Topik Terkait: Bank Dunia (halaman 316)

  • Bolehkah Membaca Al-Quran...
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:10 WIB
    Banyak Hadis menerangkan keutamaan membaca Al-Quran, salah satunya diganjar 10 kebaikan dari satu huruf yang dibaca. Pertanyaannya, bolehkah membaca Al-Quran tanpa berwudhu?
  • 12 Nabi yang Diutus...
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Ada 12 nabi yang diutus untuk kaum Bani Israil. Mereka diutus Allah Subhanahu wa taala dengan tujuan berdakwah dan menyeru manusia kembali ke jalan yang lurus.
  • Saat Bezuk Orang Sakit:...
    Tips
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 14:31 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan orang yang menjenguk orang sakit dari kalangan ahli kebaikan dan kebajikan agar mengingatkan si sakit segera bertobat kepada Allah Taala.
  • Tipu Daya dan Kejinya...
    Hikmah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 15:04 WIB
    Tatkala Nabi Isa mulai berdakwah, pembesar Yahudi dan ulama mereka melakukan pertemuan dan musyawarah menghadapi persoalan tersebut, Mereka takut Isa akan merusak agama mereka.
  • Kiyai Ahmad Syahrin:...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 17:13 WIB
    Sosok istri seperti ini mungkin sangat jarang ditemui pada zaman ini. Kisahnya sangat menyentuh dan menusuk relung qalbu. Berikut kisahnya diceritakan KH Ahmad Syahrin Thoriq.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Ayat-ayat Al-Quran tentang...
    Muslimah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk selalu mawas diri dan menjauhi larangan-laranganNya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Asosiasi Mahad Aly Indonesia...
    Santri
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 22:43 WIB
    Asosiasi Mahad Aly Indonesia (Amali) menggelar Rakernas penguatan kurikulum dan regulasi sebagai respons atas UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Menteri Agama.
  • Merawat Kebhinekaan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:04 WIB
    Ketua Umum PB Mathlaul Anwar, KH Embay Mulya Syarief menyatakan takdir yang diberikan oleh Allah SWT berupa perbedaan merupakan rahmat bagi bangsa Indonesia.
  • Anda Ingin Berhijrah?...
    Muslimah
    Senin, 26 Desember 2022 - 10:34 WIB
    Ada keinginan untuk berhijrah? Maka, tentu ada banyak hal yang harus kita persiapkan dalam hijrah tersebut. Apa saja persiapannya?
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 22:48 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq berkaitan dengan sakit yang pernah dialami Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam. Surat ini memiliki keutamaan sebagai perlindungan.
  • Ilmu Tasawuf: Cabang...
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 10:39 WIB
    Sebelum kita membahas ilmu tasawuf: cabang keilmuan, dasar dan bentuk ajarannya kita patut mengetahu definisi tasawuf. Harun Nasution menyebut 5 arti kata sufi dan tasawuf.
  • 5 Doa Sebelum Membaca...
    Tips
    Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
    Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wataala mengganjar seseorang yang membaca Al-Quran setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.
  • Penjelasan Mengapa Manusia...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:01 WIB
    Amalan kebaikan apapun yang dikerjakan manusia pasti tidak mendapatkan pahala yang maksimal di sisi Allah Subhanahu wa Taala ketika ibadah sholatnya buruk, apalagi meninggalkan sholat
  • Sebagian Ahlus Sunnah...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 13:54 WIB
    Banyak pula di antara mereka yang berusaha meluruskan dan mempertimbangkannya dengan timbangan Al-Quran dan As-Sunnah. Salah satu ulama itu adalah Ibnul Qayyim.
  • 3 Keutamaan Membaca...
    Tips
    Kamis, 05 Januari 2023 - 19:39 WIB
    Membaca Surat Ad-Dhukhan pada malam Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW di samping membaca Surat Al-Kahfi. Berikut tiga keutamaannya.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Hikmah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 22:45 WIB
    Pada lanjutan tafsir Al-Mulk, Nabi Muhammad SAW diperintahkan Allah untuk merespons ucapan kaum kafir sebagaimana firman-Nya dalam Surat Al-Mulk ayat 26 berikut.
  • Kisah Hikmah : Jangan...
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Kisah Muslimah Amerika...
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Tarajee Abdur-Rahim adalah seorang mualaf Amerika Serikat. Dia dan suaminya yang sama-sama muslim mengidap AIDS. Suaminya meninggal terlebih dahulu. Dan dia tak takut mati.
  • Fadhilah Surat Yasin...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 11:30 WIB
    Fadhilah surat Yasin ayat 82 sangat banyak. Sering membaca surah Yasin atau kalimat kun fayakun, akan memberikan banyak manfaat layaknya manfaat membaca Al Quran pada orang yang membacanya.
  • Mengapa Tidak Ada Nabi...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Semua umat muslim mempercayai bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah dan hamba-Nya. Ada pertanyaan unik, mengapa tidak ada Nabi yang diutus ke Nusantara?