Topik Terkait: Budaya Jawa (halaman 48)

  • Kisah Juraij: Laki-Laki...
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Juraij membangun kuil untuk beribadah kepada Allah. Dia ber-uzlah dari manusia. Sayang, ibunya yang ingin berjumpa dengannya disia-siakan. Beginilah akibatnya?
  • Kenapa Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 20:36 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam merupakan sosok terpilih yang menjadi teladan dan rahmat bagi semesta. Kenapa beliau menjadi contoh? Berikut alasannya.
  • Daiyah Cantik, Cerdas...
    Muslimah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 12:32 WIB
    Sifatnya keibuan dan cantik, dihiasi pula dengan ketabahan, kebijaksanaan, lurus pemikirannya, dan kecerdasan berpikir, serta kefasihan dan berakhlak mulia. Inilah sosok Ummu Sulaim, salah satu sahabat perempuan Rasulullah SAW.
  • Jalan Gunung: Ahli Logika...
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Seorang bijaksana berkata, Harus diakui, para ahli logika cenderung buram matanya, dan mesti meminta orang lain membantunya. Tetapi, soal yang terjadi kali ini adalah sebaliknya.
  • Abu Nawas Mengubah Hidup...
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 09:36 WIB
    Tanpa basa basi laki-laki tadi langsung bertanya kepada Abu Nawas perihal keinginannya agar bisa melihat wujud setan. Bagaimana caranya? tanyanya..
  • Cara berhias dan Perhiasan...
    Muslimah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 16:49 WIB
    Ada banyak jenis perhiasan yang digunakan oleh wanita muslimah. Namun, Islam memberi rambu-rambu agar dandanan atau perhiasan yang dipakai muslimah tidak berdampak pada murkanya Allah.
  • Inilah Mujahidah Cerdas...
    Muslimah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 12:27 WIB
    Ar-Rubayyi binti Muawwidz adalah shahabiyat yang hidup dalam naungan Islam. Ia tumbuh besar dari sebuah pohon yang buahnya mudah dipetik dan rasanya manis. Ia adalah anak dari Muawwidz bin Aftra, satu dari para pembesar pasukan Badar yang telah mendapat jaminan surga.
  • Tak Percaya Berkah,...
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 17:24 WIB
    Syeikh Ibrahim bin Adham RA (wafat 160 Hijriyah) adalah seorang ulama sufi yang dikenal zuhud. Beliau punya kisah menarik pernah berdebat dengan seorang kafir zindik.
  • Dahsyatnya Cinta Rasulullah...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 22:12 WIB
    Mungkin di antara umat Islam banyak yang belum tahu bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sangat mencintai umatnya. Berikut beberapa bukti kecintaan Rasulullah SAW kepada umatnya.
  • Subhanallah, Inilah...
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 23:14 WIB
    Dalam satu Hadis diceritakan bahwa sahabat bernama Abu Dzar Al-Ghifari radhiyallahu anhu pernah meminta wasiat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • Waspada, Tidak Bersyukur...
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 06:31 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala sangat tidak menyukai hambanya yang tidak bersyukur. Seorang muslim yang tidak bersyukur kepada Allah bisa disebut mendurhakai atau kufur terhadap nikmat.
  • Lebih Utama Mana, Niat...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 22:06 WIB
    Kita sering mendengar hadis ini Innamal amalu binniyat yang artinya sesungguhnya amal perbuatan itu bergantung pada niatnya. Pertanyaannya, lebih utama mana niat atau amal? Simak penjelasan Ustaz Saeful Huda.
  • Membaca Surat Al-Waqiah,...
    Muslimah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 05:40 WIB
    Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Sebagai petunjuk, Al-Quran juga sebagai nasehat, obat, hidayah, dan sebagai rahmat bagi orang-orang yang beriman.
  • Khalid bin Walid, Peristiwa...
    Hikmah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:29 WIB
    Sementara pasukan Khalid bergerak menuju Yamamah, pasukan Musailamah bertemu dengan brigade Syurahbil, yang kemudian terpaksa menarik diri mundur.
  • Hijrah, Pilar Peradaban...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:00 WIB
    Dibangunnya masjid sebagai awal perjalanan membangun peradaban itu juga menunjukkan bahwa peradaban dalam Islam tidak akan bisa terpisahkan dari koneksi samawi (nilai-nilai ketuhanan).
  • Rahasia Terkabulnya...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:56 WIB
    Doa adalah intisari ibadah. Doa juga merupakan senjata orang mukmin, pilar agama dan cahaya langit dan bumi. Berikut rahasia pengabulan doa yang diabadikan Al-Quran.
  • Amalan dan Cara Sedekahnya...
    Muslimah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 11:19 WIB
    Sedekah memiliki keutamaannya yang besar dan Islam banyak mendorong umatnya untuk mengeluarkan sedekah. Dorongan tersebut tidak hanya ditujukan kepada lelaki, tetapi juga kepada kaum perempuan.
  • Besok Puasa Tasua dan...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 16:18 WIB
    Alhamdulillah kita masih diberi waktu dan nikmat sehat di bulan Muharram, bulan yang diagungkan Allah. Besok Jumat dan Sabtu adalah hari istimewa bertepatan 9-10 Muharram.
  • Inilah Faedah Syahwat...
    Muslimah
    Selasa, 01 September 2020 - 08:45 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menciptakan manusia dengan disertai syahwat. Kata syahwat itu sendiri merupakan bentuk jamak dari syahaa yang berarti almusytaha atau sesuatu yang diinginkan.
  • Kisah Nabi Zakariya...
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 17:31 WIB
    Nabi Zakariya alaihissalam merupakan keturunan Nabi Sulaiman alaihisalam. Periode kenabian Zakariya sangat dekat dengat dengan Nabi Isa alaihissalam.