Topik Terkait: Anjing Najis (halaman 3)

  • Cara Membersihkan Pakaian Najis di Mesin Cuci
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 10:38 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum mencampur pakaian yang terkena najis di dalam mesin cuci. Apakah boleh mencampurnya dengan dengan pakaian lain?
  • Salat dalam Keadaan Darurat Najis, Ini Pendapat Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 22:12 WIB
    Jika seseorang dalam keadaan tidak bisa menghilangkan najis dari badannya, sementara waktu shalat hampir habis, apa yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya.
  • Perbedaan Mani, Wadi dan Madzi Berikut Cara Membersihkannya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:18 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui perbedaan antara Mani, Wadi dan Madzi yang sering dikira sama. Berikut perbedaannya dan cara membersihkannya.
  • Dipukul Lelaki Berjubah Sufi, Seekor Anjing Menuntut Keadilan
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:04 WIB
    Si Anjing tetap mengeluh. Sang Bijaksana berbicara kepada Anjing, dari pada menunggu ganti rugi akhirat, baiklah saya berikan ganti rugi bagi rasa sakitmu.
  • Abu Yazid, Seekor Anjing, dan Muridnya
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 15:37 WIB
    Di sebuah gang yang sembit Abu Yazid menyingkir ke pinggir untuk memberi jalan kepada seekor anjing yang datang dari arah berlawanan. Muridnya ada yang protes.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kita yang Menebar Najis, Rasulullah SAW yang Membersihkannya!
    Tausiyah
    Senin, 04 November 2019 - 07:30 WIB
    Sangat menggugah hati analogi kisah yang dilukiskan oleh Imam Jalaluddin ar-Rumi dalam karyanya Al-Matsnawi ketika menggambarkan betapa kehadiran Rasulullah SAW sebagai rahmat bagi umat akhir zaman.
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • Gara-gara Berbuat Salah dengan Anjing, Nabi Nuh Sering Meratap
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 13:49 WIB
    Setelah mendengar jawaban anjing tersebut, dia meratap dan menangis atas kesalahan dan dosanya. Karena seringnya meratap (nahaa), maka dia diberi nama Nuh.
  • Kisah Sayyidina Husein Bermimpi Diserang Anjing yang Mencabik-cabik Tubuhnya
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:00 WIB
    Kisah Sayyidana Husein cucu Rasulullah SAW bermimpi diserang sekelompok anjing disampaikan tatkala para sahabatnya bertanya alasan beliau sudah tahu bahwa beliau bakal syahid saat menuju Kufah.
  • Benarkah Keputihan Termasuk Najis? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 17:59 WIB
    Benarkah keputihan (cairan putih yang sering dialami wanita) termasuk najis? Apakah juga bisa membatalkan wudu? Pertanyaan soal fiqih tersebut seringkali ditanya kaum muslimah.
  • Canda Ala Sufi: Keledai dan Anjing, Silakan Kencing Wahai Jagoan!
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Saat Nashruddin berjalan-jalan bersama sekelompok pemuda, mereka bersepakat untuk mencuri sepatunya. Salah seorang di antara mereka berkata kepada Nashruddin, Siapa yang dapat menaiki pohon ini?
  • Kisah Nabi Nuh: Nama Asli Abdul Ghaffar, Sering Menangis Setelah Menghina Anjing
    Hikmah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 17:14 WIB
    Namanya adalah Abdul Ghaffar atau Yasykur bin Lamik bin Matusyilakh bin Idris as. Dia diberi nama Nuh sebab dia sering menangis setelah menghina seekor anjing.
  • Sang Ketua Memelihara Anjing, Bagaimana Hukumnya Menurut Muhammadiyah?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 16:02 WIB
    Dalam kaidah yang lebih umum, dengan mengacu pada sumber-sumber muktabar, Majelis Tarjih mencatat Islam melarang manusia menyakiti binatang, menyiksa, atau bahkan sekadar menelantarkannya.
  • Kisah Sufi Majnun Qalandar: Anjing dan Keledai
    Hikmah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 10:59 WIB
    Kisah Anjing dan Keledai ini yang menyerupai salah satu kisah Jalaluddin Rumi, adalah fabel dari koleksi terkenal milik Majnun Qalandar. Beliau menceritakan kisah teladan di pasar-pasar.
  • Kelakuan Tengil Anjing  dan Kucing di Bahtera Nabi Nuh
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 22:46 WIB
    Perintah Nabi Nuh AS dituruti oleh semua penumpang yang ada di bahtera, kecuali anjing. Binatang ini mengawini betinanya. Kucing pun mengadu kepada Nabi Nuh.
  • Canda Ala Sufi: Bulan Lama, Sapi dan Kotoran Anjing
    Hikmah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 13:22 WIB
    Nashruddin menundukkan kepalanya dan berkata, Kasihan mereka orang-orang bodoh itu... Bulan yang lama itu bersembunyi karena musim hujan dan dia sedang membuat kilat.
  • Mengenal Cairan Putih yang Keluar dari Kemaluan Perempuan, Manakah yang Najis?
    Muslimah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 06:54 WIB
    Muslimah, seringkali kita menyebut cairan putih yang keluar dari kemaluan adalah keputihan. Ternyata ada beberapa jenis cairan putih yang biasa dialami kaum perempuan. Apa saja cairan putih ini dan bagaimana hukumnya menurut fiqih?
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.