Topik Terkait: Akhlak Muslim (halaman 6)

  • Amanah, Tanda-tanda...
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:00 WIB
    Sebagai muslim, kita diajarkan untuk menjaga amanah yang kita terima dari orang lain. Bahkan, Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.
  • Hadis Pilihan: Larangan...
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:35 WIB
    Salah satu adab yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad ? untuk diperhatikan umat Islam adalah tidak menghina atau merendahkan sesama muslim.
  • Perintah Berbhakti kepada...
    Tausyiah
    Selasa, 24 September 2024 - 09:18 WIB
    Syariat Islam menekannya akan pentingnya jasa kedua orang tua dan perintah langsung untuk berbhakti kepada keduanya (birrul Walidain). Begini penjelasannya:
  • Ada Masjid sebagai Upeti...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juni 2023 - 19:59 WIB
    Setelah Perang Dunia I, otoritas Prancis memutuskan untuk membangun Masjid Paris, sebagai cara untuk membayar upeti kepada 100.000 Muslim yang telah berjuang dan mati untuk Prancis.
  • Viral Soal Asam Sulfat,...
    Dunia Islam
    Kamis, 07 Desember 2023 - 21:30 WIB
    Asam Sulfat yang sedang ramai dibincangkan netizen ternyata penemunya seorang ilmuwan muslim kelahiran Khurasan Persia Tahun 721 M (Abad ke-7).
  • Musik Haram? Bahkan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 September 2021 - 15:30 WIB
    Ulama memang masih berbeda pendapat tentang hukum nyanyian dan musik. Ada yang membolehkan dan ada yang melarang. Asal tahu saja ya, notasi musik ternyata temuan ilmuwan Islam.
  • Muslim India: Banyak...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 12:17 WIB
    Berita bohong alias hoaks menerpa muslim India. Muslimah dituding sengaja melahirkan banyak anak dengan tujuan mengislamkan Negeri Hindustan itu. Fitnah tersebut cukup efektif merobek ketentraman di India.
  • Inilah Hasil Manis dari...
    Muslimah
    Kamis, 11 November 2021 - 06:30 WIB
    Sebagai muslim, kita wajib beriman kepada Allah Taala dan rukun iman yang lainnya. Dari keimanan ini, banyak buah yang bisa kita petik. Buah-buah iman itu banyak berserakan di dalam firman Allah Azza wa Jalla dalam Al-Quran.
  • Begini Cara Islam Mengajarkan...
    Tips
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:45 WIB
    Kedudukan para ulama (orang yang ahli ilmu agama) sangat tinggi di hadapan Allah Subhanahu wa Taala. Islam pun mengajarkan bagaimana cara umat agar menghargai dan berakhlak pada ulama.
  • Benarkah Bukhari dan...
    Hikmah
    Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:00 WIB
    Ulama hadis Bukhari dan Muslim telah membuat kriteria dan persyaratan penerimaan riwayat yang ketat. Persyaratan itu dikenal di kalangan ulama hadis, seperti tersebut dalam kitab-kitab musthalah al-hadits.
  • Saat Rasulullah Ditanya...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 13:26 WIB
    Tidak ada manusia yang di dalam dirinya terkumpul kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Beliaulah sebaik-baik teladan bagi seluruh manusia.
  • Kenapa Adab Lebih Utama...
    Tausyiah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:23 WIB
    Imam Malik bin Anas berkata: Saat ibuku memasangkan imamah untukku, beliau mengatakan, Pergilah engkau ke Rabiah, dan belajarlah tentang adab sebelum ilmu.
  • Bolehkah Mendoakan Keburukan...
    Muslimah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 07:30 WIB
    Islam sangat melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Akan tetapi, khusus terhadap orang-orang yang dizalimi Allah Subhanahu wa taala membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Pemaaf, Salah Satu Sifat...
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:55 WIB
    Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemaaf dan berlapang dada. Pemaaf ini juga merupakan salah satu sifat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam
  • Mengenal Imam Muslim,...
    Hikmah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 22:34 WIB
    Bagi kaum muslimin, nama Imam Muslim sudah tidak asing lagi. Beliau dikenal sebagai ulama ahli hadis setelah Imam Al-Bukhari. Nama kitab beliau yang mahsyur adalah Shahih Muslim.
  • Jadikan Sifat Tawadhu...
    Muslimah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 05:21 WIB
    Orang yang tawadhu akan memancarkan cahaya keakraban, kehangatan, dan keindahan. Kepribadiannya akan cemerlang dan menjadi magnet bagi datangnya kebaikan dari sekelilingnya.
  • 3 Musibah Bagi Umat...
    Hikmah
    Senin, 21 Oktober 2019 - 22:02 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) pernah berpesan agar umat Islam jangan sekali-kali menjauhi para ulama.
  • Pentingnya Seorang Mukminah...
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 14:49 WIB
    Setiap orang pasti sudah pernah merasakan cobaan-cobaan berat dalam hidup ini. Boleh jadi cobaan itu menimpa langsung pada diri sendiri, suami, anak ataupun anggota keluarga yang lain.Tetapi justru disitulah akan tampak kadar iman kita.
  • Kenapa Dilarang Mencela...
    Hikmah
    Kamis, 20 Juni 2024 - 13:34 WIB
    Islam sangat melarang untuk mencela atau kebiasan mengomentari makanan yang kita makan. Kenapa demikian dan apa alasannya?
  • Muslimah, Inilah 7 Cara...
    Muslimah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 14:34 WIB
    Bergunjing atau ghibah sudah menjamur di kalangan masyarakat, ironisnya banyak pelakunya adalah kaum wanita. Perbuatan ghibah yang biasanya dengan membicarakan kejelekan-kejelekan orang lain nyatanya sudah dianggap lazim.