Topik Terkait: Ekspor (halaman 287)

  • Tanah Arab Menghijau...
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) memberi penjelasan terkait berita viral tanah Arab Saudi yang menghijau. UAH menjelaskan fenomena tersebut dengan dua pendekatan. Berikut penjelasannya.
  • Kisah Wanita Thawaf...
    Hikmah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 19:49 WIB
    Turunnya perintah berpakaian terbaik ketika masuk masjid ternyata berkaitan dengan kisah seorang wanita yang thawaf di Kabah dalam keadaan telanjang. Berikut kisahnya.
  • Kisah Saad bin Abi Waqqash,...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:31 WIB
    Kisah Saad bin Abi Waqqash, sahabat Nabi SAW yang menyebarkan Islam ke Negeri China, memang heroik. Saad bin Abi Waqqash adalah salah seorang yang dinyatakan Rasulullah sebagai penduduk surga.
  • Ini Mengapa Nabi Musa...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:40 WIB
    Michael H Hart memasukkan Nabi Musa as dalam urutan ke-16 sebagai tokoh berpengaruh dalam sejarah. Dia menyebut Musa sebagai nabi orang Yahudi yang dikagumi di seluruh dunia Islam maupun Kristen
  • Peristiwa Bulan Rajab:...
    Hikmah
    Senin, 23 Januari 2023 - 16:05 WIB
    An-Najasyi bisa dikatakan tabiin, namun boleh pula dikatakan sebagai sahabat. Hubungannya dengan Rasulullah SAW berlangsung melalui surat menyurat.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Ada yang Menabukan Ijtihad,...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 21:38 WIB
    Di kalangan ulama klasik ada pendapat hampir merata bahwa ijtihad adalah suatu tugas yang penuh gengsi, tapi justru karena itu menuntut persyaratan banyak dan berat.
  • Nasihat Kepemimpinan...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:34 WIB
    Hari Senin kemarin, 9 Januari 2023, diadakan acara dialog kepemimpinan bersama Dato Dr Anwar Ibrahim, yang baru saja dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia.
  • Dinasti Mamluk: Sejarah,...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:59 WIB
    Dinasti Mamluk atau Mamalik merupakan salah satu dinasti berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam, khususnya di wilayah Mesir dan sekitarnya.
  • Keutamaan dan Manfaat...
    Tips
    Kamis, 12 Januari 2023 - 22:56 WIB
    Surat Al-Ghasyiyah adalah surat ke-88 dalam mushaf Al-Quran. Surat yang terdiri 26 ayat ini memiliki keutamaan dan manfaat yang tak banyak diketahui kaum muslim.
  • 10 Keutamaan Negeri...
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 07:05 WIB
    Negeri Syam adalah kawasan yang sekarang meliputi empat negara yaitu Palestina, Yordania, Lebanon dan Suriah. Berikut 10 keutamaan Syam dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Kisah Reformer Inggris...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Ia tumbuh di bawah pengaruh tradisi gereja Inggris. Padahal orangtuanya, campuran. Sang ayah, Yahudi dan ibunya Katolik. Ia memeluk Islam setelah belajar banyak agama.
  • 5 Tips Menabung untuk...
    Tips
    Selasa, 17 Januari 2023 - 23:59 WIB
    Tips menabung untuk umroh pada usia muda perlu diawali dengan niat yang kuat. Kekuatan niat ini menjadi penentu segala usaha. Berikut lima tips yang bisa Anda lakukan.
  • Tindak Lanjut Forum...
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Januari 2023 - 21:50 WIB
    Syekh Al-Azhar Ahmed Al-tayeb menyampaikan seruan untuk menguatkan dialog antara berbagai kelompok dan mazhab di internal umat Islam demi menguatkan Islam dan persatuan umat.
  • Titik Temu Modern Islam...
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:33 WIB
    Umat Islam selalu yang menginginkan modernisasi dan westernisasi akan tetapi perluasan yang mereka kehendaki itu bermacam-macam, dan acapkali berhenturan dengan umat Islam yang lain.
  • Begini Reaksi Islam...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 15:27 WIB
    Banyak orang Islam yang dipengaruhi oleh ide bahwa orang-orang Orientalis bersangkut paut dengan para penjajah yang memusuhi Islam. Mereka juga menganggap Islam terbelakang.
  • Tanah Suci Milik Siapa?...
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Januari 2023 - 16:43 WIB
    Ada 3 pertanyaan penting soal ini. (1). Kepada siapa perjanjian itu diberikan? (2). Daerah mana sebenarnya yang dijanjikan itu? (3). Apakah janji itu tak dapat dibatalkan dan tanpa syarat?
  • Kisah Ulama yang Dijuluki...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 22:31 WIB
    Bagi kalangan santri atau penuntut ilmu, sosok ulama yang satu ini pasti sudah tidak asing. Kisahnya cukup populer dan satu-satunya tokoh ulama yang dijuluki Al-Ashom alias si tuli.
  • Kisah Nabi Isa yang...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 19:04 WIB
    Para pengarang Sufi sering kali menganggap Yesus sebagai Jalan (a Master of the Way). Kisah ini ditemukan, dengan sedikit perbedaan bentuk, dalam lebih dari satu koleksi Darwis.
  • Agresi Kerajaan Ottoman...
    Dunia Islam
    Minggu, 15 Januari 2023 - 15:32 WIB
    Pengikut-pengikutnya mendapatkan reputasi sebagai ghazi atau prajurit yang berjuang memerangi umat Kristen karena Iman, dan sebagai akibatnya adalah suksesinya yang sekarang dikenal sebagai dinasti Ottoman.
  • Izhar: Pengertian, Hukum...
    Tips
    Senin, 16 Januari 2023 - 00:32 WIB
    Izhar, pengertian hukum dan contoh bacaannya penting diketahui muslim yang sedang belajar tahsin. Izhar menurut bahasa adalah jelas, terang atau tampak.