Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 53)

  • Mengapa Memprioritaskan...
    Hikmah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 10:33 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia.
  • Doa Pulang dari Masjid...
    Tips
    Senin, 15 Mei 2023 - 07:06 WIB
    Di antara adab ketika kita pulang dari masjid setelah melaksanakan salat wajib berjamaah, atau setelah mengikuti pengajian di masjid, adalah memperbanyak zikir kepada Allah.
  • Kisah Rumitnya Penulisan...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 08:10 WIB
    Abu Bakar memberi petunjuk agar tim tidak menerima satu naskah kecuali yang memenuhi dua syarat: Pertama, harus sesuai dengan hafalan para sahabat. Kedua, tulisan tersebut ditulis atas perintah dan di hadapan Nabi SAW.
  • Polemik Wahabi: Pendirinya...
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:16 WIB
    Belakangan ini polemik mengenai Wahabi lumayan ramai, menyeusul keluarnya rekomendasi PBNU agar pemerintah melarang penyebaran paham Wahabi Lalu, siapa sejatinya Wahabi dan pendiri Wahabi tersebut?
  • Hudzaifah bin al-Yaman...
    Hikmah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 08:18 WIB
    Hudzaifah mendalami Islam dengan didikan Rasulullah, sampai pada akhirnya dia mencapai sebuah kesimpulan bagi siapapun yang ingin mengetahui tentang kebaikan, hal itu akan tampak jelas dan gamblang
  • Pembaca Al-Quran dan...
    Muslimah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 14:24 WIB
    Orang yang mahir dalam membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia, sedangkan orang yang membaca Al Quran dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan (dalam membaca), maka baginya dua pahala.
  • Masya Allah! Imam Hanafi...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 11:00 WIB
    Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan sudah menjadi kebiasaan kaum muslimin sejak dulu hingga sekarang. Namun, para ulama terdahulu memiliki kebiasaan mengkhatamkan Al-Quran setiap hari di bulan Ramadhan.
  • Siapakah Ali Imran yang...
    Hikmah
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 05:10 WIB
    Ali Imran atau Aali Imran merupakan nama surat ketiga dalam Mushaf Al-Quran. Ali Imran artinya keluarga Imran. Siapakah keluarga Imran yang diabadikan Allah dalam Al-Quran?
  • Kisah Nabi Musa Pingsan...
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 19:37 WIB
    Nabi Musa alaihissalam pernah mengalami pingsan ketika Allah Taala menampakkan keagungan Zat-Nya. Kisah ini diabadikan dalam Al-Quran Surat Al-Araf Ayat 143.
  • Kisah Al-Ala Bin Hadhrami...
    Hikmah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:11 WIB
    Ada satu kisah hikmah diceritakan oleh Founder Daarut Tauhiid Aa Gym dalam bukunya Asmaul Husna Jilid 2. Kisah ini bercerita tentang doa Al-Ala bin Al-Hadhrami yang dikabulkan Allah.
  • Kisah Al-Ghafiqi, Terulangnya...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:40 WIB
    Pada Balath Syuhada kaum muslimin telah menyia-nyiakan kesempatan emas, bahkan kehilangan seorang pemimpin besar nan tangguh Abdurrahman al-Ghafiqi.
  • Hadis yang Jadi Dalil...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 08:08 WIB
    Orang-orang yang memperbolehkan menyanyi mengatakan bahwa hadis tersebut dhaif. Seandainya sahih pasti menjadi hujjah, bahwa ungkapan Nabi Itu adalah batil itu tidak menunjukkan pengharaman.
  • Rahasia Surat Al-Mulk...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 September 2022 - 23:22 WIB
    Surat Al-Mulk termasuk salah satu surat yang agung dalam Al-Quran. Ada beberapa rahasia yang terkandung dalam Surat Al-Mulk perlu diketahui umat muslim.
  • Kisah Perjalanan Nabi...
    Hikmah
    Minggu, 04 Februari 2024 - 10:18 WIB
    Setiap tanggal 27 Rajab, umat Islam memperingati Isra Miraj, yaitu perjalanan Rasulullah SAW dan malaikat Jibril dari Masjidil Haram, Makkah menuju Masjid al-Aqsa di Baitul Maqdis, Palestina. Kemudian melanjutkan menuju langit Sidratul Muntaha.
  • Kapan dan Bagaimana...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 08:15 WIB
    Sesungguhnya talak yang diperbolehkan sesuai dengan petunjuk Al Quran dan As-Sunnah adalah hendaknya seseorang itu pelan-pelan dan memilih waktu yang sesuai.
  • Ibnu Mas’ud Suruh...
    Hikmah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 04:15 WIB
    Saya tidak khawatir anak-anak saya akan hidup miskin. Rasulullah bersabda, sesiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.
  • Ketika Surat Al-Maun...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 17:27 WIB
    Cak Nur mengatakan betapa surat pendek itu dapat menjadi pangkal gerakan kemanusiaan yang besar dan mendalam seperti Muhammadiyah dengan amal-amal sosialnya.
  • Mencegah Orang Berbuat...
    Hikmah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 06:20 WIB
    Manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.: Ketika seseorang merasa ada orang yang ingin berbuat zalim, maka salah satu wasilah ialah dengan membaca Surat Al-Hajj ayat 73-74.
  • Kisah Guru Sufi Menyarankan...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 08:11 WIB
    Kisah epik mistik seorang guru sufi yang menyarankan Bayazid Al-Busthami agar membatalkan haji dipaparkan Jalal al-Din Rumi dalam dalam buku Masnavi-ye Manai.
  • Hukum Hiburan, Syaikh...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juni 2024 - 14:53 WIB
    Islam adalah agama realis, tidak tenggelam dalam dunia khayal dan lamunan. Tetapi Islam berjalan bersama manusia di atas dunia realita dan alam kenyataan, tulis Syaikh Yusuf al-Qardhawi.