Topik Terkait: Agunan Dalam Utang Piutang (halaman 2)

  • Hal-hal Terlarang dalam Berdoa yang Penting Diketahui
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 07:10 WIB
    Dalam berdoa ada adab dan syaratnya sehingga kaum Muslimin tidak boleh sembarangan melakukannya. Ada aturan yang harus ditepati agar doanya mendapatkan ridha dari Allah Taala.
  • Doa Rasulullah agar Dapat Melunasi Utang
    Tips
    Sabtu, 13 November 2021 - 10:32 WIB
    sebagai insan yang beriman, kita diharuskan tetap ikhtiar untuk melunasi utang. Selain itu, juga dianjurkan berdoa agar ujian hidup seperti utang ini segera bisa diselesaikan.
  • Menjadi Istiqamah dalam Ketaatan Setelah Ramadhan Berlalu
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:00 WIB
    Ramadhan akan segera berlalu, dan merupakan karunia besar bagi hamba-hamba yang beriman adalah bisa bertemu dengan Ramadhan serta dapat menyempurnakan ibadah di dalamnya hingga akhir bulan Ramadhan
  • Mengenal Ayat-ayat Cinta dalam Al-Quran
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:15 WIB
    Dalam kehidupan sehari-hari, cinta dapat diartikan dalam berbagai konteks. Lantas bagaimana definisi cinta dalam pandangan Islam? Apa saja bentuknya?
  • Hukum Pinjol dan Dalilnya dalam Islam
    Hikmah
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 10:06 WIB
    Kasus pinjol ini sudah menjerat semua kalangan termasuk ke tingkat perguruan tinggi. Bagaimana sebenarnya hukum pinjol ini dalam Islam dan adakah dalilnya?
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Batasan Bercanda dalam Islam, Simak Baik-baik!
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:29 WIB
    Batasan bercanda dalam Islam sangat diperhatikan dengan seksama. Ada adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • 5 Doa Minta Kaya dan Terbebas dari Utang
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 23:56 WIB
    Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan umat muslim agar diberi kekayaan dan terlepas dari utang. Doa ini bersumber dari beberapa riwayat Hadis Nabi.
  • 5 Adab dalam Bercanda, Paling Utama Tidak Bergurau dengan Ayat-ayat Allah
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 18:45 WIB
    Banyak manusia menjadikan humor dan canda sebagai relaksasi untuk menghibur diri dan Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Anjuran Tolong Menolong Sesama Muslim dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 16:43 WIB
    Masalah tolong menolong atau membantu orang satu sama lain sangat diperhatikan dalam Islam. Allah Taala yang paling tahu kemaslahatan hamba-hambaNya
  • Perintah Tawakkal dalam Ayat-Ayat Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 12 September 2020 - 15:11 WIB
    Di dalam Al-Quran banyak ayat-ayat yang menyebutkan tentang tawakkal ini. Kata tawakkal yang menjelaskan tentang penyerahan diri kepada Allah Taala tersebut dapat dijumpai pada beberapa surah dan ayat dari firman Allah Taala ini.
  • Bagaimana Islam Memutus Perkara Hak Khiyar dalam Pernikahan
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 11:29 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Punya Utang dan Sering Susah? Amalkan Doa Nabi Ini
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 15:01 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan doa kepada sahabat Abu Umamah radhiallahu anhu (RA) yang tengah mengalami kesulitan (kesusahan) dan memiliki utang.
  • Menilik Fenomena Childfree dalam Sudut Pandang Islam, Benarkah Dilarang?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 15:14 WIB
    Childfree adalah sebuah istilah dimana seseorang memilih untuk tidak punya anak setelah menikah. Bagaimana padangan Islam terhadap paham ini? Simak ulasan berikut.
  • Doa Berlindung dari Utang dan Memohon Segera Lunas
    Tips
    Senin, 07 Maret 2022 - 14:54 WIB
    Doa berlindung dari utang dan memohon pertolongan Allah agar segera dapat melunasi utang tersebut, diajarkan Rasulullah kepada sahabatnya.
  • Wajibkah Membayar Zakat untuk Orang yang Terlilit Utang?
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 11:04 WIB
    Utang memang sangat membebani kehidupan manusia, apalagi jika sampai terlilit. Biasanya jika sudah terlilit, kita akan sulit untuk melunasi dan sulit keluar dari jeratannya.
  • Inilah Tuntunan Rasulullah SAW dalam Memilih Teman
    Muslimah
    Senin, 19 Desember 2022 - 13:46 WIB
    Seorang muslim sangat dianjurkan untuk memperhatikan teman pergaulannya, ia tidak boleh cuek terkait memilih teman. Bahkan Rasulullah telah memberikan tuntunannya terkait memilih teman ini.
  • Bolehkah Tampil Cantik dengan Operasi? Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
    Muslimah
    Sabtu, 13 November 2021 - 14:52 WIB
    Tak hanya dengan bahan alami, kaum Hawa yang ingin cantik juga melakukannya dengan beragam cara, salah satunya dengan melakukan operasi plastik atau operasi bedah kosmetik
  • Jangan Tunda Gaji Buruh, Begini Aturan Pemberian Upah dalam Islam
    Dunia Islam
    Senin, 01 Mei 2023 - 15:34 WIB
    Hari Buruh Internasional (May Day) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 1 Mei yang jatuh hari ini. Berikut pandangan Islam tentang pemberian upah para pekerja atau karyawan.
  • Mahar Nikah dalam Islam, Berikut Benda yang Bisa Dijadikan Mas Kawin
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 18:05 WIB
    Umat Islam perlu mengetahui apa saja bentuk mahar nikah dalam Islam. Berikut benda-benda yang dapat kita jadikan mahar nikah yang dicontohkan Nabi dan Sahabat.
  • Pengertian Tabaruk dan Hal-hal yang Dibolehkan dalam Islam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 15:44 WIB
    Pengertian tabaruk dan hal-hal yang dibolehka di dalamnya perlu diketahui umat muslim. Tabaruk artinya mengambil berkah dari sesuatu. Berikut contoh tabaruk yang dibolehkan.