Topik Terkait: Amalan Berkurban

  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalan Berkurban
    Tausiyah
    Kamis, 01 Agustus 2019 - 14:31 WIB
    Bulan Dzulhijjah adalah bulan agung yang dimuliakan Allah. Dalam penanggalan Hijriyah (Qomariyah), nanti malam (malam Jumat) umat Islam mulai memasuki bulan mulia tersebut.
  • Dalil-dalil Pentingnya Berkurban dalam Al-Quran dan Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:18 WIB
    Kurban atau berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Iduladha. Ibadah kurban adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama menghukuminya sebagai sunnah.
  • Dalil-dalil Tentang Pentingnya Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:31 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Harai Raya Iduladha adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama dari kalangan Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah, hukum berkurban merupakan sunnah.
  • Amalan-amalan yang Dianjurkan di Bulan Muharram
    Tips
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Bulan Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah Taala. Dan Bulan Maharram tinggal beberapa hari lagi tepatnya pada 10 Agustus 2021, dimulainya 1 Muharram 1443 Hijriyah.
  • 3 Amalan Melancarkan Urusan dan Mendatangkan Rezeki
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 23:16 WIB
    Semua orang pasti menginginkan rezeki dan dimudahkan dalam segala urusan. Berikut ini tiga amalan untuk melancarkan urusan dan mendatangkan rezeki.
  • Amalan Sunnah di Waktu Fajar yang Sayang Kalo Dilewatkan
    Muslimah
    Kamis, 17 September 2020 - 20:46 WIB
    Aktivitas seorang muslim biasanya diawali dari waktu fajar atau sebelum subuh. Waktu fajar ini merupakan waktu krusial yang penuh dengan pahala dan berkah.
  • Bacaan Niat Berkurban Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 23:52 WIB
    Niat berkurban bisa dilakukan dalam hati mulai 1 Dzulhijjah. Ketika kita sudah memiliki hewan kurban maka ketika itu juga kita berniat untuk berkurban. Berikut bacaan niatnya.
  • Amalan Ringan Ini Bisa Menjadi Pembuka Berkah
    Muslimah
    Kamis, 05 November 2020 - 08:20 WIB
    Saat ini, sebagian sunnah Rasulullah banyak yang terlupakan, karena itu mari kita hidupkan kembali sunnah-sunnah beliau bermula dari amalan sunnah ringan yang bisa dilakukan dalam keseharian kita.
  • Amalan-amalan Sunnah di Hari Jumat untuk Muslimah, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Jum'at, 25 November 2022 - 07:42 WIB
    Karena keistimewaan dan kemuliaannya, banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat ini. Amalan tersebut sudah pasti akan memberikan banyak pahala bagi muslim tak terkecuali bagi muslimah yang sayang jika dilewatkan
  • 4 Amalan sebelum Merayakan Idul Adha, Jangan Makan hingga Selesai Sholat Id
    Tips
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 10:03 WIB
    Berbeda dengan Idul Fitri, untuk Idul Adha dituntunkan agar orang tidak makan terlebih dahulu sejak fajar sampai dengan selesai salat Idul Adha. Hal ini sesuai dengan sunnah yang dilakukan Nabi SAW:
  • Jangan Meremehkan Amalan-amalan Kecil, Begini Pahalanya!
    Hikmah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 12:58 WIB
    Sungguh para salaf atau orang-orang saleh terdahulu memiliki prinsip dalam beramal saleh, yaitu mereka tidak pernah meremehkan amalan kecil apa pun karena hal itu termasuk al-makruf atau kebajikan.
  • Istighfar Amalan Dahsyat untuk Mengetuk Pintu Rezeki
    Tips
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:52 WIB
    Sejatinya istighfar adalah amalan yang bisa mengetuk pintu-pintu rezeki. Karenanya, barangsiapa yang merasa butuh kepada Allah, maka tidak akan sampai kepadanya kecuali dengan mengajukan istighfar sebagai pembukanya.
  • Amalan Jumat Istimewa bagi Muslimah, Sayang Jika Dilewatkan
    Muslimah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 05:44 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat salat sunnah, memperbanyak sedekah atau membaca Al-Quran.
  • Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • Amalan-amalan Senilai Pahala Haji dan Umrah
    Tips
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 16:36 WIB
    Wabah covid-19 masih belum membaik, sehingga banyak kaum muslim yang tidak bisa berhaji dan umrah. Namun demikian, Allah menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah.
  • Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Wanita yang tengah haid pasti sedikit kecewa tidak dapat menjalani kegiatan amal ibadah di bulan Ramadan. Kekecewaan seperti itu, juga pernah dialami ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha
  • Amalan Sunnah di Waktu Fajar yang Banjir Pahala
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Waktu fajar merupakan waktu krusial yang penuh dengan pahala dan berkah, karenanya ada beberapa amalan di waktu tersebut yang biasa dilakukan Nabi SAW.
  • Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid di Malam Nisfu Syaban
    Muslimah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 13:02 WIB
    Amalan di bulan Syaban terutama di malam Nisfu Syaban sayang untuk dilewatkan. Karena itu, bagi wanita muslimah yanmg sedang haid, ada juga beberapa amalan yang bisa dilakukannya.
  • Dalil Berkurban dan Keutamaannya, Amal yang Paling Dicintai Allah
    Tausyiah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 21:32 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada hari Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Berikut dalil dan keutamaan menyembelih hewan kurban.