang yang menghancurkan salib-salib dan berhala-berhala.

Pekerjaan paling besar yang dia capai adalah penaklukkan Kota Konstantinopel. Dia telah mampu menyerang kota itu dari darat dan laut dengan mengggunakan kapal-kapal. Tentaranya telah mampu menyerang kota itu dengan kuda-kudanya, dan pasukan-pasukan yang penuh kesatria. Selama 50 hari, dia mengepung kota itu dengan pengepungan ketat.



Dia telah menyempitkan ruang gerak orang-orang kafir dan jahat yang berada di dalam Kota Konstantinopel. Dia telah menghunus pedangnya di kota itu. Dalam kancah perang itu, dia berlindung di bawah perlindungan Allah yang tidak tertembus.

Dia telah mengetuk dan berusaha menembus pintu kemenangan berkali-kali. Hingga akhirnya, berkat kesabarannya, Allah menurunkan malaikat Raqib; dan dengan pertolongan Allah, takluklah Kota Istambul pada hari ke-51 dari awal pengepungan. Itu terjadi tepat pada ‘tanggal 24 Iumadil Akhir tahun 857 H.



Dia melakukan Shalat Jum’at pertama di sebuah masjid, bekas gereja terbesar, Ayya Sofia yang memiliki kubah menjulang ke langit, menyerupai kubah-kubah piramid yang tidak lapuk. Dia telah membangun tradisi keilmuan di Istambul yang tidak khawatir matahari keilmuan akan tenggelam di tempat itu. Dia membangun sekolah-sekolah laksana mangkuk besar yang memiliki 8 buah pintu yang demikian gampang untuk dimasuki.

Dia membuat undang-undang yang sesuai dengan akal dan naql.

Semoga Allah melimpahkan pahala-Nya atas perhatiannya kepada para penuntut ilmu dan manhaj hidup yang dilaluinya. Sebab dia telah menutupi semua kebutuhan, tatkala mereka membutuhkan.



Dia telah menutupi semua kefakiran sehingga mereka memiliki jiwa yang sadar. Setelah itu dia memberikan kedudukan-kedudukan yang bisa mereka naiki dengan cara yang kokoh, sehingga mereka memperoleh kebahagiaan dunia dan dengannya mencapai kemuliaan akhirat.

Sesungguhnya dia telah merekrut para ulama dari berbagai negeri yang dia berikan perhatian besar kepada mereka lewat tindakan-tindakan yang mulia.

Di antara ulama itu adalah, Maulana Ali AlQawsyaji, yang mulia At-Thusi, Al-Alim Al-Kurani dan lainnya dari kalangan ulama yang mulia.



Dengan demikian, maka Istambul menjadi “Pusat Dunia," sumber kebanggaan dan kemuliaan. Di sekelilingnya berkumpul orang-orang yang memiliki sifat baik dan kokoh dari semua disiplin ilmu pengetahuan.

Ulama-ulama Istambul hingga kini adalah ulama-ulama yang mulia. Para pekerja mereka adalah orang-orang cerdas, para penguasanya adalah orang-orang yang sangat bahagia. Dan bagi Sultan rahimahullah, begitu banyak kebaikan yang telah dia sumbangkan kepada kaum muslimin, khususnya kepada para ulama yang mulia. (Baca juga: Sujud Syukur Dunia Islam Sambut Kemenangan Al-Fatih, Hagia Sophia Jadi Masjid )
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)