Topik Terkait: Aurat Menurut 4 Mazhab (halaman 12)

  • Perbedaan Aqiqah dan...
    Tips
    Selasa, 29 Juni 2021 - 08:56 WIB
    Perbedaan aqiqah dan Qurban masih sering dipertanyakan. Ini tak lepas dari hewan yang dikurbankan, namun keduanya sangat jelas memiliki perbedaan yang tak bisa disamakan.
  • 6 Golongan Orang yang...
    Muslimah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Definisi kebahagian setiap orang berbeda-beda, termasuk cara yang dilakukan untuk meriah kebahagiaannya tersebut. Hakikat kebahagiaan itu sendiri bersifat stabil dan berkepanjangan.
  • Wanita Wajib Menutup...
    Muslimah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 09:11 WIB
    Kewajiban menutup aurat banyak dijelaskan dalam Al-Quran dan Al-Hadis. Namun demikian, masih banyak kaum perempuan yang belum mengetahui dalil-dalil tentang kewajiban menutup aurat khususnya untuk berjilbab ini dan bagaimana pula hukumnya.
  • Hati-hati Perkara Hujan...
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Umat Islam hendaknya hati-hati dengan perkara syirik. Salah satu bentuk kesyirikan ialah meyakini sesuatu termasuk perkara turunnya hujan disebabkan oleh bintang ini dan itu.
  • Ide Dasar Perdamaian...
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 09:57 WIB
    Menurut Quraish Shihab, perdamaian merupakan salah satu ciri utama agama Islam. Ia lahir dari pandangan ajarannya tentang Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, alam, dan manusia.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ketika Ditimpa Musibah,...
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Hukum Memakai Pensil...
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 13:48 WIB
    Hukum memakai pensil alis bagi perempuan diperbolehkan selama tidak berlebihan dan melanggar ketentuan syariat. Islam sangat menganjurkan kerapian baik rambut, bulu alis, kuku, dan lain sebagainya.
  • Menanamkan dan Membangun...
    Muslimah
    Senin, 29 April 2024 - 08:48 WIB
    Dalam Islam, optimisme tersebut dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Begini Doa dan Cara...
    Tausyiah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Siapa yang bisa menghindarkan dirinya sama sekali dari perbuatan dosa? Di sini istighfar berfungsi sebagai perangkat untuk menghilangkan kekurangannya, dan yang dapat mencucinya dari kotoran dosa
  • Aturan Hukuman Potong...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Januari 2024 - 16:01 WIB
    Aturan hukuman potong tangan bagi pencuri atau maling ada persyaratan dan ketentuannya. Hukum ini sendiri diatur dalam Al-Quran surat al-Midah ayat 38 sampai 39.
  • Ketika Kecantikan Wanita...
    Muslimah
    Selasa, 09 November 2021 - 06:50 WIB
    Ketika memilih perempuan untuk dinikahi, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebut ada empat hal syarat yang dapat mewujudkannya. Yakni hartanya, garis keturunannya, kecantikannya dan agamanya
  • 4 Batasan Takwa Menurut...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 13:40 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sekaligus khalifah keempat, Ali bin Abi Thalib, memberikan tuntunan agar kita umat Islam menjadi orang yang bertakwa.
  • 2 Syarat Tinggal di...
    Tausyiah
    Senin, 14 November 2022 - 01:19 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin menyebut tinggal di negara kafir harus memenuhi 2 syarat utama. Salah satunya adalah tetap memelihara diri pada agamanya.
  • Doa Meminta Anak Perempuan...
    Tips
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 10:24 WIB
    Doa meminta anak perempuan hendaknya dilakukan calon ibu dan calon ayah. Berikut adalah doa meminta anak perempuan yang sebaiknya dilakukan seorang ibu yang tengah mengandung.
  • 4 Amalan yang Menjadi...
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 08:00 WIB
    Ketika ada orang yang bertanya kepada kita, bagaimana jalan untuk menggapai surga, tentu kita akan menjawabnya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Inilah Rambu-rambu Berdandan...
    Muslimah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 18:03 WIB
    Dalam Islam berdandan untuk kecantikan seorang muslimah j tidak dilarang. Memakai make up atau berbusana trendi juga dibolehkan. Hanya saja, Islam memberi rambu-rambu agar dandanan muslimah tidak berdampak pada murkanya Allah.
  • Ibadah yang Tertolak...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 12:18 WIB
    Bila seseorang belum melaksanakan yang wajib, sedang ia melaksanakan yang sunnah, maka hal itu merupakan kebodohan, takkan diterima dan ia akan hina
  • Pentingnya Belajar Islam...
    Tausyiah
    Kamis, 30 September 2021 - 22:42 WIB
    Bagaimana cara belajar Islam agar tidak salah jalan? Jawabannya sederhana, belajarlah sesuai ahlus sunnah yang benar dan ambillah ilmu dari guru bersanad dan bermazhab.
  • 4 Tantangan untuk Membuktikan...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 11:29 WIB
    Al-Quran mempunyai sekian banyak fungsi. Di antaranya adalah menjadi bukti kebenaran Nabi Muhammad SAW. Bukti kebenaran tersebut dikemukakan dalam tantangan yang sifatnya bertahap.
  • Gambaran Ketika Nyawa...
    Hikmah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 05:10 WIB
    Dalam satu kajian Gus Musa Muhammad menceritakan bagaimana gambaran saat nyawa dicabut dari tubuh manusia. Berikut keterangannya dinukil dari Imam Al-Ghazali.