Topik Terkait: Asal Usul Hajar ASwad

  • Asal Usul Hajar Aswad dan Keutamaan Menciumnya
    Dunia Islam
    Sabtu, 12 November 2022 - 21:42 WIB
    Asal usul Hajar Aswad dan keutamaan menciumnya perlu diketahui umat muslim. Batu hitam yang berada di sudut Kakbah ini selalu menjadi rebutan umat muslim.
  • Pendapat Ulama tentang Thawaf: Haruskah Dimulai dari Hajar Aswad
    Tips
    Kamis, 30 Juni 2022 - 19:22 WIB
    Nabi Muhammad SAW memulai thawaf dari Hajar Aswad kemudian thawaf tujuh putaran. Namun para ulama berbeda pendapat tentang hukumnya dalam tiga pendapat.
  • Kisah Penuh Ibrah: Perusakan Hajar Aswad Jadi Sasaran Musuh Islam
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:37 WIB
    Upaya perusakan batu hitam ternyata tidak hanya sekali itu saja. Kedengkian musuh-musuh Allah dan usaha mereka untuk menghancurkan syiar-syiar Allah salah satunya dengan menjarah Hajar Aswad.
  • Tragedi Qaramithah: Kabah Tanpa Hajar Aswad Selama 22 Tahun
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Seorang lelaki memukul dan mencongkel Hajar Aswad. Dengan nada menantang, Abu Thahir sesumbar : Mana burung-burung Ababil? Mana bebatuan dari Neraka Sijjil?
  • Hajar Aswad (3):  Ini Mengapa Jutaan Orang Berebut Mencium Si Hitam
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 16:11 WIB
    Lantaran itu pula, batu hitam itu sudah licin karena terus menerus di kecup, dicium dan diusap-usap oleh jutaan bahkan miliaran manusia sejak dahulu kala.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Hajar Aswad Berubah Jadi Hitam karena Dosa, Bagaimana dengan Hati Manusia?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 11:26 WIB
    Kesalahan dan dosa anak-anak cuci Nabi Adam meninggalkan bekas pada Hajar Aswad. Batu dari surga itu awalnya mempunyai warna sangat putih, lebih putih dari susu. Lalu dosa-dosa anak cucu Adam telah mengubahnya menjadi berwarna hitam.
  • Hajar Aswad, Batu Indah di Kakbah yang Dicium Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 04:00 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW mencium Hajar Aswad diriwayatkan Umar bin Khatab.
  • Ibadah Haji: Haruskah Mencium Hajar Aswad dan Mengusap Rukun Yamani?
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Mereka melakukan itu dalam rangka mengikuti Rasulullah SAW dan menjadikan Beliau sebagai suri tauladan, bukan karena meyakini bahwa Hajar Aswad bisa mendatangkan manfaat atau bisa mendatangkan celaka.
  • Asal Usul Penulisan Basmalah dan Keutamaannya
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 22:26 WIB
    Bacaan Basmalah disebut juga Tasmiyyah yang artinya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Berikut asal usul dan keutamaannya.
  • Asal Usul Penamaan Bulan Ramadhan dan Artinya
    Hikmah
    Jum'at, 01 April 2022 - 05:15 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui asal usul penamaan bulan Ramadhan dan artinya. Untuk diketahui, Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.
  • Sejarah dan Asal Usul Penamaan Bulan Rajab
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 15:07 WIB
    Bagaimana sebenarnya sejarah asal-usulnya dan penamaan bulan Rajab? Adakah arti khusus, serta apa dalil dan keutamaan bulan tersebut dalam Islam?
  • Asal-Usul Kalimat Talbiyah dalam Ibadah Haji, Begini Kisahnya
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 06:50 WIB
    Talbiyah adalah doa yang diucapkan orang yang sedang mengerjakan ibadah haji atau umrah. Berikut asal usul disyariatkannya kalimat Talbiyah dalam ibadah haji.
  • Sejarah dan Asal Usul Susunan Lafaz Niat Puasa Ramadan
    Hikmah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 02:53 WIB
    Lafaz niat Puasa Ramadan yang dibaca oleh setiap muslim sebelum menjalankan ibadah puasa wajib ini rupanya memiliki sejarah atau asal usulnya sendiri yang belum banyak diketahui.
  • Larangan Cium Hajar Aswad Masih Berlaku, Jamaah Jangan Paksakan Mendekat
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Juni 2022 - 19:34 WIB
    Pengamanan di sekeliling Kakbah, Masjidilharam, Mekkah, masih terlihat ketat, termasuk di titik Hajar Aswad.
  • Rajab Artinya Apa? Berikut Sejarah dan Asal-usul Penamaannya
    Tausyiah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 23:54 WIB
    Rajab artinya apa? Bagaimana sebenarnya sejarah asal-usulnya sampai dinamakan bulan Rajab. Simak penjelasan berikut agar menambah khazanah keilmuan kita.
  • Peristiwa Perusakan Hajar Aswad Hingga Pernah Hilang Selama 22 Tahun
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 05:10 WIB
    Kisah perusakan Hajar Aswad hingga dicuri pernah menggegerkan dunia Islam. Tak hanya dirusak, Hajar Aswad juga pernah dijarah hingga hilang selama 22 tahun.
  • Asal Usul Iblis dari Golongan Malaikat, Bukan Bangsa Jin
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 18:52 WIB
    Jumhur ulama mengatakan bahwa asal usul Iblis berasal dari golongan Malaikat, bukan bangsa Jin. Pendapat ini dinyatakan oleh ulama tafsir termasuk di dalamnya para sahabat Nabi.
  • 5 Marga Habib Paling Tinggi di Indonesia Lengkap dengan Asal-usulnya
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Desember 2023 - 15:00 WIB
    Di Indonesia setidaknya beberapa nama marga Habib dan 7 di antaranya tertinggi dengan konotasi jumlah keturunan yang lebih banyak atau garis keturunan yang paling dekat dengan Nabi.
  • Asal Usul Keran Air Ternyata Berkaitan dengan Mazhab Hanafiyah, Begini Kisahnya
    Hikmah
    Rabu, 08 Februari 2023 - 14:54 WIB
    Keran air dalam bahasa Arab disebut dengan istilah Hanafiyah. Namanya sama dengan nama salah satu dari empat mazhab fiqih ahlusunnah wal jamaah, yakni Mazhab Hanafiyah.
  • Mengapa Dinamakan Ramadan? Begini Asal Usul Penamaan dan Artinya
    Tausyiah
    Rabu, 15 Maret 2023 - 17:43 WIB
    Asal usul penamaan bulan Ramadan perlu diketahui kaum muslim sebagai bekal menyambut bulan puasa. Ramadan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.