Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 44)

  • Rufaidah al-Aslamiyah...
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 21:19 WIB
    Para shahabiyah (perempuan muslimah yang menjadi sahabat Rasulullah) memiliki peran penting dalam sejarah dan peradaban Islam. Dan di antara para shahabiyah ini, adalah Rufaidah al-Aslamiyah.
  • Surat Yasin dan Ayat...
    Hikmah
    Kamis, 16 November 2023 - 11:39 WIB
    Bacaan surat Yasin dan Ayat Kursi sering diamalkan sebagai ayat-ayat Al-Quran yang bisa mengusir setan dan jin. Benarkah demikian? Bagaimana penjelasan dalilnya?
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Tips
    Minggu, 28 Juli 2024 - 07:25 WIB
    Asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas ayat 1 menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Ketika mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau sejarah turunnya ayat tersebut.
  • 5 Cara Pandang Islam...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:15 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan kaidah pertama dalam membangun ekonomi Islam adalah menghargai nilai harta benda dan kedudukannya dalam kehidupan.
  • Membaca Al Fatihah untuk...
    Tips
    Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:43 WIB
    Membaca Al-Fatihah untuk orang sakit sangat dianjurkan, karena memiliki banyak fadhilah atau keutamaan. Selain itu, surat Al-Fatihah juga dinamakan al-Syifa (obat/penyembuh).
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Syaikh Al-Utsaimin:...
    Tausyiah
    Minggu, 13 Juni 2021 - 13:57 WIB
    Hendaklah orang yang melakukan hal ini mengetahui bahwa apabila ia mentajrih (mencela) seorang ulama maka ia menjadi penyebab ditolaknya kebenaran yang dikatakan oleh ulama ini
  • Mengobati Orang yang...
    Tips
    Minggu, 09 Juli 2023 - 05:33 WIB
    Surah Al-Muminun ayat 115 bisa digunakan untuk mengobati orang yang kerasukan jin jahat. Ketika ada orang yang kesurupan atau kemasukan jin, maka hendaklah kita bacakan Surah ini.
  • Nikmat Tiada Akhir dalam...
    Hikmah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 09:40 WIB
    Di dalam Surat Al-Baqarah ayat 25 digambarkan kenikmatan di surga bagi orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan. Kenikmatan di surga ini abadi, tiada akhir
  • Kisah Hadiah Gadis Yahudi...
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 17:13 WIB
    Konflik yang terjadi antara Sultan Abdul Hamid II dan orang-orang Yahudi, merupakan peristiwa paling penting dalam perjalanan sejarah Khilafah Utsmaniyah
  • Penyakit Pemikiran Islam...
    Tausyiah
    Minggu, 13 September 2020 - 05:00 WIB
    Kelompok Khawarij merupakan kelompok yang pertama kali terkena penyakit pemikiran ini, dan tidak memahami Islam sehingga mereka memerangi Ali atau melepaskan diri dari peristiwa tahkim.
  • Kisah-kisah dalam Al-Quran...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juli 2024 - 14:08 WIB
    Dalam AlQuran banyak terdapat ayat-ayat yang menjelaskan tentang kisah-kisah para nabi Allah SWT, salah satunya kisah yang terjadi di bulan Muharram ini. Kisah apa saja?
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Muslimah
    Minggu, 10 September 2023 - 16:46 WIB
    Merupakan izzah dan kemuliaan Islam, karena dia telah memuliakan wanita dan menegaskan eksistensi kemanusiaannya serta kelayakannya untuk menerima taklif (tugas) dan tanggung jawab, pembalasan, dan berhak pula masuk surga
  • Surat Al-Quran yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:47 WIB
    Surat Al-Quran yang disunnahkan dibaca saat salat Jumat adalah surat Al-Jumuah dan Surat Al-Kafirun. Dua surat ini tidak terlalu panjang sehingga mudah dihafalkan.
  • Keutamaan dan Khasiat...
    Tausyiah
    Senin, 21 Desember 2020 - 17:56 WIB
    Surah Al-Quraisy adalah surat ke-106 dalam Kitab Suci Al-Quran. Surah ini tergolong Surah Makkiyah terdiri dari 4 ayat. Berikut keutamaan dan khasiatnya.
  • Barmak: Memeluk Islam...
    Dunia Islam
    Rabu, 29 September 2021 - 17:52 WIB
    Barmak, memeluk Islam di era Khalifah Utsman bin Affan. Dalam perjalanan sejarah, anak cucu Barmak menjadi tokoh penting di era Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Amalan Doa untuk Ibu...
    Muslimah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 13:39 WIB
    Amalan doa untuk ibu merupakan salah satu wujud menghormati dan berbakti kepada orang tua. Di dalam Al Quran dan hadis pun jelas disebutkan perintah untuk menghormati kedua orangtua, terutama Ibu
  • Proses Penuaan Manusia...
    Tausyiah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 19:03 WIB
    Dengan sangat saintifik (mungkin belum terungkap oleh ilmu kedokteran hari ini) bahwa kondisi kesehatan tulang dan perubahan pigmen rambut itulah sebagai petunjuk proses penuaan manusia.
  • Khasiat Surat Al-Lahab,...
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 13:21 WIB
    Khusus keistimewaan surah Al-Lahab, Sayyid Al-Muqaddam mengatakan, hendaklah dibacakan pada orang yang terkena berbagai penyakit, terutama sakit perut (mulas) insyaAllah dia akan sembuh.
  • 3 Tanda Orang Mendapat...
    Tausyiah
    Rabu, 27 April 2022 - 23:00 WIB
    Ada tiga tanda orang yang mendapatkan Lailatul Qadar menurut ulama besar pemimpin para Wali, Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani (471 H/1078 M-561 H/1167 M).
  • 7 Tahapan Penciptaan...
    Hikmah
    Selasa, 28 Juni 2022 - 23:40 WIB
    Salah satu tanda kebesaran Allah adalah menjadikan manusia dari setetes air mani (Nuthfah) kemudian berkembang menjadi makhluk sempurna. Berikut tujuh tahapannya.