Topik Terkait: Aurat Menurut 4 Mazhab (halaman 11)

  • Mulai Kapan Anak-anak...
    Muslimah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 16:07 WIB
    Banyak anak usia balita sudah mengenakan jilbab dengan aneka hijab yang lucu dan menggemaskan. Sebenarnya, sejak usia berapakah kewajiban berhijab ini diberlakukan?
  • Tingkatan Hukum-Hukum...
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.
  • Manfaat dan Keindahan...
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Apabila jiwa seni itu adalah bagaimana merasakan adanya keindahan dan menghayatinya, maka itulah yang diingatkan oleh Al Quran untuk diperhatikan, dan Al Quran telah menegaskan dalam banyak ayatnya.
  • Hukum Bersendawa Ketika...
    Tips
    Kamis, 02 Desember 2021 - 13:17 WIB
    Sendawa adalah peristiwa keluarnya gas dari dalam perut. Terkadang seseorang mengeluarkan suara sendawa saat sholat. Bagaimana hukum bersendawa ketika sholat?
  • Misteri Nafs al-Wahidah...
    Tausyiah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 15:06 WIB
    Kitab-kitab tafsir mutabar dari kalangan jumhur menafsirkan kata nafs al-wahidah dengan Adam. Hanya saja, tetap saja banyak yang berpendapat al-Quran tidak menceritakan asal-usul kejadian perempuan.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Perempuan Pergi...
    Muslimah
    Senin, 05 Juli 2021 - 10:35 WIB
    Dalam elaksanakan ibadah haji, terkadang kita dapati beberapa perempuan pergi haji/umrah meski tanpa disertai mahram. Pertanyaannya, bolehkah perempuan pergi haji/umrah tanpa disertai mahram?
  • Problematik Tafsir Al-Quran...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 05:45 WIB
    Keberadaan Al-Quran di tengah-tengah umat Islam, ditambah dengan keinginan mereka untuk memahami petunjuk dan mukjizat-mukjizatnya, telah melahirkan sekian banyak disiplin ilmu keislaman.
  • Doa Minta Kesembuhan...
    Tips
    Rabu, 23 Juni 2021 - 20:58 WIB
    Doa minta kesembuhan dari penyakit telah diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lebih lalu. Berikut doanya lengkap dengan latin dan artinya.
  • 7 Pernikahan yang Tidak...
    Muslimah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:55 WIB
    Dalam Islam, ternyata ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Jenis pernikahan seperti apa yang tidak sah tersebut?
  • Tata Cara Iktikaf Menurut...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 23:45 WIB
    Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari disebutkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melakukan itikaf di 10 terakhir Ramadhan hingga beliau wafat.
  • Metode dan Problem Tafsir...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Para ulama sepakat bahwa mukjizat utama Al-Quran yang diperhadapkan kepada masyarakat yang ditemui Rasulullah SAW adalah dari segi bahasa dan sastranya.
  • Cara Mendapatkan Kenikmatan...
    Muslimah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 12:21 WIB
    Ternyata sangat mudah bagi orang Islam untuk mendapatkan kenikmatan ibadah. Tentu saja, ada caranya untuk merasakan nikmatnya beribadah tersebut. Apa dan bagaimana caranya?
  • Pengertian Tajdid atau...
    Tausyiah
    Senin, 08 Mei 2023 - 11:31 WIB
    Melakukan tajdid dengan jalan menghapus atau membatalkan ajarannya, pada hakikatnya menghilangkan ciri ajaran Al-Quran yang dinilai selalu sesuai dengan setiap masa dan tempat.
  • Hak-Hak Perempuan di...
    Muslimah
    Senin, 21 November 2022 - 13:08 WIB
    Keberadaan perempuan di dalam atau di luar rumah dapat bermula dari surat Al-Ahzab ayat 33. Ayat ini seringkali dijadikan dasar untuk menghalangi wanita ke luar rumah.
  • Dalil Puasa Rajab dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:59 WIB
    Dalil puasa Rajab dan pandangan hukumnya menurut ulama penting kita ketahui, sebelum melaksanakan puasa sunnah yang akan dilaksanan di Bulan Rajab.
  • Ide Dasar Perdamaian...
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 09:57 WIB
    Menurut Quraish Shihab, perdamaian merupakan salah satu ciri utama agama Islam. Ia lahir dari pandangan ajarannya tentang Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, alam, dan manusia.
  • Mengapa Rambut Wanita...
    Muslimah
    Minggu, 16 Januari 2022 - 05:11 WIB
    Dalam Islam, rambut seorang wanita muslimah adalah aurat. Kenapa demikian? Bagaimana penjelasan dan apa saja dalilnya? Bagaimana pula seorang wanita harus memperlakukan rambutnya ini?
  • Bahaya Memprioritaskan...
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 11:15 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia.
  • Ciri-ciri Ulama Su Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 19:59 WIB
    Ulama adalah pewaris para Nabi (Al-Ulama waratsatul anbiya). Lalu bagaimana dengan Ulama Su yang tercela? Berikut ciri-cirinya menurut Imam Al-Ghazali.
  • 2 Kriteria Memilih Calon...
    Tausyiah
    Senin, 04 Desember 2023 - 19:16 WIB
    Setiap laki-laki pasti mendambakan sosok istri terbaik yang diridhoi Allah Taala. Seperti apa kriteria memilih calon istri? Simak penjelasan Imam Al-Kurdi berikut.