Topik Terkait: Buya Syafii Maarif (halaman 3)

  • Mengapa Imam Syafii Dijuluki Nashir As-Sunnah (Pembela Sunnah)?
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 21:05 WIB
    Imam Asy-Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafii. Beliau adalah seorang mufti besar Islam Sunni yang juga pendiri mazhab Syafii.
  • Hukum Memakai Celana untuk Wanita? Begini Pesan Buya Yahya
    Muslimah
    Senin, 08 November 2021 - 11:36 WIB
    Hukum memakai celana untuk wanita perlu diketahui kaum muslimah. Karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • Tahun Baru Hijriah, Buya Anwar Abbas: Saatnya Umat Islam Evaluasi Diri!
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 18:02 WIB
    Buya Anwar Abbas mengingatkan kepada setiap Muslim hendaknya menjadikan peristiwa tahun baru Hijriah dari 1444 ke 1445 H sebagai sarana untuk melakukan evaluasi diri.
  • 15 Kalam Indah Imam Syafii
    Hikmah
    Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:08 WIB
    Imam Syafii bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii Al-Muththalibi Al-Qurasyi. Berikut 15 kalam indah Imam Syafii yang penuh hikmah.
  • Siapa yang Disebut Ahli Kitab? Begini Pendapat Imam Syafii
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Desember 2023 - 05:45 WIB
    Para ulama sepakat menyatakan bahwa Ahl Al-Kitab adalah orang Yahudi dan Nasrani. Namun para ulama berbeda pendapat tentang rincian, serta cakupan istilah tersebut.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Dituduh Penganut Syiah yang Ingin Berontak, Imam Syaii Ditangkap
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 16:00 WIB
    Beserta sembilan orang lainnya, Imam Syafii ditangkap dan digelandang ke kota Baghdad, ibukota negara pada waktu itu yang dipimpin oleh Khalifah Harun ar-Rasyid.
  • Kisah Imam Syafii Saat Bertamu ke Rumah Imam Ahmad
    Hikmah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 05:45 WIB
    Imam As-Syafii (150-204 Hijriyah) adalah satu dari empat imam mazhab. Ulama kelahiran Ghazzah (perbatasan Syam ke arah Mesir) ini punya kisah menarik ketika bertamu ke rumah Imam Ahmad.
  • Imam Syafii Dibebaskan dari Hisab Hari Kiamat Berkat Shalawat Ini
    Tausyiah
    Jum'at, 13 November 2020 - 21:09 WIB
    Apa yang membuat Rasulullah SAW memohon kepada Allah agar tidak menghisab Imam Syafii di hari Kiamat? Ternyata berkat shalawat yang beliau baca.
  • Ketika Imam Syafii Dituduh Syiah Rafidhah, Ini yang Sebenarnya
    Hikmah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 16:16 WIB
    Syair Imam Syafii yang sering diucapkan: Seandainya rofidhi adalah mencintai keluarga Muhammad. Maka saksikanlah bahwa saya adalah seorang rofidhoh
  • Hukum Memasuki Gereja Menurut Mazhab Syafiiyah
    Tausyiah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 22:11 WIB
    Terdapat perbedaan pandangan di kalangan para ulama terkait hukum seorang muslim memasuki gereja atau tempat ibadah lain. Berikut penjelasan kalangan Mazhab Syafiiyah.
  • Kesaksian Ulama Besar Pendiri Mazhab tentang Ulama Sufi
    Tausyiah
    Senin, 31 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Para ulama besar sama sekali tidak menentang tasawuf. Bahkan tak sedikit di antara mereka yang menggabungkan diri sebagai pengikut dan murid tasawuf.
  • Inilah Syair Rindu Imam Syafii tentang Gaza, Tanah Kelahirannya
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Januari 2024 - 12:48 WIB
    Kondisi Gaza, Palestina saat ini benar-benar sangat mengkhawatirkan. Puluhan ribu rakyat Gaza menjadi korban kekejaman zionis Israel. Gaza penuh darah dan kematian, bahkan hampir didominasi oleh anak-anak yang tidak berdosa.
  • Imam Mahdi Akan Muncul dari Arah Timur, Benarkah dari Indonesia?
    Hikmah
    Selasa, 01 November 2022 - 23:26 WIB
    Tersebut dalam Hadis bahwa kemunculan Imam Mahdi merupakan salah satu tanda dekatnya Hari Kiamat. Namun, kapan dan dari mana munculnya menjadi hal yang sering dibincangkan.
  • Bolehkah Pindah Mazhab? Begini Jawaban Ustaz Ahmad Sarwat
    Tausyiah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 00:04 WIB
    Untuk belajar ilmu fiqih dan syariat, seorang muslim harus merujuk kepada empat Imam Mazhab dalam Ahlus Sunnah waljamaah. Bolehkah kita pindah Mazhab?
  • Dalil Membaca Qunut Subuh Menurut Mazhab Syafii (3)
    Tausiyah
    Rabu, 20 November 2019 - 16:44 WIB
    Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) yang juga lulusan S-2 IIQ Jakarta Konsentrasi Ilmu Syariah terkait hukum Qunut Subuh dan dalil-dalilnya.
  • Gara-gara Sholawat Imam Syafii Didoakan Rasulullah SAW Bebas dari Hisab
    Hikmah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 16:30 WIB
    Imam Syafii (150-204 H), seorang Imam Mazhab dipuji Rasulullah SAW dan mendoakannya bebas dari Hisab Hari Kiamat bekat sholawat. Ini bacaan sholawatnya.
  • Imam Syafii Tak Pernah Mengatakan Allah Di Atas Arsy (2/Tamat)
    Hikmah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 06:30 WIB
    Dalam satu kitabnya, ulama bernama Muhammad bin Idris Asy-Syafii ini menegaskan bahwa Allah tidak bertempat. Allah ada tanpa permulaan dan tanpa tempat.
  • Asal Usul Rebo Wekasan dan Hukum Sholat Sunnah dan Sedekah Tolak Bala
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 16:02 WIB
    Setiap Rabu terakhir bulan Safar selalu ada polemik tentang amalan Rebo Wekasan untuk tolak bala. Berikut asal usul Rebo Wekasan dan hukum sholat sunnah dan sedekah tolak bala.
  • Membersihkan Telinga Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?
    Tips
    Jum'at, 23 April 2021 - 08:05 WIB
    Membersihkan telinga adalah aktivitas yang lazim dilakukan setelah mandi. Apakah membersihkan telinga ketika puasa Ramadhan membatalkan puasa?
  • Imam Mahdi Akan Muncul dari Indonesia? Ini Penjelasan Buya Arrazy
    Tausyiah
    Senin, 24 Januari 2022 - 07:30 WIB
    Dai yang juga pakar Hadis asal Sumatera Barat Ustaz Dr Arrazy Hasyim atau lebih dikenal Buya Arrazy punya pandangan menarik tentang kemunculan Imam Al-Mahdi.