Topik Terkait: Bayar Utang (halaman 500)

  • Memetik Hikmah dari Kisah Hamba yang Beribadah 500 Tahun
    Hikmah
    Minggu, 27 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Kisah seorang hamba yang beribadah selama 500 tahun ini patut dijadikan renungan dan pelajaran berharga. Kisah ini diceritakan oleh Rasulullah SAW kepada seorang sahabat bernama Jabir RA.
  • Sthepen Hawking, Atheis dan Jawaban Ilmiah dari Alquran (1)
    Hikmah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Sthepen Hawking. Siapa yang tak mengenalnya? Di kalangan para ilmuwan dia disejajarkan dengan tokoh ilmuwan klasik sekelas Albert Einsten, Sir Isaac Newton dan tokoh ilmuwan hebat lainnya.
  • 3 Golongan Manusia pada Hari Kiamat
    Tausiyah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 08:30 WIB
    Pada hari kiamat manusia akan terbagi menjadi tiga golongan besar. Adapun tiga kelompok manusia ini diceritakan dalam Alquran Surah Al-Waqiah (hari kiamat).
  • Pesan Habib Umar bin Hafidz di Bulan Rabiul Awal
    Tausiyah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 09:00 WIB
    Hari ini Selasa (29/10/2019) kita memasuki hari pertama Rabiul Awal (bulan ke-3 tahun Hijriyah). Bulan yang sangat istimewa karena Rasulullah SAW lahir ke dunia di bulan ini.
  • 10 Keistimewaan Rasulullah SAW yang Perlu Kamu Ketahui
    Tausiyah
    Jum'at, 01 November 2019 - 05:15 WIB
    Satu-satunya sosok manusia yang tak pernah habis untuk dibicarakan dan dipelajari ialah Al-Musthafa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Nabi Adam dan Proses Penciptaannya (1)
    Hikmah
    Sabtu, 02 November 2019 - 05:17 WIB
    Nabi Adam alaihissalam (AS) adalah orang pertama yang dikisahkan dalam kitab suci Alquran. Beliau adalah ayah dan nenek moyang seluruh manusia di muka bumi.
  • Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya
    Hikmah
    Minggu, 03 November 2019 - 07:30 WIB
    Inilah pesan indah yang bisa kita petik dari pertemuan Kiyai kharismatik Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dengan Habib Quraisy Baharun.
  • Kita yang Menebar Najis, Rasulullah SAW yang Membersihkannya!
    Tausiyah
    Senin, 04 November 2019 - 07:30 WIB
    Sangat menggugah hati analogi kisah yang dilukiskan oleh Imam Jalaluddin ar-Rumi dalam karyanya Al-Matsnawi ketika menggambarkan betapa kehadiran Rasulullah SAW sebagai rahmat bagi umat akhir zaman.
  • Kisah Rasulullah SAW Mengganjal Perutnya dengan Batu
    Hikmah
    Selasa, 05 November 2019 - 05:15 WIB
    Untuk menahan rasa lapar, Nabi Muhammad SAW mengganjal perutnya dengan batu. Sebuah sikap yang tidak lazim dilakukan oleh pemimpin kepala negara sekelas Rasulullah. Berikut kisahnya.
  • Makam Rasulullah SAW dan Keindahan Masjid Nabawi
    Tausiyah
    Selasa, 05 November 2019 - 07:15 WIB
    Bagi umat Islam, Masjid Nabawi adalah tempat suci yang sangat istimewa selain Masjidil Haram di Makkah dan Baitul Maqdis (Al-Aqsha) di Palestina.
  • Tanda Orang yang Buta Mata Hatinya
    Tausiyah
    Selasa, 05 November 2019 - 09:01 WIB
    Mata hati dalam istilah syari disebut Bashirah. Dalam Kitab Al-Hikam, Syeikh Ibnu Athoillah As-Sakandariy menjelaskan tanda orang yang buta mata hatinya.
  • Masya Allah! Sahabat Nabi Sempat Hijrah ke Indonesia
    Hikmah
    Selasa, 05 November 2019 - 16:31 WIB
    Sebelum hijrah ke Madinah, Rasulullah dan para sahabat melakukan hijrah ke negeri Habsyah (Ethiopia) dan sempat ke Indonesia melalui kota pelabuhan Barus yang terletak di pesisir barat Sumatera.
  • Amalan Syeikh Abu Bakar As-Syibli yang Bikin Bangga Rasulullah
    Hikmah
    Rabu, 06 November 2019 - 15:15 WIB
    Dalam Kitab Nashoihul Ibad karya Syeikh Nawawi Al-Bantani diceritakan kisah seorang ulama sufi yang membuat bangga Rasulullah SAW karena amalan dzikir dan wiridnya.
  • Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mencari Teman
    Tausiyah
    Rabu, 06 November 2019 - 18:15 WIB
    Rasulullah SAW pernah bersabda, Seseorang bergantung pada agama teman karibnya. Karena itu, hendaknya kalian memperhatikan siapa yang harus dijadikan teman karib.
  • 20 Adab Pergaulan dan Persahabatan Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausiyah
    Kamis, 07 November 2019 - 05:15 WIB
    Orang yang bahagia adalah yang bisa mengambil pelajaran dari orang lain. Seorang mukmin merupakan cermin bagi mukmin yang lain.
  • Habib Alwi: Inilah 5 Ayat Pertama yang Diturunkan ke Bumi
    Tausiyah
    Kamis, 07 November 2019 - 17:33 WIB
    Bagaimana proses turunnya Alquran kepada Nabi SAW dan ayat apa yang pertama kali diturunkan? Berikut ulasan singkat Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi (Pimpinan Ponpes Nurul Muhtadin Baalawy Srengseng).
  • Tiga Penghafal Quran Pertama di Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 16:10 WIB
    Ada tiga penghafal quran pertama dalam sejarah Islam yang memiliki andil mengumpulkan lembaran Alquran sepeninggal Rasulullah SAW.
  • Khaizuran, Perempuan Pertama yang Menginisiasi Perayaan Maulid di Makkah-Madinah
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 22:36 WIB
    Khaizuran (170 H/786 M), ibu dari Amirul Mukminin Musa Al-Hadi dan Khalifah Harun Al-Rasyid, datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan Maulid Nabi di Masjid Nabawi.
  • Kelahiran Sang Cahaya di Atas Segala Cahaya
    Hikmah
    Sabtu, 09 November 2019 - 05:15 WIB
    Malam itu, tidak seperti malam-malam biasanya. Di Arasy sana, para malaikat bergemuruh melafadzkan zikir memuji keagungan Tuhan yang Maha Esa. Sebagian lagi sibuk menghiasi pintu surga-surga.
  • Kisah Anak Adam dan Kejahatan Pertama di Muka Bumi
    Hikmah
    Senin, 11 November 2019 - 05:15 WIB
    Ulama Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri mengulas kisah anak Adam yang diabadikan oleh Alquran. Kisah ini merupakan kejahatan pertama yang terjadi di muka bumi.